Mengenal Lebih dalam Tentang Social Distancing

Indira A/ Gaya Hidup/ 0 comments

Sejak awal tahun, virus COVID-19 mulai mewabah di dunia dan mulai menjangkit Indonesia. Awalnya, korban terjangkit positif COVID-19 di Indonesia berjumlah 2 orang, namun dalam beberapa waktu, korban positif corona berubah menjadi lebih dari 100 orang, bahkan hampir menyentuh angka 200 orang. Masyarakat yang awalnya masih beraktivitas di luar rumah seperti biasanya, kini harus lebih berhati-hati dan waspada.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) telah menghimbau masyarakat untuk bekerja, beribadah dan belajar dari rumah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi dan meminimalisir penyebaran virus COVID-19. Gerakan ini disebut dengan Social Distancing, JULOvers. 

Nah, untuk kamu yang masih asing dengan istilah social distancing, yuk kita pahami lebih dalam lagi melalui artikel kali ini!

Istilah Social Distancing

Social Distancing dapat dikatakan sebagai sebuah tindakan yang dilakukan untuk memperlambat atau menghentikan penyebaran sebuah virus. Seperti virus COVID-19 yang sedang mewabah ini. Dan secara simplenya, social distancing ini dilakukan dengan cara menghindari sebuah kerumunan manusia, menjaga jarak, hingga menghindari pertemuan massal. 

Untuk lebih jelasnya, sama-sama kita pahami implementasi dari social distancing itu sendiri ya!

Kerja, belajar & beribadah dari rumah

Salah satu implementasi yang dapat kamu lakukan saat social distancing adalah melakukan kegiatan bekerja, belajar dan beribadah dari rumah. Sebagai contoh, kamu adalah seorang karyawan swasta yang biasa bekerja dari pagi hingga malam hari. Selain itu, kamu adalah pengguna transportasi umum. Penyebaran virus COVID-19 sangatlah mudah dan cepat, sehingga kita sendiri mungkin tidak sadar bahwa orang disekitar kita “membawa” virus tersebut. Coba bayangkan jika kita tetap bekerja di gedung yang dipenuhi oleh ratusan bahkan ribuan orang dan juga secara tidak langsung melakukan kontak dengan orang-orang yang ada di transportasi umum disaat wabah virus seperti ini? 

Namun jika kantormu belum menetapkan kebijakan Work from Home (bekerja dari rumah), kamu tetap bisa waspada dengan melakukan tips-tips yang dapat mencegah penularan virus COVID-19. Semangat ya!

Meminimalisir Sentuhan & Berdekatan dengan Orang Lain

Implementasi social distancing kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminimalisir sentuhan dan berdekatan dengan orang lain. Jaga jarak, ya! Sama seperti poin pertama, kita tidak pernah tahu siapa yang “membawa” virus COVID-19 di dalam tubuhnya. Agar tidak terjadi penularan atau penyebaran virus COVID-19 yang lebih luas lagi, hindari dulu kontak fisik langsung dengan orang yang kalian temui ya, JULOvers!

Hindari Kerumunan Orang

Acara-acara seperti konser, car free day, ataupun acara yang mengundang banyak kerumunan telah banyak dibatalkan dan diundur, JULOvers. Hal ini tentu dilakukan untuk memutus penyebaran dan penularan COVID-19. Jadi, tahan dulu ya nonton konser atau CFDnya sampai keadaannya normal kembali!

Hindari ruangan lembab & berjemur di bawah sinar matahari

Menurut beberapa pakar, virus tidak akan tahan berada di bawah paparan sinar matahari. Jadi, saat melakukan tindakan social distancing dan bekerja dari rumah, usahakan untuk berjemur beberapa waktu di bawah sinar matahari ya, JULOvers! Ingat, hindari kerumunan. Cukup berjemur di area rumah saja. 

Tunda Acara Massal

Cara terakhir social distancing yang dapat kamu lakukan adalah dengan menunda acara massal seperti reuni, arisan, kajian, buka bersama dan sebagainya. Karena di acara massal tersebut kamu tentu akan bertemu dan masuk dalam kerumunan orang banyak. Jadi lebih baik ditunda dulu, ya. 

Sudah paham dengan implementasi social distancing kan, JULOvers? Jadi, tindakan social distancing ini memang diharapkan mampu memperlambat atau bahkan mencegah penyebaran virus, terutama COVID-19 ini. Jadi, sebisa mungkin dengarkan saran dari pemerintah untuk tetap melakukan social distancing selama kurang lebih 14 hari ya. Manfaatkan juga tindakan ini dengan sebaik-baiknya, jangan sampai diberi kesempatan untuk Work from Home tapi malah digunakan untuk liburan ya! Ingat, ketika berlibur, kamu akan bertemu dan berinteraksi dengan kerumunan orang banyak. Nggak mau kan, tindakan social distancingnya jadi sia-sia? Yuk bersama-sama kita bantu Pemerintah dan tenaga medis untuk memperlambat dan mencegah penyebaran COVID-19. Selain itu, tindakan ini juga sangat membantu kesehatan diri kita dan orang lain, lho. Stay health & stay safe, JULOvers 🙂

Siapkan dana darurat untuk kesehatanmu dengan pinjaman bunga 0% dari JULO! Yuk ajukan pinjaman hingga 15 juta rupiah dari JULO dengan menggunakan kode referral: COBAINJULO untuk menikmati bunga 0% pada cicilan bulan pertama. Klik di sini ya, JULOvers 😉

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*