PPKM Resmi Diberlakukan, Perhatikan yuk Aturan-Aturan Berikut Ini!

Indira A/ Gaya Hidup/ 0 comments

JULOvers, akhir-akhir ini perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia belum kunjung membaik. Setiap harinya, ribuan kasus positif COVID-19 terus bertambah dan semakin mengkhawatirkan. Tiap wilayah memiliki cara masing-masing untuk menekan tingkat penyebaran virus ini. Selama dua pekan ke depan, Pemerintah kembali memperketat dan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk wilayah Jawa-Bali.

Nah, PPKM Jawa-Bali ini diberlakukan sejak tanggal 11 Januari hingga 25 Januari 2021 mendatang. Berikut adalah poin penting yang perlu kamu perhatikan saat PPKM Jawa-Bali berlangsung:

Baca juga: Cari Tahu Cara Terbaik Untuk Mencegah Virus Corona di Sini!

1. PPKM Jawa-Bali: Membatasi tempat kerja perkantoran dengan menerapkan work from home (WFH) sebesar 75% dan work from office (WFO) sebesar 25% dengan memberlakukan protokol kesehatan secara lebih ketat.

2. PPKM Jawa-Bali: Melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring/online.

3. PPKM Jawa-Bali: Sektor esensial yang berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat tetap dapat beroperasi 100% dengan pengaturan jam operasional, kapasitas, dan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

4. PPKM Jawa-Bali: Melakukan pengaturan pemberlakuan pembatasan: Kegiatan restoran (makan/minum di tempat sebesar 25% dan untuk layanan makanan melalui pesan-antar/dibawa pulang tetap diizinkan sesuai dengan jam operasional restoran. Pembatasan jam operasional untuk pusat perbelanjaan/mal sampai dengan pukul 19.00 WIB.

5. PPKM Jawa-Bali: Mengizinkan kegiatan konstruksi beroperasi 100% dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

6. PPKM Jawa-Bali: Mengizinkan tempat ibadah untuk dilaksanakan pengaturan pembatasan kapasitas sebesar 50% dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat. Pemberlakuan pembatasan kegiatan/PSBB Jawa Bali tersebut meliputi provinsi/kabupaten/kota yang memenuhi salah satu unsur atau lebih dari:

Tingkat kematian di atas rata-rata tingkat kematian nasional

Tingkat kesembuhan di bawah rata-rata tingkat kesembuhan nasional

– Tingkat kasus aktif di atas rata-rata tingkat kasus aktif nasional

– Tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit (bed ocupation room/BOR) untuk ICU dan ruang isolasi di atas 70 persen

Baca juga: Mulai Bekerja dari Rumah? Simak Tips Work From Home Berikut Ini!

Itu dia JULOvers, 6 poin penting terkait diberlakukannya PPKM Jawa-Bali. Berikut adalah daerah atau wilayah yang wajib memberlakukan aturan PPKM Jawa-Bali selama 2 minggu ke depan:

  • Jakarta
  • Jawa Barat dengan prioritas di Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Cimahi, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, dan Bandung Raya.
  • Banten dengan prioritas Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.
  • Jawa Tengah dengan prioritas wilayah Semarang Raya, Banyumas Raya, Kota Surakarta, dan sekitarnya.
  • Daerah Istimewa Yogyakarta dengan prioritas di Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Kulon Progo.
  • Jawa Timur dengan prioritas di wilayah Surabaya Raya dan Malang Raya.
  • Bali dengan prioritas Kabupaten Badung dan Kota Denpasar.

JULOvers, semoga artikel kali ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kalian tentang aturan PPKM Jawa-Bali ya. Yuk, bantu Pemerintah untuk menekan laju penyebaran virus COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjurannya. Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak aman ya! Stay safe and stay healthy, JULOvers..

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*