Waspada Modus Pinjaman Online Ilegal!

Hera Oktavia/ Keuangan & Bisnis/ 0 comments

JULOvers! Kalian pasti sering mendengar keluhan masyarakat terkait pinjaman online ilegal. Terhitung sudah banyak sekali pinjaman online yang belum terdaftar dan berizin OJK atau ilegal. Risiko yang ditimbulkan sangat tinggi apabila kamu melakukan pengajuan di pinjaman online ilegal, salah satu contohnya data diri kamu akan disebarluaskan jika tidak mampu membayar cicilan.

Pada umumnya, apabila kamu mengunduh aplikasi pinjaman online ilegal di Google Playstore, dan telah mengisi data diri pada aplikasi pinjaman online ilegal tersebut, ada kemungkinan data diri kamu akan disebarluaskan. Bersiaplah kamu akan diteror melalui SMS, sosial media untuk mengajukan di aplikasi pinjaman online ilegal lainnya. Biasanya, pinjaman online ilegal juga akan menggunakan link untuk kamu unduh yang akan dikirimkan melalui SMS.

Baca juga: 5 Tips Jitu Agar Pengajuan Pinjaman Onlinemu Diterima!

Ada juga modus pinjaman online ilegal yang tiba-tiba melakukan pencairan dana dengan langsung mentransfer ke rekening bank seseorang. Setelah dicari tahu kenapa hal tersebut bisa terjadi, ternyata itu disebabkan pengguna telah mengunduh dan mengisi data dirinya, namun tidak melanjutkan pengajuannya. Yang lebih dirugikan adalah pengguna tersebut tetap dikenakan biaya administrasi dan bunga. JULO ingatkan kembali, pinjaman online berizin OJK tidak akan meminta biaya administrasi di awal pengajuan. Berdasarkan informasi yang beredar, data diri pengguna telah diambil sejak pengguna mengunduh aplikasi pinjaman online ilegal tersebut.

Selain tidak terdaftar dan berizin OJK, pinjaman online ilegal biasanya mematok bunga yang tidak masuk akal, dan seringnya pinjaman online ilegal tidak transparan terkait informasi yang diberikan, seperti informasi bunga hingga denda keterlambatan. Alamat kantor yang tidak jelas dan sering berganti-ganti, dan yang sering masyarakat keluhkan adalah penagihan yang dilakukan oleh pinjaman online ilegal sangat tidak manusiawi, dan seringkali mengintimidasi.
Proses pengajuan di aplikasi pinjaman online ilegal juga biasanya memberikan syarat dan ketentuan yang sangat mudah dan bahkan bisa mencairkan dana dalam waktu yang sangat singkat. Berbeda dengan pinjaman online yang resmi dan legal. Pinjaman online legal akan cukup selektif untuk menentukan nasabah mana yang bisa diberikan pinjaman

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Berizin OJK yang Wajib Kamu Tahu!

JULOvers, untuk menghindari pinjaman online ilegal, gunakanlah pinjaman online yang telah berizin OJK, pastikan semua pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar. Karena, pinjaman online ilegal biasanya tidak terlalu mempertimbangkan hal tersebut, asalkan peminjam sepakat membayar fee dan bunga yang biasanya dipatok tinggi.
Oh ya, pastikan kamu meminjam bukan untuk gali lubang tutup lubang ya, JULOvers!
Sebaiknya, hutang seseorang jangan sampai melebihi 30% dari pendapatannya tiap bulan. Jika sudah melebihi persentase tersebut, keuangannya bisa dikatakan tidak sehat.

Kamu juga pasti sudah tahu, kalau saat ini banyak sekali aplikasi pinjaman online yang sudah berizin OJK. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi dan kebingungan akan menggunakan aplikasi yang mana. Tapi kalau kamu masih bingung, kamu bisa gunakan aplikasi JULO sebagai solusi terbaiknya. Kamu bisa gunakan pinjaman 8 juta dari JULO untuk modal memulai usaha, tambahan biaya pernikahan, dan lain-lain. Jangan khawatir soal tenor, angsuran bisa dicicil selama 6 bulan, lho.

Baca juga: Pinjaman 8 Juta dari JULO, Bisa untuk Tambahan Biaya Pernikahan Intimate Masa Pandemi?

Oh iya, kalau kamu bayar angsuran sebelum jatuh tempo kamu akan dapat cashback puluhan ribu rupiah dan bisa dicairkan juga ke rekening kamu, untuk beli pulsa, token listrik, bahkan transfer ke Gopay juga bisa, lho. Serta jangan lewatkan undian-undian menarik dari JULO!

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*