Petak Enam: Wisata Kuliner Baru di Gedung Bersejarah Glodok

Petak Enam – Adanya Perlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlaku tentunya membuat opsi liburan mendekati momen Tahun Baru kali ini semakin terbatas – terutama bagi warga Jakarta. Alhasil, banyak tempat wisata baru yang bermunculan di bilangan ibu kota – seperti salah satunya Petak Enam yang berlokasi di Glodok ini.

Untuk JULOvers yang sedang mencari tempat wisata kuliner terbaru, kamu bisa mencoba menyambangi lokasi yang satu ini kala mengunjungi daerah Glodok. Selain dipenuhi dengan wisata kuliner legendaris, konsep semi outdoor nan instagrammable ala pecinan bisa membuat siapapun untuk mampir ke sini.

Baca Juga: 6 Spot Wisata Viral di Daerah Pantai Indah Kapuk 2

Kenalan dengan Petak Enam Lebih Jauh

Petak Enam
Petak Enam (source: Aneka Tempat Wisata)

Berada di tengah pusat pecinan Jakarta kawasan Glodok, Petak Enam ini terletak di Gedung Chandra yang penuh sejarah. Telah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu, gedung ini pada awalnya berfungsi sebagai pusat perbelanjaan serta parkiran kendaraan untuk pertokoan sekitar. Sampai pada akhirnya Oktober 2020 lalu, kondisi Gedung Chandra ini diperbarui menjadi pusat komunitas dan wisata kuliner seperti sekarang ini.

Lekat dengan nuansa pecinan kuno namun tetap instagrammable, konsep semi-outdoor yang diusung tentunya sangat pas kala situasi pandemi seperti ini dengan langit-langit tinggi nan sejuk. Banyak orang yang memilih untuk menghindari lokasi indoor dan mencari lokasi wisata yang memiliki sirkulasi udara lancar seperti Petak Enam ini. Siapa nih yang sudah punya rencana untuk berkunjung ke sini kala liburan Tahun Baru?

Petak Enam
Petak Enam (source: Manual Jakarta)

3 Lokasi Kuliner yang Wajib Dikunjungi

Dipenuhi dengan kurang lebih 30 tenant kuliner yang menjajakan setiap jenis makanan, satu hal yang perlu JULOvers persiapkan adalah dompet digital / e-wallet yang terisi penuh. Hampir setiap tenant kuliner di sini menerima pembayaran dengan dompet digital dan tentunya akan sangat merepotkan kalau JULOvers membawa cash yang cukup banyak di dalam dompet.

Walaupun sudah mendekati akhir tahun dan belum gajian, JULOvers bisa menggunakan JULO Kredit Digital untuk isi ulang dompet digital kamu. Dari Gopay, OVO, Dana sampai Shopeepay – semua bisa kamu isi sekarang dan bayar nanti tanpa ribet. Belum lagi dengan bunga rendah dari 0,1% per hari dan tenor fleksibel sampai 9 bulan pastinya bikin cicilan kamu jadi semakin mudah dan praktis.

Baca Juga: Paylater, Bisa Beli Sekarang Bayar Nanti Pakai Fitur JULO

Di antara banyaknya tenant kuliner yang tersedia di sini dengan pilihan makanan halal dan non-halal, berikut 3 lokasi kuliner yang wajib JULOvers kunjungi kala berkunjung ke sini:

1. Pieces of Peace Petak Enam

Petak Enam
Pieces of Peace Petak Enam (source: Manual Jakarta)

Mengaku penggemar teh otentik? Rasanya tidak lengkap kalau JULOvers belum mengunjungi kedai teh legendaris yang satu ini. Terletak di pojok lantai dua, Pieces of Peace menawarkan konsep Ruang Teh kepada para pengunjung – di mana pengunjung dapat memilih jenis teh dan mencoba menyeduhnya sendiri.

