Mulai Bekerja dari Rumah? Simak Tips Work From Home Berikut Ini!

Indira A/ Gaya Hidup, Karir & Pendidikan/ 0 comments

JULOvers, sudah mulai bekerja dari rumah dan melakukan social distancing untuk memutus penularan COVID-19? Jika sudah, tentu tidak mudah ya untuk memindahkan pekerjaan yang umumnya dilakukan di kantor, terlebih lagi jika ini kali pertama kamu melakukan kerja dari rumah atau “Work From Home”. Akan tetapi, cara ini dianggap mampu mengurangi penyebaran COVID-19 karena meminimalisir interaksi antar satu orang dengan orang lainnya. 

Nah, bagi kamu yang baru pertama kali work from home, mungkin akan ada beberapa kesulitan yang akan kamu temui. Bisa dari produktivitas yang mungkin akan turun, banyak distraksi, atau koneksi yang tidak stabil. Belum lagi jika kamu tinggal di rumah bersama keluarga. Oleh karena itu, yuk JULO berikan tips agar kamu bisa lebih maksimal dalam menjalankan work from home!

  • Buat To Do List

Tips pertama work from home yang bisa kamu lakukan adalah membuat to-do-list atau catatan apa saja yang perlu kamu lakukan dalam satu hari. Dari mulai jam, hingga pekerjaan apa yang perlu kamu selesaikan. Jangan lupa masukkan deadline pekerjaan dan juga meeting yang harus kamu ikuti via online. Hal ini perlu kamu lakukan agar semua meeting dapat dihadiri dan seluruh pekerjaan dapat diselesaikan dengan tepat waktu!

  • Pilih Tempat Kerja yang Nyaman

Tips kedua work from home dari JULO adalah memilih tempat paling nyaman di rumah untuk bekerja. Entah di kamar, di ruang keluarga, atau di teras rumah? Pilih yang pastinya nyaman, koneksi lancar, dan jauh dari distraksi ya, JULOvers. Karena walaupun di rumah, kamu akan tetap bekerja sesuai dengan jam normal saat di kantor.

  • Pastikan Koneksi Internet Lancar

Tips work from home yang ketiga ini penting banget nih, JULOvers. Pastikan koneksi internet di rumahmu lancar ya, karena semua pekerjaanmu akan dilakukan secara online. Jangan sampai saat kamu perlu melakukan video call, jaringannya putus-putus dan menghambat pekerjaanmu yang lain. 

  • Berikan Pengertian ke Orang Rumah

Walaupun bekerja dari rumah, pastikan orang rumah mengerti dan paham keadaanmu ya, JULOvers. Berikan pengertian bahwa kamu perlu bekerja sesuai dengan jam normalmu di kantor, sehingga tidak akan ada distraksi yang menghambat pekerjaanmu di rumah. 

  • Komunikasi Itu Penting!

Tips work from home penting lainnya adalah jangan lupa untuk terus berkomunikasi dengan rekanmu di kantor. Walaupun sebatas video call atau voice call, pastikan semuanya tidak menjadi penghalang kalian untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan. Perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini tentunya mempermudah kita melakukan pekerjaan secara online, kok! Tetap produktif ya, JULOvers.

  • Jangan Lupa Istirahat

Work from home memang terkesan lebih santai, karena kita melakukan semua pekerjaan di rumah, di tempat paling nyaman, tanpa distraksi dan sebagainya. Walaupun seperti itu, kadang orang lupa bahwa tetap ada jam kerja dan jam istirahat meskipun sedang bekerja dari rumah. Agar tetap produktif, jangan lupa untuk makan dan istirahat sejenak ya agar energi bisa kembali penuh setelahnya. 

  • Siapkan Cemilan & Benda Pendukung 

Tips terakhir work from home dari JULO adalah dengan menyiapkan cemilan dan alat pendukung work from home agar lebih produktif. Siapkan cemilan kesukaanmu dan taruh di tempat yang dekat dengan jangkauanmu. Selain itu, bawa juga benda pendukung seperti bantal, beans bag, dan sebagainya yang dapat membuat kerjamu lebih nyaman. 

Itu dia JULOvers, beberapa tips work from home dari JULO yang mungkin bisa kamu implementasikan saat harus #DiRumahAja melakukan social distancing. Dengan work from home, kamu jadi lebih bisa meluangkan banyak waktu untuk keluarga karena tidak perlu menghabiskan waktu di jalan maupun waktu lembur. Sekali lagi JULO ingatkan, untuk mengurangi penyebaran COVID-19, jangan keluar rumah untuk alasan yang tidak penting ya, JULOvers! Yuk, sama sama kita bantu Pemerintah dan para tenaga medis yang telah berjuang memberikan yang terbaik untuk melawan virus ini. Kita doakan juga semoga keadaan segera membaik seperti sedia kala dan semua bisa berjalan normal kembali. 

Bekerja dari rumah maupun tidak, stay safe dan healthy ya, JULOvers!

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*