WFH Dijamin Tetap Produktif, Ini Dia 5 Kiatnya!

Tanpa terasa, sudah hampir 2 tahun lamanya kita hidup berdampingan dengan pandemi. Banyak penyesuaian yang kita lakukan, termasuk mengubah segala sesuatunya dari offline menjadi online. Konsep kerja dari kantor juga perlahan digantikan dengan konsep work from home (WFH). Bahkan, beberapa perusahaan sudah mulai mengadaptasi WFH sebagai konsep kerja permanen selepas pandemi.

Banyak orang yang menilai bahwa WFH banyak memberikan keuntungan, dari hemat ongkos sampai fleksibilitas dalam mengerjakan pekerjaan. Akan tetapi – tidak ada warna putih tanpa warna hitam – konsep work from home juga bisa menurunkan produktivitas jika tidak dilakukan dengan benar. Banyak faktor yang bisa memengaruhi dari rasa malas yang makin menjadi dan rentan terkena burnout.

Baca Juga: JULO Menyalurkan Lebih Dari 70% Dana Untuk Pinjaman Produktif Nasabah

Lantas, bagaimana caranya agar WFH kita bisa tetap produktif? Berikut 5 kiat yang sudah JULO rangkum khusus untuk JULOvers!

1. Buat Pemisah antara Ruang Personal dan Profesional

WFH Personal
(source: Pexels)

Ini dia salah satu hal yang sering dilewatkan oleh para pekerja kala WFH, yakni lupa membuat pemisah antara ruang personal dan profesional. Banyak juga yang tetap membuka laptop dan bekerja dari atas ranjang – padahal hal ini kurang dianjurkan ya JULOvers! Jika dilakukan dalam jangka waktu lama, tubuhmu akan mulai mengasosiasikan ranjang dengan tempat kerja sehingga istirahat malammu akan menjadi tidak optimal. Alhasil, produktivitasmu akan ikut terganggu.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika JULOvers dapat memisahkan satu ruangan khusus sebagai ruang kerja kala WFH. Dengan demikian, tubuhmu dapat membedakan ruang personal dan profesional dengan lebih mudah. Jika tidak memungkinkan, setidaknya hindari kerja di atas ranjang atau tempat istirahat sehingga produktivitasmu tidak akan terhambat.

2. Buat Jadwal yang Teratur

WFH Jadwal
(source: Pexels)

Jika biasanya JULOvers bekerja tanpa jadwal, akan lebih bijak jika kamu mulai menjadikan hal ini sebagai kebiasaan kala WFH. Tidak bisa dipungkiri, godaan untuk bersantai di rumah akan jauh lebih besar karena minimnya pengawasan. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi kamu untuk kelepasan dan pada akhirnya harimu menjadi kurang produktif. Tentunya sangat disayangkan, bukan?

Untuk menyiasati hal tersebut, JULOvers bisa memulai hari dengan membuat jadwal terperinci atau to-do-list setiap harinya. Anggap list tersebut sebagai misi kamu untuk hari itu dan coret setiap kali kamu selesai mengerjakan satu pekerjaan. Dengan begitu, JULOvers akan menjadi lebih terpacu untuk menyelesaikan pekerjaan di hari itu dan produktivitasmu akan tetap terjaga pada akhirnya.

Baca Juga: Usaha Modal Kecil, 5 Ide Ini Bisa Kamu Coba!

3. Tetap Bersiap seperti Layaknya Kerja di Kantor

WFH Grooming
(source: Pexels)

Bangun tidur, langsung duduk di depan laptop – hayo, siapa di antara JULOvers yang rutinitasnya seperti ini setiap WFH? Walaupun tidak masalah, namun sebenarnya akan lebih baik jika kita tetap menjalankan rutinitas pagi sebelum berangkat ke kantor. Dengan demikian, tubuh kita akan lebih cepat ‘panas’ untuk mulai menjalani hari secara produktif.

Cara bersiap kala WFH bisa beragam untuk setiap orang. JULOvers bisa memulai dengan bangun lebih pagi dan sarapan terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa menutup rutinitas pagi dengan mandi dan berpakaian baru. Tidak perlu pakaian pergi, kamu bisa mengenakan pakaian rumah yang baru. Dengan demikian, tubuhmu secara otomatis akan langsung ter-‘program’ untuk siap dengan suasana kerja.

4. Sempatkan Power Nap kala Jam Istirahat

WFH Nap
(source: Pexels)

Kala jam istirahat tiba, banyak di antara kita yang lebih memilih untuk asyik sibuk dengan hal lain setelah makan siang. Sesekali JULOvers bisa mencoba mengalokasikan sisa waktu tersebut untuk power nap – tidur siang singkat selama 20 – 30 menit yang terbukti dapat meningkatkan fokus dan produktivitas.

Konsep power nap ini mungkin agak jarang terdengar karena secara realita agak sulit untuk dilakukan kala bekerja di kantor. Dari minimnya fasilitas tidur sampai suasana sibuk yang sulit membuat kita terlelap. Dengan adanya WFH, konsep tidur siang ini mulai dikenal kembali karena sangat mungkin untuk dilakukan dalam suasana rumah yang nyaman. Siapa nih di antara JULOvers yang sudah melakukan power nap?

5. Tahu Kapan Harus Berhenti Kerja

(source: Pexels)

Pada kondisi normal, perjalanan dari kantor ke rumah tanpa sadar menjadi penanda tersendiri untuk berhenti kerja pada hari itu. Dengan adanya WFH, batasan waktu seolah melebur dan banyak orang yang tanpa sadar bekerja melewati jam kerja. Padahal, kebiasaan ini tidak baik dilakukan dalam jangka waktu panjang karena bisa membuat JULOvers rentan mengalami burnout. Hasilnya produktivitasmu pun akan menurun.

Untuk menyiasati hal ini, JULOvers dapat menyetel alarm tepat di jam pulang kantor. Jika masih ada pekerjaan yang belum selesai, kamu dapat melihat kembali ke skala prioritas – apakah pekerjaan tersebut harus dikerjakan hari ini?

Kalau jawabannya ya, maka tentukan seberapa lama kamu akan mengerjakan pekerjaan tersebut dan buat alarm untuk patokan waktu. Jika tidak, kamu bisa mengerjakannya esok hari dengan prioritas paling utama. Ingat bahwa hidup tidak melulu identik dengan pekerjaan!

Baca Juga: Travelling Luar Kota, Ini Dia 5 Hotspot Kuliner di Bogor


Nah, itu dia 5 kiat yang bisa JULOvers praktikkan untuk WFH produktif. Salah satu kelebihan lain dari WFH adalah alokasi waktu yang lebih fleksibel untuk mengurus hal lain seperti usaha sampingan. Jika JULOvers memerlukan modal tambahan untuk usaha, kamu bisa coba ajukan limit di JULO Kredit Digital dengan bunga rendah dari 0,1% per hari dan tenor fleksibel.

Selain itu, JULO Kredit Digital juga menawarkan kemudahan fitur lengkap kredit digital dari top-up e-wallettarik & kirim dana, bayar pulsa & data, tagihan listrik, BPJS, kartu prabayar sampai bayar e-commerce. Semuanya bisa JULOvers lakukan dalam kemudahan satu genggaman aplikasi! Praktis banget kan?

Jadi tunggu apalagi? Yuk saatnya #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *