Ingin Pinjam Uang Untuk Kebutuhan Mendadak, Harus Kemana Ya?

Indira A/ Keuangan & Bisnis/ 2 comments

Kebutuhan sehari-hari yang semakin bertambah disertai dengan peningkatan harga tentunya membuat kita seringkali kebingungan. Bagi kamu yang masih lajang, kebutuhan harian seperti makan, transportasi, hingga biaya sewa tempat tinggal tentu membuat keuanganmu menipis. Belum lagi, jika kamu mempunyai kewajiban untuk mengirim uang untuk keluarga, ataupun membayar cicilan kendaraan. Sedangkan, bagi kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki tanggungan, biaya yang perlu dikeluarkan akan semakin besar dan secara tidak langsung, uang akan menjadi salah satu sumber permasalahan.

pinjam-uang-untuk-kebutuhan-mendadak

Jika tidak pintar mengalokasikan gaji tiap bulan, uang yang seharusnya dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari selama satu bulan, bisa habis di pertengahan bulan. Bahkan, besar kemungkinan uang sudah menipis beberapa hari setelah gajian. Sedangkan, biaya tak terduga yang harus dikeluarkan pun terus bermunculan. Keadaan darurat seperti biaya pengobatan, renovasi rumah, perbaikkan kendaraan pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit, dan tentunya tidak dapat diprediksi. Kalau sudah begitu, solusi paling mudah adalah pinjam uang untuk menutupi biaya kebutuhan lainnya.

Baca juga: Tips Alokasi Gaji, Baru Gajian Bayar Apa Dulu ya?

Kini zaman sudah semakin canggih. Dibandingkan harus meminjam ke teman atau sanak saudara yang belum tentu sesuai ekspektasi, lebih baik meminjam di Lembaga – Lembaga resmi yang sudah pasti bisa memberikan pinjaman dana sesuai yang kamu butuhkan. Terlebih lagi jika kamu membutuhkan dana yang cepat cair. Jangan khawatir dan bingung jika mendadak harus pinjam uang untuk keadaan darurat. Yuk, simak rekomendasi tempat pinjam uang berikut ini!

1.       Bank

Bank dapat dikatakan sebagai Lembaga pinjam uang yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain terpercaya dan terjamin, bunga yang ditawarkan oleh pihak bank pun cukup bersaing, lho. Bank menawarkan dua jenis pinjaman, yaitu kredit multiguna yaitu pinjaman dengan jaminan, dan Kredit Tanpa Agunan (KTA), atau tanpa jaminan, yang memiliki bunga lebih tinggi dibandingkan kredit multiguna.

pinjam-uang-untuk-kebutuhan-mendadak

Dokumen yang dibutuhkan dan syarat yang diberikan oleh pihak bank ketika kita ingin pinjam uang memang banyak. Proses pinjam uang juga terbilang tidak instan dan membutuhkan waktu. Meski begitu, nominal pinjam uang yang ditawarkan bank memang tergolong paling besar dibandingkan Lembaga pinjam uang lainnya.

Baca juga: Lagi Butuh Uang, Bagaimana Cara Pinjam Uang di Bank?

2.       Pegadaian

Pegadaian merupakan salah satu Lembaga BUMN yang terpercaya. Proses pinjam uang di Pegadaian memang lebih cepat dibandingkan oleh Bank. Kamu hanya perlu menggadaikan barang berhargamu ketika ingin pinjam uang di Pegadaian. Nantinya, pihak Pegadaian akan memberikan nominal maksimal pinjam uang yang dapat kamu lakukan. Kisaran bunga yang ditawarkan Pegadaian yaitu 0,75%-1,15% dengan tenor pinjaman maksimal 120 hari atau 4 bulan lamanya. Pinjam uang di Pegadaian tidak membutuhkan waktu yang lama asal kamu membawa semua dokumen yang dibutuhkan ketika proses pengajuan.

pinjam-uang-untuk-kebutuhan-mendadak

3.       Koperasi

Berbeda dengan Pegadaian yang bersifat tidak terikat, Koperasi merupakan Lembaga non-bank legendaris di Indonesia yang memiliki sifat terikat. Kamu perlu menjadi anggota Koperasi terlebih dahulu jika ingin pinjam uang. Sebelum pinjam uang pun, kamu perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk beberapa simpanan, yaitu simpanan pokok, wajib, dan sukarela. Koperasi juga akan memintamu untuk memberikan jaminan seperti BPKB Kendaraan. Proses yang diperlukan oleh Koperasi juga cukup lama.

4.       Aplikasi Pinjam Uang Online

Yang terakhir adalah aplikasi pinjam uang online. Ini adalah cara paling mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama hingga uang yang ingin kamu pinjam cair. Untuk pinjam uang di aplikasi, kamu  hanya membutuhkan smartphone, dokumen pribadi yang dibutuhkan, dan tentunya kuota internet untuk mendownload aplikasi tersebut. Pinjam uang jadi semakin mudah karena kamu tidak perlu datang ke tempat lokasi peminjaman, sehingga kamu bisa menghemat waktu, tenaga, dan biaya transportasi.

Ada beragam aplikasi pinjam uang online yang ada di Indonesia saat ini. Namun, kamu juga perlu waspada dan kenali lebih dalam terlebih dahulu tentang aplikasi pinjam uang online yang kamu pilih untuk meminimalisir penipuan. Jangan sampai kamu pinjam uang di aplikasi pinjaman yang tidak terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ya!

Baca juga: List Pinjaman Online Yang Terdaftar dan Diawasi oleh OJK

pinjam-uang-untuk-kebutuhan-mendadak

Salah satu aplikasi pinjaman online yang cepat cair adalah JULO. JULO telah berdiri sejak akhir tahun 2016 lalu dan telah membantu ratusan ribu masyarakat yang ingin pinjam uang dengan cepat dan mudah. Maksimal nominal pinjam uang di JULO adalah 8 juta rupiah, dengan lama tenor pinjaman 6 bulan. Bunga cicilan yang ditawarkan pun rendah mulai dari 0,1% perharinya, sehingga kamu tidak akan terbebankan dengan pinjam uang online ini. Yang lebih menarik lagi, kamu bisa mendapatkan cashback hingga 3% ketika kamu membayarkan cicilan pinjam uang sebelum waktu jatuh tempo, lho. Kamu juga tidak perlu khawatir tentang keamanan dan privasi nasabah karena JULO sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Itulah 4 tempat dimana kamu bisa mencari tempat untuk pinjam uang. Pilihan tempat untuk meminjam uang kembali lagi kepada kebutuhan dan disesuaikan dengan keinginanmu. Jika kamu membutuhkan pinjaman uang dengan nominal besar, kamu dapat mengajukan pinjaman ke bank. Jika kamu ingin meminjam uang langsung dengan memberikan jaminan, kamu dapat mengunjungi Pegadaian dan Koperasi. Namun, kalau kamu membutuhkan pinjaman yang mudah, bunga rendah, dan cepat cair, aplikasi pinjam uang online bisa menjadi pilihan yang tepat. Yuk, install aplikasi JULO di Google Playstoremu dan ajukan pinjaman sekarang!

Share this Post

2 Comments

  1. knpa di aplikasi status nya c dan sya tdk bsa mengajukan pinjaman..tlong di bantu spya sya bsa mengajukan pinjaman..

  2. Apa saya bisa meminjam di sini…saya sangat membutuh kan nya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*