Tips Belanja Online Aman & Terhindar Dari Penipuan!

Indira A/ Gaya Hidup/ 0 comments

Teknologi yang kian berkembang menghadirkan banyak kemudahan bagi kita untuk berbelanja. Dahulu, jika kita ingin berbelanja sesuatu, kita diharuskan untuk mendatangi toko tersebut untuk mendapatkan barang-barang yang kita inginkan. Namun saat ini sudah banyak sekali platform yang dapat digunakan untuk berbelanja online berkat kemajuan teknologi. Kini kamu tinggal duduk manis di rumah menunggu paket belanjaanmu datang. Hanya perlu mempersiapkan handphone atau laptop dan juga koneksi internet, buka platform berbelanja, pilih barang yang kamu inginkan, bayar dan voila! Paket akan sampai langsung ke rumahmu. Praktis banget, ya?

Akan tetapi, walaupun sudah banyak sekali platform online yang memudahkan kita untuk berbelanja, muncul juga banyak modus penipuan yang merugikan, lho. Penipuan tersebut dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, JULOvers. Nggak mau kan, niat awal belanja online untuk dapat barang baru, malah berujung ditipu dan kehilangan uang? Oleh karena itu, kali ini JULO ingin memberikan tips untuk kamu yang ingin belanja online dengan aman, nyaman dan terhindar dari penipuan!

Berikut tips belanja online yang bisa kamu lakukan:

1.   Tips Belanja Online: Lakukan Riset!

Tips belanja online pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan riset! Walaupun hanya sekedar “belanja”, kamu juga perlu melakukan riset agar tidak mengalami penipuan lho, JULOvers. Terlebih lagi jika kamu ingin membeli barang dengan harga yang tidak murah. Jangan sampai kamu asal-asalan dalam memilih penjual, ya! Kamu bisa mulai mencari website atau e-commerce yang terpercaya, melihat reputasi penjual, membaca review, hingga membandingkan harga dari website atau e-commerce satu dengan yang lainnya.

2.   Tips Belanja Online: Belanja Melalui Website yang Terpercaya

Tips belanja online pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunjungi website belanja yang terpercaya, JULOvers. Dulu, sebelum hadir beragam e-commerce, kita hanya bisa berbelanja online melalui online shop yang belum tentu terpercaya. Apalagi, kamu hanya bisa mentransfer uang belanjamu langsung ke rekening pribadi si penjual. Namun kini sudah hadir beragam e-commerce yang bisa kamu manfaatkan untuk berbelanja online. Jika kamu berbelanja di e-commerce, kamu tidak akan langsung mentransfer uang ke rekening pribadi penjual, melainkan ke rekening e-commerce yang posisinya sebagai pihak yang menjembatani pembeli dan penjual. Jadi, uang yang kamu transfer tidak akan sampai ke penjual jika barang yang kamu beli belum sampai ke tanganmu.

3.   Tips Belanja Online: Cek Reputasi Online Shop

Setelah menemukan online shop yang akan kamu pilih di website yang terpercaya, sekarang waktunya kamu mengecek reputasi online shop tersebut, JULOvers. Beberapa website sudah menghadirkan fitur nilai online shop serta review dari para pembelinya. Nah, tips belanja online yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan fitur tersebut untuk menilai reputasi online shop yang kamu tuju. Cek review dari para pembelinya ya, pilih online shop dengan reputasi yang baik dari segi produk, pengiriman maupun respon penjual.

4.   Tips Belanja Online: Harga Terlalu Murah, Promo Gila-Gilaan?

Harga miring kualitas terbaik? Jangan langsung percaya, JULOvers. Terlebih lagi jika harga dan kualitas yang ditawarkan tidak sebanding. Kalau harga lebih murah sedikit, mungkin masih bisa dipertimbangkan. Tapi, kalau harga yang ditawarkan sangat amat murah dan malah jauuuh sekali di bawah pasaran, harusnya mencurigakan lah ya? Jadi, jangan langsung percaya ya, JULOvers kalau tiba-tiba menemukan promo yang gila-gilaan!

5.   Tips Belanja Online: Simpan Bukti-Bukti Penting

Tips belanja online terakhir dari JULO adalah dengan menyimpan bukti-bukti penting selama kamu melakukan transaksi. Bukti pentingnya apa saja, sih? Bukti penting yang dimaksud di sini adalah screenshot bukti transfer, e-mail, atau bukti chat dengan penjual. Alasan bukti-bukti penting ini harus disimpan, karena bisa kamu manfaatkan untuk berjaga-jaga jika kamu mengalami penipuan. Duh, jangan sampai deh!

Jadi, bagaimana? Sudah paham belum tips belanja online yang telah JULO jelaskan di atas? Semoga kamu bisa mengimplementasikan tips di atas dan selalu waspada ketika belanja online agar terhindar dari modus penipuan, ya!

Mau belanja ini itu, #UntungAdaJULO! Yuk, download aplikasi JULO dengan klik link berikut ini dan ajukan pinjaman hingga 8 juta rupiah sekaraaang agar belanja makin lancar😊

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*