Ini Penyebab BLT Pemerintah Belum Cair!

Hera Oktavia/ Gaya Hidup, Keuangan & Bisnis/ 0 comments

Hi JULOvers! Baru-baru ini topik Bantuan Langsung Tunai (BLT) pemerintah sedang ramai sekali jadi perbincangan. BLT pemerintah adalah program bantuan pemerintah berjenis pemberian uang tunai atau beragam bantuan lainnya.

Source: Google

Sejak Covid-19 mewabah di Indonesia, masyarakat mengalami kesulitan dalam hal finansial. Sebagai contoh, siswa yang masih bersekolah, tidak diperkenankan untuk melakukan kegiatan belajar secara tatap muka.
Namun, tidak semua masyarakat merasa diuntungkan dengan berlakunya sistem belajar online seperti ini. Bagi siswa yang orangtuanya mampu memfasilitasi sang anak untuk belajar dari rumah, tentu hal tersebut tidak menjadi masalah. Sebaliknya, kegiatan belajar dari rumah/online ini menjadi beban bagi siswa yang orangtuanya tidak dapat memfasilitasi gadget dan kuota. Bahkan, untuk biaya sehari-hari saja susah untuk dipenuhi, terlebih lagi di masa pandemi seperti ini. Membeli gadget tentu menjadi suatu hal yang sulit. Sebagai solusinya, Pemerintah menyalurkan bantuan berupa kuota internet kepada seluruh siswa di Indonesia agar dapat melaksanakan kegiatan belajar secara online dari rumah.

Selain kuota internet untuk siswa agar dapat belajar dari rumah, pemerintah juga menyalurkan bantuan berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan. BLT pemerintah ini disalurkan untuk pekerja dengan gaji di bawah 5 juta. BLT Pemerintah merupakan salah satu program Pemulihan Ekonomi Nasional. Program ini diharapkan dapat menjaga daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Apa saja Bantuan Pemerintah yang Akan Cair? Yuk, Simak Selengkapnya di Sini!

Kabarnya, BLT pemerintah subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan untuk termin 1 sudah 97% dalam proses penyaluran ke pekerja dengan gaji di bawah 5 juta. Hadirnya BLT Pemerintah ini seperti angin segar bagi para pekerja. Namun permasalahannya, ternyata masih ada juga pekerja yang telah memenuhi syarat gaji di bawah 5 juta, belum menerima BLT pemerintah tersebut.

Mengapa BLT pemerintah termin 1 ada yang belum cair?
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menyampaikan bahwa ada 4 penyebab BLT pemerintah belum cair. Yuk, cari tahu penyebab-penyebab BLT pemerintah belum cair.

Berikut ini 4 penyebab BLT pemerintah belum cair:
1. Pekerja belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.
Untuk mendapatkan BLT pemerintah, kamu harus sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan

2. Perusahaan tempat bekerja belum mendaftarkan nomor rekening pekerja ke BPJS Ketenagakerjaan.
Nah bagi yang belum menerima BLT pemerintah ini, kamu bisa menanyakan ke bagian HRD yang khusus mengurus pendaftaran dan persyaratan untuk ikut program BLT pemerintah ini.

3. BLT pemerintah berupa gaji/upah diberikan secara bertahap.
Kalau BLT pemerintah kamu belum cair, jangan khawatir dulu. Bisa jadi nama kamu terdaftar untuk pencairan BLT pemerintah tahap selanjutnya.

4. Data dan rekening pekerja masih dalam proses verifikasi.
Seperti yang disampaikan oleh Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan, banyak sekali ditemukan data-data yang nggak valid dan nggak lolos verifikasi lho, JULOvers. Misalnya seperti rekening yang sudah tidak aktif.
Nah, jadi sebelumnya kamu harus pastikan dulu rekening yang terdaftar untuk menerima BLT pemerintah masih dalam keadaan aktif.

Untuk menghindari BLT pemerintah nggak cair, yuk simak syarat agar bisa dapat BLT pemerintah khususnya BLT subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan!

Ini dia syarat-syarat agar bisa dapat BLT pemerintah khususnya BLT subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan:
1. Pekerja telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.
2. Peserta membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp 5.000.000 sesuai upah yang dilaporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan.
3. Pekerja penerima upah.
4. Memiliki rekening yang aktif.

Source: Google

Itu dia alasan mengapa BLT pemerintah belum cair serta syarat agar kamu bisa mendapatkan BLT pemerintah khususnya BLT pemerintah subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan.

Kalau kamu belum berhasil mendapatkan atau belum berkesempatan mendapatkan BLT pemerintah ini namun kamu sedang memerlukan dana tambahan, kamu bisa coba mengajukan pinjaman di JULO dengan cara download aplikasi JULO di Google Playstore dan dapatkan cashback 3x lipat, ikuti juga undian-undian yang JULO adakan.

Baca juga: Begini Cara Mudah Pengajuan Pinjaman JULO!

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*