Pelajaran Penting Tentang Keuangan Sepanjang Tahun 2020!

Indira A/ Keuangan & Bisnis/ 0 comments

JULOvers, sepanjang tahun 2020 ini, banyak sekali hal yang telah terjadi dan kita alami. Dimulai dari mulai pandemi COVID-19 yang mewabah sejak bulan Maret 2020 lalu, banyak orang yang terpaksa harus terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), banyak orang yang harus kehilangan orang terdekatnya karena COVID-19, banyak orang yang terpaksa harus menutup bisnisnya, dan masih banyak lagi yang harus dilewati oleh semua orang di tahun 2020 ini. Memang tidak mudah dan berat, kita semua harus berjuang lebih keras lagi untuk bertahan hidup. Salah satunya adalah untuk mengelola keuangan lebih baik lagi dalam kondisi yang serba sulit dan tidak pasti ini.

Pelajaran Keuangan Terpenting Selama 2020 1 1200x628.png

Baca juga: Gaji Selalu Habis Setiap Akhir Bulan? Gunakan Metode Ini Dalam Mengelola Keuangan

Nah JULOvers, berikut adalah pelajaran penting keuangan yang bisa kita petik dari pandemi yang telah mewabah selama hampir satu tahun lamanya. Kita simak yuk, pelajaran penting keuangan apa saja yang bisa kita ambil!

Pelajaran Penting Keuangan: Pentingnya Menyiapkan Dana Darurat

Pelajaran Keuangan Terpenting Selama 2020 2 1200x628.png

Pelajaran penting keuangan pertama yang bisa kamu petik adalah tentang pentingnya menyiapkan dana darurat. Secara simpel, dana darurat merupakan uang yang tersedia dan dapat diambil sewaktu-waktu kita membuthkannya. Dana darurat umumnya menjadi solusi tepat untuk kebutuhan yang diluar dugaan dan membutuhkan penanggulangan segera. Misalnya, kecelakaan, bencana alam, pemutusan hubungan kerja yang menyebabkan kamu tidak memiliki penghasilan, dan sebagainya.

Pelajaran penting keuangan yang dapat kamu ambil adalah dana darurat dapat membantu kamu menghadapi situasi sulit dan serba tak pasti ini. Pastikan kamu mulai menyisihkan pendapatanmu tiap bulannya untuk dana darurat ya, JULOvers.

Baca juga: Begini Tips Mengelola Gaji Saat Pandemi COVID-19!

Pelajaran Penting Keuangan: Produktif dalam Berhutang

Pelajaran Keuangan Terpenting Selama 2020 3 1200x628.png

Pelajaran penting keuangan kedua selama pandemi 2020 ini adalah produktif dalam berhutang. Menurut data statistik OJK, hingga bulan November 2020 lalu, Akumulasi penyaluran pinjaman nasional telah meningkat sebanyak 96,19% dari tahun sebelumnya. Yang berarti, selama masa pandemi 2020 ini, banyak orang yang terdampak dari segi ekonomi sehingga membutuhkan tambahan dana untuk keperluannya dan menjadikan fintech lending, credit card, bank dan sebagainya sebagai solusi keuangan.

Nah, jika kamu memutuskan untuk memiliki hutang di masa pandemi ini, pastikan kamu berhutang sesuai kemampuan dan sesuai kebutuhanmu. Pelajaran penting keuangan yang perlu kamu ingat adalah dengan berhutang sesuai kemampuan dan kebutuhan, kamu tentu akan dapat melunasi hutang dengan lancar. Selain itu, sebisa mungkin jadikan juga hutangmu bisa produktif dan bermanfaat dikemudian hari, misalnya berhutang untuk memulai usaha.

Pelajaran Penting Keuangan: Menekan & Memprioritaskan Pengeluaran

Pelajaran Keuangan Terpenting Selama 2020 4 1200x628.png

Berikutnya adalah pelajaran penting keuangan tentang menekan dan memprioritaskan pengeluaranmu. Selama masa pandemi, jangan ragu untuk membuat prioritas pengeluaranmu ya, misalnya langsung membuat pos pengeluaran setelah gajimu turun, bayar hutang dan cicilan terlebih dahulu, kesampingkan dana hiburan seperti nonton bioskop, jalan-jalan dan sebagainya. Selagi masih bisa ditunda, tunda dulu ya JULOvers. Jangan lupa juga untuk menekan dan menahan diri untuk melakukan pengeluaran yang tidak penting. Bisa mulai dari hal simple seperti mengurangi jajan dan makan di luar, kamu bisa mengubahnya menjadi lebih sering masak dan membuat jajanan di rumah. Kamu bisa memanfaatkan berbagai resep yang ada di internet. Bahkan, kamu juga bisa membuka peluang usaha seperti frozen food lho, kalau rajin meng-eksplor resep-resep makanan.

Pelajaran Penting Keuangan: Perlunya Mencari Pendapatan Tambahan

Pelajaran Keuangan Terpenting Selama 2020 5 1200x628.png

Terakhir, pelajaran penting keuangan yang bisa kamu ambil sepanjang tahun 2020 ini adalah perlunya mencari pendapatan tambahan. Dalam kondisi yang serba tidak pasti ini, kamu harus bisa memutar otak untuk bertahan hidup. Kamu bisa memanfaatkan teknologi seperti internet untuk mencari pekerjaan tambahan seperti menjadi pekerja lepas atau memulai bisnis kecil-kecilan agar tidak hanya bergantung pada gaji saja.

Baca juga: Tetap Beroperasi, JULO Salurkan Pinjaman Produktif Nasabah di Masa Pandemi

Itu dia JULOvers, beberapa pelajaran penting keuangan yang bisa kamu praktikkan juga di tahun 2021 mendatang. Ingat, wabah COVID-19 belum berakhir, kita pun tidak tahu pasti kapan semua ini akan berakhir. Jadi, pastikan kamu bisa mengatur keuanganmu dengan baik dan benar ya. Jangan lupa juga untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan dimana pun dirimu berada. Jika kamu membutuhkan dana tambahan untuk kebutuhan darurat, kamu bisa lho mengajukan pinjaman hingga 8 juta rupiah dari JULO. Kamu hanya perlu download aplikasi JULO di sini dan JULO akan memproses pinjamanmu!

Semoga artikel kali ini bermanfaat untukmu ya. Stay safe and healthy!

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*