Berniat Staycation Saat Pandemi? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini!

Indira A/ Gaya Hidup, Lifestyle/ 0 comments

JULOvers, beberapa bulan menjalani karantina #DiRumahAja dan melewati masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tentu membuat sebagian besar orang jenuh. Terutama, kamu yang terbiasa beraktivitas di luar rumah. Namun kini, setelah melewati lebih dari 6 bulan masa PSBB, sebagian orang sudah mulai melakukan aktivitas di luar rumah, namun tetap dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Selain bekerja, salah satu kegiatan lain yang sudah mulai banyak dilakukan oleh masyarakat adalah staycation

Baca juga: Liburan Saat Pandemi? Ini Syarat Naik Pesawat dan Kereta Jelang Libur Cuti Bersama!

Dikutip dari Inn on the Drive, staycation adalah kegiatan liburan di dekat rumah. Banyak orang memilih untuk tetap tinggal di rumah selama staycation. Namun ada juga orang-orang yang memilih untuk menginap di hotel selama staycation hanya untuk keluar dari rumah. Hotel yang dipilih biasanya masih berada dalam area tempat tinggal mereka. Kalau kamu sendiri, mengartikan Staycation seperti apa JULOvers?

Nah, walaupun staycation kini sudah mulai dilakukan oleh banyak orang, kamu yang berniat untuk staycaiton di masa pandemi tentu harus mematuhi protokol kesehatan era new normal yang berlaku, serta memperhatikan beberapa hal berikut ini, terutama untuk kamu yang memutuskan untuk staycation di sebuah penginapan di luar rumah! 

  • Staycation Pandemi: Pastikan Dirimu & Partner dalam Kondisi Sehat

JULOvers, hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat staycation di masa pandemi adalah dengan memastikan tubuhmu dalam kondisi yang sehat. Tidak hanya kamu ya, pastikan juga partner liburanmu juga dalam kondisi yang sehat! Walaupun sekecil apapun kondisi kurang sehat yang terjadi dalam tubuhmu atau partner berliburmu, pastikan kamu menunda rencana staycation untuk kebaikan bersama ya. 

  • Staycation Pandemi: Pilih Penginapan yang Menerapkan Protokol Kesehatan

Hal kedua yang perlu kamu perhatikan saat staycation adalah dengan memilih penginapan yang menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar. Kalau perlu, pilih penginapan yang sangat ketat menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah ya!

  • Staycation Pandemi: Hindari Kontak Fisik Saat Checkin

Di hari-H kamu staycation dan sampai di penginapan yang kamu tuju, pastikan kamu melakukan self check-in atau check-in secara online untuk menghindari kontak fisik yang sangat mungkin terjadi dalam proses check-in kamar penginapan. 

Baca juga: Cara Ampuh Menabung & Mempersiapkan Liburan!

  • Staycation Pandemi: Pilih Kamar dengan Balkon/Jendela

Hal berikutnya yang perlu kamu perhatikan saat memutuskan untuk staycation adalah dengan memilih kamar penginapan yang memiliki balkon/jendela! Kenapa harus begitu? Pastikan kamar yang kamu inapi memiliki sirkulasi udara yang bagus. 

  • Staycation Pandemi: Hindari Tempat Ramai

Selama melakukan staycation, ada baiknya kamu menghindari tempat ramai di area publik hotel yang umumnya dapat digunakan oleh seluruh tamu seperti tempat kebugaran dan kolam berenang. Hal tersebut wajib kamu hindari karena kamu tidak tahu menahu tentang bagaimana kondisi kesehatan orang lain yang juga menggunakan tempat tersebut. 

  • Staycation Pandemi: Bawa Perlengkapan Sanitasi Sendiri

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan kamu membawa semua perlengkapan penting seperti masker, face shield, masker cadangan, tissue basah, hand sanitizer, disinfektan, sabun cuci tangan dan sebagainya. Pastikan juga kamu membawa handuk, sikat gigi dan alat makan sendiri ya selama staycation!

Baca juga: Catat! Ini Kalender 2021: Libur Nasional & Cuti Bersama

Itu dia JULOvers, 6 hal yang perlu kamu perhatikan dan lakukan saat berniat untuk staycation di masa pandemi. Tapi, jika kamu masih merasa nyaman #DiRumahAja, JULO sarankan untuk tetap stay di rumah hingga keadaan lebih baik dan memungkinkan untuk berlibur ya. Semoga bermanfaat! Stay safe and healthy, JULOvers!

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*