Apa Itu Virus Corona & Bagaimana Cara Mencegahnya?

Indira A/ Gaya Hidup/ 1 comments

JULOvers, beberapa hari ke belakang, kamu mungkin sadar bahwa dunia tengah membicarakan tentang virus yang diberitakan berasal dari negara China. Munculnya virus bernama corona tersebut membuat gempar dunia karena telah tersebar di beberapa negara. Hingga saat ini, setidaknya sudah lebih dari seribu orang telah terjangkit virus ini. Bahkan di China, virus ini telah menewaskan kurang lebih 40 orang. Virus corona memang menular dan dapat menyebar dengan cepat.

Sebuah kota di China yang bernama kota Wuhan, disebut-sebut sebagai kota yang paling awal terpapar virus ini. Banyak berita simpang siur yang beredar tentang penyebab awal virus ini bisa tersebar. Dilansir dari beberapa situs berita, Pemerintah China menjelaskan bahwa awalnya virus corona menjangkit para penjual makanan yang ada di salah satu pasar vendor makanan di Kota Wuhan, China. Sekedar informasi untuk JULOvers, pasar ini menjual makanan-makanan yang mungkin akan asing dan “unik” bagi kita, namun dianggap wajar bagi orang yang tinggal di sana. Dalam pasar tersebut, kamu bisa menemukan kelelawar, musang, ular, tikus, dan masih banyak makanan unik lainnya. Namun hingga saat ini, sumber virus ini belum bisa dipastikan secara tepat.

Nah, virus ini juga sempat dikaitkan dan dikatakan serupa dengan virus yang sempat mewabah pada tahun 2002-2003 silam, yaitu virus Server Acute Resporatory Syndrome (SARS), JULOvers. Beberapa peneliti juga mengatakan, bahwa virus corona ini sebenarnya awalnya dapat menjangkit hewan saja, namun lambat laun bisa menyebar ke manusia seperti yang saat ini sedang viral. Jika kalian memantau berita dan media sosial, kamu tentu akan melihat virus corona ini diperbincangkan oleh netizen dan telah menjadi trending topics di berbagai platform media sosial di dunia. Hayooo, apakah kamu memantau berita maupun artikel-artikel tentang virus corona ini, JULOvers?

Walaupun belum ada kabar bahwa virus ini sampai ke Indonesia, ada baiknya kita tetap waspada terhadap virus corona ini. Negara-negara di Asia seperti Thailand, Macau, Hongkong, Korea, Jepang bahkan hingga negara-negara tetangga Malaysia dan Singapura sudah mulai terjangkit virus corona. Oleh karena itu, kita harus tetap mengetahui gejala-gejala virus corona dan paham sedikit demi sedikit cara pencegahannya ya, JULOvers! Penasaran apa saja gejalanya dan bagaimana cara mencegah virus corona? Yuk, baca sampai habis artikel berikut ini!

Gejala Virus Corona yang mungkin terlihat:

–          Batuk

–          Pilek

–          Demam yang tidak kunjung turun

–          Sesak napas

–          Merasa kelelahan

–          Sakit kepala

–          Bisa menyebabkan pneumonia/bronkitis

Jika kamu merasakan gejala-gejala di atas dan kamu memiliki riwayat berkunjung ke negeri China pada waktu 14 hari ke belakang, segera periksakan dirimu ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut ya, JULOvers. Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa virus ini masuk melalui saluran pernafasan lalu akan menyerang paru-paru sehingga dapat menyebabkan pneumonia atau bronkitis. Nah, karena sudah mengetahui beberapa gejala utama dari virus corona, sekarang kita simak yuk cara mencegah virus corona! Apa saja ya kira-kira?

Cara mencegah virus corona yang bisa kamu lakukan saat ini:

1.   Cuci tangan menggunakan sabun selama kurang lebih 20 detik. Jika kamu tidak memiliki atau tidak ada sabun di tempat sekitar kamu mencuci tangan, silahkan gunakan pembersih tangan yang berbahan dasar alkohol. Lakukan secara berkala ya, JULOvers!

2.   Sebisa mungkin, hindari kontak langsung dengan hewan hidup dulu ya.

3.   Hindari menyentuh daerah mata, mulut dan hidung dengan tangan yang kotor maupun belum dicuci

4.   Gunakan masker! Penting, lho 😊

5.   Jika kamu sedang batuk, segera tutupi batukmu dengan tisu. Lakukan hal yang sama ketika kamu bersin. Jangan lupa untuk segera membuang tisu tersebut ke tempat sampah.

6.   Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mencegah virus corona adalah dengan ara menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit. Kalaupun harus berinteraksi atau melakukan kontak dengan orang yang sakit, usahakan untuk menggunakan masker dan segera cuci tangan setelah selesai kontak, ya.

Kalau dengar kalimat “Sehat Itu Mahal”, kalian setuju nggak JULOvers? Coba saja kita bayangkan, berapa biaya yang harus dikeluarkan tiap kali kamu atau keluargamu sakit. Selain materi, fisik pun juga jadi lemah dan menghambat beragam aktivitas kan? Oleh karena itu, kita harus waspada dan menjalani hidup sehat untuk mencegah penyakit. Tidak hanya untuk mencegah virus corona saja, namun pencegahan penyakit maupun virus lainnya yang mungkin saja menghampiri kita. Kamu bisa mulai dari makan makanan yang matang dan bersih, menjaga kebersihan lingkungan, istirahat cukup, dan pastikan tubuh tetap sehat. Jangan lupa untuk makan sayur-sayuran, buah-buahan dan minum vitamin ya!

Tetap waspada dengan virus corona dan pantau perkembangan virus corona melalui berita terpercaya, misalnya dari tv, radio, media online besar, dan juga kamu bisa memantau secara real time melalui link berikut ini https://gisanddata.maps.arcgis.com/apps/opsdashboard/index.html#/bda7594740fd40299423467b48e9ecf6. Jangan sampai termakan hoax ya, JULOvers! Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu ya.

Share this Post

1 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*