Pinjaman Cepat, Ini Dia 4 Sumber yang Bisa Kamu Coba!

Pinjaman Cepat. Mungkin kalimat ini akan terdengar aneh jika didengar kala 1 dekade lalu. Pada zaman dahulu, pinjaman seringkali dikaitkan dengan sesuatu yang ribet dan memerlukan waktu lama untuk cair. Ditambah lagi dengan prosedur berlapis yang membuat banyak orang enggan menyentuh layanan pinjaman.

Namun seiring dengan kemunculan pandemi dan perkembangan era digital, semakin banyak orang yang memerlukan dana tambahan secara cepat untuk memenuhi beragam keperluan. Dari kebutuhan sehari-hari sampai keperluan mendesak seperti biaya pendidikan dan pengobatan. Berbagai alternatif layanan pinjaman cepat mulai bermunculan sebagai pilihan sumber dana darurat untuk para nasabah.

Baca Juga: Kartu Kredit Konvensional vs. Digital. Pilih yang Mana?

4 Jenis Pinjaman Cepat yang Bisa Kamu Pilih

Pinjaman Cepat (source: Pexels)

Dari sekian banyak jenis layanan pinjaman yang beredar, ada 5 jenis pinjaman yang cepat cair dan sangat cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan dana darurat. Berikut jenis pinjaman yang bisa JULOvers jadikan alternatif sumber dana kala dibutuhkan:

1. Kredit Digital & Pinjaman Online

Pinjaman Cepat

Layanan yang satu ini bisa dibilang merupakan jenis layanan pinjaman yang baru muncul di tengah perkembangan era digital. Ditambah dengan pemberitaan masif media akhir-akhir ini membuat nama kredit digital dan pinjaman online semakin santer terdengar. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang masih menganggap semua pinjaman online identik dengan bunga mencekik dan penagihan yang tidak manusiawi.

Baca Juga: Pinjaman Online, Kenali 5 Pembeda Antara Legal & Ilegal!

Padahal kedua hal buruk tersebut bisa dijauhi dengan memilih layanan kredit digital yang legal berizin OJK – seperti JULO Kredit Digital. Selain pengajuan yang cepat, JULO Kredit Digital juga menghadirkan limit maksimal 15 juta yang dapat digunakan nasabah untuk berbagai fitur kredit digital di dalam aplikasi. Dari tarik dana, kirim dana, isi dompet digital sampai bayar e-commerce, semua bisa dilakukan hanya dalam genggaman smartphone.

Berbeda dengan layanan pinjaman online pada umumnya, nasabah JULO akan mendapatkan limit kredit dengan bunga rendah hanya dari 0,1% per hari. Selain tenor pengembalian yang fleksibel sampai 9 bulan dan disesuaikan dengan tanggal gajian, JULOvers juga tetap dapat menggunakan limit kredit sisa tanpa harus melunasi penggunaan sebelumnya. Praktis banget ya, JULOvers!

2. Pinjaman Cepat Koperasi Simpan Pinjam

Pinjaman Cepat
Pinjaman Cepat (source: Pexels)

Mungkin ada beberapa JULOvers yang belum familiar dengan koperasi. Sederhananya, koperasi adalah sebuah perkumpulan atau organisasi ekonomi yang dijalankan oleh beberapa orang untuk memenuhi kepentingan bersama. Tidak semua koperasi melayani pinjaman dana, pinjaman cepat hanya dilangsungkan oleh jenis Koperasi Simpan Pinjam (KSP).

Pinjaman dana melalui Koperasi Simpan Pinjam tergolong cepat dan cenderung lebih mudah dibandingkan bank sehingga bisa dijadikan salah satu alternatif dana kala kebutuhan mendesak. Selain itu, bunga koperasi juga tergolong lebih rendah dibandingkan dengan bunga pinjaman bank pada umumnya dan dinilai tidak memberatkan peminjam.

Akan tetapi, keuntungan koperasi tersebut hanya bisa dinikmati oleh para anggota koperasi terkait sehingga banyak orang yang menilai kalau sistem koperasi masih bersifat eksklusif. Selain itu, mayoritas koperasi masih menjalankan fungsinya secara offline atau konvensional sehingga akses fungsi masih amat terbatas.

3. Kredit Tanpa Agunan (KTA) Bank

Pinjaman cepat
Pinjaman Cepat (source: Pexels)

Mayoritas industri perbankan menyediakan jenis kredit multiguna dan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Berbeda dengan kredit multiguna atau kredit dengan agunan, KTA dari bank cenderung lebih cepat cair sehingga bisa dimanfaatkan sebagai dana produktif seperti modal usaha. Walau tetap lebih memakan waktu dibanding pinjaman online, kredit yang satu ini cocok untuk JULOvers yang senang menggunakan layanan perbankan.

Selain lebih cepat, fitur KTA juga memiliki pengguna setia karena nasabah tidak perlu memberikan jaminan apapun – seperti JULO Kredit Digital. Akan tetapi, layanan pinjaman cepat KTA memiliki tingkat bunga yang cukup tinggi sebagai bahan pertimbangan utama. Selain itu proses pengajuan yang berbasis pada BI Checking juga menjadi momok bagi banyak orang karena seringkali pengajuan gagal diproses pada tahap pengecekan tersebut.

Baca Juga: Pinjaman Online, Ini Dia 5 Bedanya dengan Pinjaman Bank

4. Pegadaian

Pinjaman Cepat
Pinjaman Cepat (source: Pexels)

Konsep Pegadaian sendiri sebenarnya sangat mirip dengan layanan kredit multiguna atau kredit dengan jaminan dari bank. Peminjam perlu memberikan barang jaminan kepada tempat pegadaian, di mana nominal barang tersebut akan dibayarkan kepada peminjam dalam bentuk cash. Jika peminjam ingin menebus barangnya kembali, maka nasabah perlu membayar kembali nominal yang diberikan dengan bunga.

Konsep penebusan ini yang membuat pegadaian menjadi alternatif sumber dana bagi beberapa orang karena nominal uang bisa cair dengan sangat cepat dan JULOvers bisa mendapatkan uang tanpa harus menjual barang. Akan tetapi, metode ini dinilai cukup riskan bagi beberapa orang karena barang berharga nasabah berisiko rusak, terutama jika waktu pengembalian cukup lama.


Nah, itu dia 4 sumber pinjaman cepat yang bisa JULOvers jadikan referensi kala sedang berhadapan dengan situasi darurat. Dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, setiap metode pinjaman bisa dijadikan sarana untuk meningkatkan kualitas hidup jika digunakan dengan perencanaan matang. Seperti halnya JULO Kredit Digital yang terus menerus berinovasi untuk menciptakan akses kredit yang merata bagi setiap orang.

Yuk saatnya #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital dan teman-teman pinjaman cepat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *