Sebelum Gunakan Pinjaman Online, Yuk Coba Tanyakan 4 Hal Ini Ke Diri Kamu!

Di zaman yang serba canggih serta perkembangan digital yang semakin pesat, telah memudahkan kita untuk mendapatkan informasi terbaru. Bahkan untuk kebutuhan konsumtif sehari-hari saja, bisa kita dapatkan melalui toko-toko online yang bisa diakses melalui handphone. Perkembangan yang sangat terlihat signifikan adalah perusahaan-perusahaan Fintech yang berlomba-lomba menawarkan produk mereka melalui aplikasi pinjaman online.

Salah satu yang sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat adalah aplikasi pinjaman online. Aplikasi pinjaman online yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat, baik yang di kota maupun yang di desa dalam meminjam uang untuk kebutuhan modal usaha ataupun kebutuhan lain. Dengan didukung proses pengajuan yang cepat dan dokumen yang dibutuhkan pun tidak sulit, membuat aplikasi pinjaman online sangat diminati oleh masyarakat dibandingkan pinjaman langsung ke bank.

Baca juga: Ingin Buka Usaha di Tengah Pandemi? JULO Bisa Jadi Solusi!

Namun, sebelum melakukan pinjaman di aplikasi pinjaman online, JULO menyarankan untuk tanyakan 4 hal ini ke diri kamu, agar tidak memberatkan kamu di masa depan. Apa saja 4 hal tersebut? Yuk, simak bersama-sama!

  1. Apa Kebutuhannya?

Sebelum melakukan pinjaman di aplikasi pinjaman online, coba tanyakan pada diri kamu untuk kebutuhan apa kamu meminjam? Apabila dana pinjamannya akan kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan produktif, sebaiknya kamu perhitungkan berapa lama uang tersebut bisa kamu kembalikan setelah diputar untuk mendapatkan keuntungan.

  1. Apakah Sudah Terdaftar dan Berizin OJK?

Ini hal terpenting sebelum kamu melakukan pinjaman di aplikasi pinjaman online. Pastikan aplikasi pinjaman online tersebut sudah terdaftar dan berizin OJK, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kebocoran data pribadi atau proses penagihan yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  1. Apakah Bisa Disiplin Menyisihkan Uang untuk Membayar Angsuran?

Berani meminjam, harus bertanggung jawab untuk mengembalikan! Kamu harus bisa disiplin dalam hal menyisihkan uang agar dapat membayar cicilan mu. Akan menjadi hal yang bagus apabila dana pinjaman yang kamu dapatkan, digunakan untuk modal usaha. Keuntungan yang kamu dapatkan dari hasil usahamu, bisa kamu sisihkan untuk membayarkan cicilan. Lain halnya apabila kamu menggunakan dana pinjaman untuk kebutuhan konsumtif. Kamu harus bisa konsisten dan memastikan cicilanmu terbayarkan pada tanggal jatuh tempo dan jumlah angsuran yang telah disepakati sebelumnya.

  1. Apakah Akan Mengajukan Pinjaman Kembali?

Setelah pinjaman kamu lunas, coba pertimbangkan akan pinjam lagi atau tidak? Apabila tidak ada hal yang mendesak, sebaiknya kamu tidak perlu melakukan pinjaman kembali di aplikasi pinjaman online. Jangan membiasakan diri kembali melakukan pinjaman di aplikasi pinjaman online setelah pinjaman kamu lunas, apalagi tidak ada kebutuhan yang mendesak dan meminjam hanya untuk hal-hal yang kurang kamu butuhkan. Hal tersebut hanya akan menambah pengeluaranmu untuk hal yang tidak terlalu kamu butuhkan. Ingat, meminjam lah hanya untuk kebutuhan, bukan untuk keinginan dan merasa kamu mampu untuk membayar setiap bulannya.

Baca juga: Butuh Dana Darurat untuk Biaya Kesehatan Saat Pandemi, Bagaimana Solusinya?

Nah, itu dia 4 hal yang harus kamu tanyakan kepada dirimu agar nantinya pinjaman tersebut tidak memberatkan. Usahakan gunakan layanan aplikasi pinjaman online dengan bijak dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Apabila tidak mampu membayar atau hanya memberikan sedikit manfaat, carilah alternatif lain untuk mendapatkan dana. Sebisa mungkin hindari penggunaan aplikasi pinjaman online untuk keperluan konsumtif.

Namun, apabila kamu ingin melakukan pinjaman di aplikasi pinjaman online untuk keperluan produktif, kamu bisa gunakan pinjaman 8 juta dari JULO yang sudah berizin resmi OJK untuk modal usaha.  Jangan khawatir, walaupun di masa pandemi seperti sekarang ini, JULO tetap memberikan pinjaman bagi kamu yang membutuhkan dana mendesak. Dengan bunga mulai dari 0,1% per hari yang tidak akan memberatkan kamu untuk mencicil angsuran. Yuk, ajukan pinjaman mu sekarang!

Baca juga: Begini Tips Mengelola Gaji Saat Pandemi COVID-19!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *