Liburan Saat Pandemi? Ini Syarat Naik Pesawat dan Kereta Jelang Libur Cuti Bersama!

Hera Oktavia/ Gaya Hidup/ 0 comments

JULOvers! Siapa saja diantara kalian yang masih menjalankan WFH, dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19? Sudah mulai jenuh kah berbulan-bulan kerja dari rumah? JULO hanya ingin mengingatkan, kalau libur cuti bersama di akhir bulan Oktober ini sudah di depan mata lho, JULOvers. Pemerintah telah menetapkan bahwa libur cuti bersama ditetapkan pada tanggal 28 hingga 30 Oktober 2020, dan dilanjutkan pada akhir tahun di tanggal 24 hingga 31 Desember mendatang.

Sudah ada rencana akan pergi libur cuti bersama kemana, nih? Bandung? Bali? Yogyakarta? Atau sekadar menghabiskan libur cuti bersama dengan udara sejuk di Puncak Bogor? Sudah terbayang sekali bagaimana keseruannya menghabiskan waktu bersama keluarga.

Tapi kamu harus tetap ingat, saat ini masih dalam keadaan pandemi. Berliburlah dengan menerapkan protokol kesehatan. Sayangi tubuhmu dan juga keluargamu. Karena kalau sudah terpapar virus, jangankan untuk pergi liburan bersama keluarga, bertemu dengan keluarga saja kamu sudah tidak bisa. 

Nah, bagi kamu yang sudah punya rencana untuk menghabiskan waktu cuti bersama dengan melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan pesawat atau kereta, kali ini JULO akan membagikan syarat-syarat yang harus dipenuhi pada saat kamu akan melakukan liburan cuti bersama menggunakan pesawat dan kereta. Yuk, Simak sama-sama!

Baca juga: Catat! Ini Kalender 2021: Libur Nasional & Cuti Bersama

Bagi yang menggunakan jasa penerbangan, persyaratan itu terbagi menjadi dua, untuk rute domestik dan rute internasional. Simak penjelasannya!

  1. Penerbangan Domestik
  • Penumpang wajib mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih.
  • Menunjukkan identitas diri berupa KTP/Tanda pengenal lainnya yang sah.
  • Menunjukkan surat keterangan uji tes PCR negatif atau surat keterangan uji tes rapid non reaktif yang berlaku 14 hari pada saat keberangkatan.
  • Menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan oleh Dokter Rumah Sakit/Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas tes PCR atau rapid.
  1. Penerbangan Internasional
  • Penumpang wajib mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih.
  • Jika tidak dapat menunjukkan surat hasil tes PCR dari negara keberangkatan, setiap individu yang datang dari luar negeri harus melakukan tes PCR pada saat tiba di bandara tujuan.
  • Selama menunggu hasil pemeriksaan tes PCR, setiap orang wajib menjalani karantina khusus yang telah disediakan pemerintah.
  • Memanfaatkan akomodasi karantina berupa hotel atau penginapan yang telah mendapatkan sertifikasi penyelenggaraan akomodasi karantina COVID-19 dari Kementerian Kesehatan.

Perlu kamu ketahui juga, jika kamu menggunakan jasa penerbangan, sebaiknya kamu datang ke bandara 3 jam sebelum jadwal keberangkatan ya, JULOvers! Ini karena akan dilakukan prosedur pemeriksaan dokumen persyaratan perjalanan selama masa pandemi COVID-19.

Baca juga: Butuh Dana Darurat untuk Biaya Kesehatan Saat Pandemi, Bagaimana Solusinya?

Nah, selanjutnya mari kita bahas syarat apa saja yang dibutuhkan untuk keberangkatan menggunakan kereta. Yuk, simak!

Informasi penting nih, JULOvers! Untuk pengguna jasa kereta api, mulai tanggal 16 Juli 2020, SIKM (Surat Izin Keluar Masuk) tidak lagi menjadi syarat wajib penumpang untuk semua keberangkatan dari atau ke Jakarta.

Terkait tata cara dan pelayanan tiket, hanya untuk pembelian tiket H-3 jam sebelum keberangkatan kereta dan juga tiket dapat dipesan sampai dengan H-7 sebelum keberangkatan.

Adapun persyaratan perjalanan domestik, kamu wajib menyediakan beberapa persyaratan berikut ini :

  1. Menunjukkan identitas diri (KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah)
  2. Menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif atau surat keterangan uji Rapid test dengan hasil non-reaktif yang berlaku 14 hari pada saat keberangkatan.
  3. Mengisi Corona Likelihood Metrics (CLM) pada aplikasi JAKI yang dapat diunduh di Google Playstore dan Apple App Store.
  4. Menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan oleh dokter Rumah Sakit atau Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas test PCR dan/atau Rapid test.
  5. Penumpang dalam keadaan sehat tidak menderita flu, pilek, batuk, dan demam.
  6. Penumpang wajib menggunakan masker.
  7. Suhu badan penumpang tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.
  8. Penumpang menggunakan pakaian pelindung (jaket atau pakaian lengan panjang).
  9. Apabila pada saat proses boarding terdapat penumpang yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan, maka penumpang tersebut tidak diperkenankan melakukan perjalanan kereta api dan tiket dapat dibatalkan melalui loket stasiun dan mendapatkan bea pembatalan penuh secara tunai.

JULOvers, kamu juga harus tahu kalau saat ini di beberapa stasiun sudah disediakan fasilitas Rapid test, lho! Agar kamu bisa menggunakan fasilitas rapid test, sebaiknya kamu perhitungkan waktu pemeriksaan Rapid test dengan jadwal keberangkatan kereta kamu, yaa. 🙂

Nah, JULOvers! Itu dia persyaratan yang harus dipenuhi, ketika kamu akan liburan cuti bersama menggunakan pesawat dan kereta yang bisa JULO bagikan. Sudahkah semuanya terpenuhi? Liburan Corona seperti saat ini, jangan lupa untuk tetap jaga jarak, selalu sediakan masker cadangan, dan hand sanitizer dalam tas kamu ya, JULOvers!

Tapi kalau kamu merasa belum memerlukan untuk pergi berlibur, atau budget masih bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain, tidak ada salahnya kok menghabiskan libur cuti bersama di rumah saja. Masih banyak kegiatan seru dan asyik yang bisa dilakukan bersama keluarga selama di rumah.

Stay safe and keep healthy! 🙂

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*