Tidak tanggung-tanggung, Pieces of Peace menyediakan kurang lebih 30 jenis daun teh yang berasal dari petani lokal Indonesia. Ada juga beberapa daun teh yang diimpor dari Jepang, Cina dan Taiwan. Para pengunjung juga dapat mencicipi teh terlebih dahulu sebelum mereka mulai memesan.

Buka dari pukul 10.00 – 19.30 WIB, JULOvers dapat mencicipi beragam aneka teh yang tersedia di sini dengan merogoh kocek Rp 50.000. Tentunya varian teh otentik di sini sangat sayang untuk dilewatkan seperti menu andalan mereka Eight Treasure Tea yang terbuat dari 6 buah, 1 teh dan 1 bunga.

Pieces of Peace Petak Enam (source: Manual Jakarta)

2. Kuotie Shantung & Cempedak Goreng Cik Lina

Petak Enam
Kuotie Shantung & Cempedak Goreng Cik Lina (source: Travel Diary Lenny Lim)

Jika kamu mengunjungi area Petak Enam, akan sangat sayang jika JULOvers sampai melewatkan kuliner Kuotie Shantung yang satu ini. Untuk JULOvers yang belum familiar, Kuotie merupakan salah satu jenis dimsum dari Cina yang berisikan aneka daging dan sayuran dengan bumbu yang cukup kuat.

Pada umumnya Kuotie memiliki isian campuran daging babi dan udang. Namun Kuotie Shantung di sini menggunakan campuran daging ayam dan udang sehingga tergolong halal dan dapat dikonsumsi oleh siapapun. Lengkap dengan saus cabai dengan bawang putih yang gurih, pastinya kuliner satu ini amat sayang untuk dilewatkan oleh para pencinta kuliner.

Tepat di sebelah tenant Kuotie Shantung, ada Cempedak Goreng Cik Lina yang tidak kalah memanjakan lidah. Manis legit renyahnya cempedak yang berbalur gula merah kental pastinya bisa menjadi penutup yang pas setelah kamu mencicipi hidangan Kuotie yang gurih. Konon katanya Cempedak Goreng Cik Lina ini sudah dikenal dari zaman Orde Baru lho.

Agar dapat mencicipi kedua hidangan legendaris ini, pastikan untuk datang ke Petak Enam lebih awal atau sebelum siang hari agak tidak kehabisan. Cukup membawa saldo e-wallet sebesar Rp 80.000, kamu sudah bisa langsung mencicipi kedua hidangan tersebut atau sekalian share dengan teman.

Baca Juga: Travelling Luar Kota, Ini Dia 5 Hotspot Kuliner di Bogor

3. Paviljoen

Paviljoen (source: Manual Jakarta)

Untuk JULOvers yang tidak terlalu suka udara panas dan lebih memilih nuansa nyaman indoor, kamu bisa mendatangi Paviljoen di Petak Enam. Dilengkapi dengan area tempat duduk yang luas dan nyaman, banyak makanan serta minuman best seller yang bisa dipesan di sini. Seperti Bihun Bebek legendaris khas Medan, aneka kopi serta kuliner khas betawi – semua bisa dipesan di sini tanpa kamu harus berkeliling panas-panas. Wah tertarik untuk mencoba, JULOvers?


Nah, itu dia pembahasan mengenai Petak Enam dan 3 tenant pilihan yang bisa kamu sambangi kala berkunjung ke sini. Selain kamu dapat menggunakan limit JULO Kredit Digital untuk isi ulang dompet digital, JULOvers juga dapat memanfaatkan fitur kredit lainnya – dari tarik dana, bayar tagihan listrik sampai e-commerce. Semua bisa dilakukan hanya dalam kemudahan satu aplikasi dengan limit kredit maksimal 15 juta rupiah. Praktis banget kan, JULOvers?

Makanya, yuk saatnya #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital dan barisan kuliner legendaris lainnya di Petak Enam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *