Tangani Rumah Pasca Banjir dengan Tips Berikut Ini!

Indira A/ Gaya Hidup/ 0 comments

Hujan besar yang terus turun mengakibatkan bencana banjir yang melanda beberapa titik wilayah Jabodetabek. Hingga akhir bulan Februari ini, wilayah Jabodetabek kembali harus mengalami banjir yang cukup parah. Tidak hanya banjir yang menutup ratusan ruas jalan di Jabodetabek, namun hujan yang tidak kunjung berhenti berujung mengakibatkan banjir memasukki rumah warga. Keadaan pasca banjir, terlebih lagi jika banjir memasukki area dalam rumah tentu menjadi momen yang sangat menyedihkan sekaligus melelahkan karena harus mengeluarkan tenaga ekstra hingga materi jika ada barang-barang yang rusak karena terendam banjir.

JULOvers, apakah kalian merasakan banjir yang terjadi di tahun 2020 ini? Jika ya, JULO turut prihatin dengan bencana banjir yang telah melanda wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Semoga semua yang terkena dampaknya bisa kembali seperti sedia kala, ya.

Untuk kamu yang mengalami banjir dan bahkan masuk ke dalam rumah, berikut ini JULO berikan tips tangani rumah pasca banjir! Semoga bisa bermanfaat untuk kalian 😊

  1. Tips Tangani Rumah Pasca Banjir: Matikan & Periksa Arus Listrik

Ketika banjir mulai merendam pemukiman, PLN sudah pasti otomatis mematikan listrik hingga air surut dan dinilai aman untuk dinyalakan kembali. Namun jika hal tersebut belum terjadi, jangan lupa untuk segera mematikan listrik dan menutup soket listrik agar terhindar dari air. Hal tersebut dilakukan agar listrik tidak korslet. Berhati-hati ya, JULOvers!

2. Tips Tangani Rumah Pasca Banjir: Mulai Bebersih!

Setelah air mulai surut, tips tangani rumah pasca banjir ini merupakan kegiatan yang akan menguras banyak tenaga. Persiapkan selang dengan aliran air bersih yang kuat untuk membersihkan kotoran dan lumpur akibat banjir ya, JULOvers! Setelah menyiram seluruh area yang terdampak banjir dengan air bersih, saatnya kamu mulai membersihkannya kembali dengan larutan pembersih dan juga pewangi. Poin ini tidak bisa hanya kamu lakukan satu kali ya! Butuh tenaga ekstra untuk melakukannya berkali-kali hingga area rumah benar-benar bersih.

Baca juga: Antisipasi Banjir dengan Langkah-Langkah Berikut Ini!

3. Tips Tangani Rumah Pasca Banjir: Periksa & Bersihkan Seluruh Perabot dan Peralatan Rumah

Setelah membersihkan lumpur dan sisa kotoran di dalam rumah, kini saatnya mulai masuk ke tips tangani rumah pasca banjir yaitu memeriksa perabot dan peralatan rumah yang terkena banjir. Perabotan seperti sofa, kursi, Kasur dan sebagainya harus langsung kamu bersihkan dan jemur di bawah sinar matahari yang terik. Peralatan dapur seperti piring, sendok dan garpu makan serta alat masak bisa kamu cuci menggunakan sabun anti bakteri dan air bersih. Lakukan lebih dari satu kali ya! Untuk barang-barang seperti baju, selimut, bantal dan sebagainya bisa langsung kamu cuci dan jemur juga agar tidak lembab.

4. Tips Tangani Rumah Pasca Banjir: Pisahkan Dokumen-Dokumen Penting

JULOvers, dokumen-dokumen pentingmu terendam banjir? Jangan panik! Tips tangani rumah pasca banjir selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan langsung pisahkan dokumen-dokumen tersebut, bersihkan dengan perlahan dan hati-hati, kemudian jemur agar cepat kering. Idealnya, kamu menyisihkan dokumen-dokumen penting milikmu ke dalam satu map atau kotak tersendiri dan simpan di tempat yang paling aman di rumahmu agar kedepannya tidak terkena dampak dari banjir lagi ya, JULOvers.

5. Tips Tangani Rumah Pasca Banjir: Pisahkan & Mulai Menata Barang

Poin ini adalah poin yang tepat dilakukan untuk beberes rumah pasca banjir nih, JULOvers. Jika kamu memiliki banyak barang di rumah, ada baiknya kamu mulai memisahkan barang-barang yang harus dibuang dan harus disimpan kembali. Hal ini bisa kamu lakukan agar rumah terlihat lebih “lowong” dan bersih pasca banjir. Terutama barang-barang yang kiranya rusak dan tidak lagi bisa diperbaiki, lebih baik langsung dibuang agar tidak memenuhi isi rumah ya, JULOvers!

Baca juga: Tangani Mobil yang Terendam Banjir dengan Cara Ini!

6. Tips Tangani Rumah Pasca Banjir: Periksa Keadaan Dinding Rumah

Salah satu tips tangani rumah pasca banjir yang perlu kamu lakukan adalah dengan memeriksa keadaan dinding rumah. Walaupun isi rumah penting, kamu juga harus memperhatikan masalah bangunan rumahmu pasca banjir, ya. Menggunakan wallpaper atau sticker di rumah? Segera lepaskan agar dinding dibaliknya bisa cepat kering! Kamu juga bisa mulai membersihkan kotoran di dinding atau bahkan mengeceat ulang dinding yang terkena banjir setelah dinding betul betul kering.

7. Tips Tangani Rumah Pasca Banjir: Ingin Renovasi Rumah Namun Kurang Biaya?

Sudah melakukan tips tangani rumah pasca banjir dari JULO di atas namun rumah masih terasa perlu direnovasi? Renovasi rumah tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi harus mengeluarkan biaya untuk barang-barang lainnya. Tapi tenang saja, JULO bisa membantu kamu kok dengan pinjaman hingga 8 juta rupiah! Kamu juga bisa mencicilnya hingga 6 bulan, lho. Pinjaman dari JULO bisa kamu manfaatkan untuk merenovasi bagian rumah yang tidak dapat diperbaikin sendiri pasca banjir.

25022020 - Banjir-02.png

Jadi, bagaimana nih tips dari JULO? Semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang baru saja mengalami musibah banjir dan mari bersama-sama berdoa agar tidak akan ada banjir susulan ya! Jika kamu tertarik untuk meminjam dana dari JULO untuk merenovasi rumah pasca banjir, kamu bisa langsung mengajukan pinjaman dengan klik link berikut ini.

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*