Kenal Lebih Dalam dengan Pegadaian Syariah

Indira A/ Keuangan & Bisnis/ 0 comments

Pegadaian adalah sebuah BUMN sektor keuangan Indonesia yang bergerak pada tiga lini bisnis perusahaan yaitu pembiayaan, emas dan aneka jasa. Hingga saat ini, pegadaian masih sangat populer dikalangan masyarakat. Pegadaian sendiri telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, sehingga mudah sekali untuk kita menemukan pegadaian di daerah tempat kita tinggal. Produk dan jasa dari pegadaian pun selalu banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Tidak heran jika hingga saat ini, pegadaian memiliki ratusan cabang di seluruh Indonesia karena banyaknya peminat yang terus mengalami perkembangan.

Namun, prinsip dari pegadaian seringkali dipertanyakan halal atau tidaknya oleh sebagian orang. Hal tersebut disebabkan karena prinsip pegadaian dianggap melenceng dari prinsip yang diajarkan oleh agama Islam. Bahkan, ada beberapa ulama yang menyatakan bahwa pegadaian itu haram. Oleh karena itu, untuk menjawab keresahan masyarakat, akhirnya pegadaian membuka pegadaian yang memiliki prinsip yang berbeda dari pegadaian konvensional pada umumnya, yaitu pegadaian syariah. Pegadaian syariah pada dasarnya berasal dari prinsip Islam yang bernama Rahn, berarti tetap atau lama. Prinsip Rahn ini menjadikan barang-barang berharga yang kita miliki menjadi punya nilai yang dapat dijadikan sebagai jaminan hutang-piutang.  

Secara keseluruhan, Pegadaian konvensional sebenarnya memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan pegadaian syariah. Yang membedakan keduanya adalah cara pembayarannya. Pegadaian konvensional memberikan bunga kepada para nasabah yang ingin membayarkan angsuran. Sedangkan, pembiayaan pegadaian syariah bersifat Ijaroh, dimana ada perjanjian akad kredit antar bank (mu’ajjir) dengan nasabah (muttajjir) untuk menyewa barang atau objek sewa dimana bank memperoleh imbalan jasa hingga objek sewa dibeli kembali oleh nasabah.

Produk Pegadaian Syariah

Pegadaian syariah memiliki beberapa produk yang dapat anda pilih, berikut diantaranya:

1.   Rahn

Pegadaian Syariah Rahn

Produk ini merupakan pinjaman dana dari pegadaian syariah yang dimulai  5 juta hingga 200 juta rupiah dengan menggunakan agunan/jaminan barang berharga seperti emas perhiasan, emas batangan, motor, mobil, laptop dan lain-lain. Tarif ijaroh yang ditawarkan adalah sebesar 5-7% pertahun dengan tenor pembayaran mulai 1-120 hari.

2.   Arrum Haji

Pegadaian Syariah Arrum Haji

Bagi seorang Muslim yang mampu, melaksanakan ibadah haji adalah hal yang wajib dilakukan. Akan tetapi, biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan ibadah haji tidaklah sedikit. Oleh karena itu, produk Arrum Haji dari pegadaian syariah ini hadir untuk memberikan solusi bagi Muslim yang ingin melaksanakan haji namun tidak memiliki cukup uang. Pembiayaan haji ini menggunakan sistem gadai emas.

3.   Arrum BPKB & Emas

Produk yang ketiga adalah Arrum BPKB. Produk ini ditujukan untuk para pengembang usaha mikro/usaha kecil yang ingin meminjam dana. Namun, pinjaman ini harus disertai dengan jaminan BPKB kendaraan atau emas yang anda miliki.

4.   Amanah

Pegadaian Syariah Amanah

Selanjutnya ada amanah. Produk ini ditujukan untuk kamu yang ingin membeli kendaraan. Untuk produk pinjaman ini, kamu perlu menyiapkan uang muka sebesar 20% untuk kendaraan bermotor, dan 25% untuk kendaraan bermobil. Tenor pinjaman mulai dari 12 hingga 60 bulan dan tersedia di cabang pegadaian seluruh Indonesia.

5.   Tabungan Emas

Tabungan emas merupakan layanan pembelian & penjualan emas dari pegadaian syariah dengan harga yang terjangkau. Tabungan emas dimulai dari 0,01 gr dan dapat dilakukan di seluruh cabang pegadaian di Indonesia. Jika kamu ingin memulai pendanaan namun uangmu terbatas, kamu dapat mencoba pendanaan tabungan emas. Mulai dari Rp. 5.000,- kamu sudah dapat membuka rekening tabungan emas.

6.   Mulia

Produk ini merupakan produk pendanaan dari pegadaian syariah yang ditawarkan dalam bentuk emas batangan. Investasi ini dapat dilakukan dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Kamu dapat melakukan pendanaan ini untuk masa depan seperti untuk membeli rumah, maupun dana pendidikan anak. Jika tertarik, kamu dapat membeli emas batangan ini dari mulai 1 gram, dengan pembayaran tunai maupun angsuran.

Pegadaian Syariah Mulia

7.   Multi Pembayaran Online

Yang terakhir adalah produk Multi Pembayaran Online dari pegadaian syariah. Produk ini melayani pembayaran tagihan seperti listrik, telepon, pembelian tiket kereta api, dan sebagainya. Kamu dapat melakukan pembayaran-pembayaran ini tanpa harus memiliki rekening dan dapat dilakukan di seluruh cabang pegadaian di Indonesia.

Nah, itu dia produk-produk yang ditawarkan oleh pegadaian syariah, JULOvers. Pegadaian syariah bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin meminjam uang, namun tetap ingin sesuai dengan prinsip yang diajarkan oleh Islam. Namun, jika kamu ingin meminjam dana secara mudah dan tanpa jaminan, kamu bisa mencoba untuk mengajukan pinjaman ke JULO! Hanya dengan install aplikasi JULO di Google Play Store, kamu dapat mengajukan pinjaman online hingga 8 juta rupiah dengan tenor pengembalian hingga 6 bulan lamanya, lho. Yuk, langsung meluncur ke Google Play Store, install JULO dan ajukan pinjamanmu sekarang. 😊

Baca juga: Ingin Pinjam Uang Untuk Kebutuhan Mendadak, Harus Kemana Ya?

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*