Cara Terbaik Mengelola THR Kamu!

Aisyah Moulyni/ Keuangan & Bisnis/ 0 comments

THR (Tunjangan Hari Raya) menjadi hal yang paling dinanti menjelang lebaran hari raya, bagi Anda, JULOVERS, pasti saat ini sudah tidak sabar menanti kedatangan THR atau Tunjangan Hari Raya. Karena THR bagaikan harapan bagi Anda yang saat ini mungkin membutuhkan tambahan uang untuk membagikan ke sanak saudara kalian di kampung halaman kalian.

Apakah Anda mengalami hal yang sama? Jika ya, tentu ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan cermati pula tentang bagaimana Anda seharusnya mengelola THR Anda. Agar uang THR Anda tidak berlalu begitu saja dan bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin

Pengelolaan dana THR intinya tetap sama berapapun uang THR yang Anda terima. Tentu hal ini penting untuk disyukuri dan dikelola dengan baik. Apalagi di masa pandemi seperti ini, Anda harus lebih cermat mengatur keuangan Anda salah satunya adalah insentif atau bonus seperti THR ini. 

Tips Mengelola Dana THR dengan Bijak

  1. Bayar zakat
THR

Membayar zakat fitrah selama idul fitri adalah wajib hukumnya bagi seluruh umat islam di dunia. Besar zakat fitrah pun dibayar sebesar 2,5 kg beras. Setelah memenuhi zakat fitrah yang diwajibkan bagi seluruh umat muslim, maka Anda juga bisa menyisihkan THR Anda untuk membayar zakat mal.

Zakat mal disini adalah uang yang harus Anda keluarkan ketika Anda mendapatkan pendapatan. Anda wajib menyisihkan seminimal-minimalnya 2.5% dari total pendapatan Anda. Hal ini menjadi penting untuk dilakukan karena sebuah kewajiban, sehingga penting bagi Anda untuk menggunakan dana THR untuk pengeluaran wajib terlebih dahulu.

  1. Bayar  Segala Bentuk Tagihan
THR

Ini adalah hukum awal dari segala penghasilan dan tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut juga terjadi pada THR. Anda harus pastikan bahwa Anda sudah mencatat segala cicilan dan kredit seperti kredit digital, pay later , atau segala bentuk tagihan atau cicilan lainnya untuk segera dibayar. 

Anggaplah uang THR Anda sebagai alat yang membantu Anda dalam mempermudah pembayaran cicilan serta semua tagihan Anda. Jika semua tagihan dan cicilan sudah dipenuhi, maka lebaran pun bisa dinanti dengan perasaan tenang dan tidak was-was karena tagihan dan cicilan yang belum dilunasi. Hal ini juga menjadi bentuk preventif agar Anda tidak kebobolan setelah lebaran berlangsung.

  1. Alokasi Dana Darurat
THR

Tidak akan ada yang tau kehidupan dan keadaan keuangan Anda di depan, mungkin saja hari ini Anda menerima dana THR yang relatif besar. Namun, Anda tidak dapat memprediksi kondisi keuangan dan penghasilan Anda di masa depan.

Oleh karena itu, selalu pastikan Anda mempunyai dana darurat yang setara dengan 10x pengeluaran perbulan Anda. Misalkan pengeluaran perbulan Anda adalah Rp3.500.000,- maka Anda harus pastikan bahwa Anda memegang Rp35.000.000,-. Jika saat ini Anda hanya memiliki Rp30.000.000,- maka sisihkan Rp5.000.000,- sebagai tambahan untuk di dana darurat. Atau seminimal-minimalnya 5-10% dari total THR Anda.

  1. Kebutuhan Lebaran
THR

Ini mungkin salah satu bagian yang Anda tunggu-tunggu, kebutuhan lebaran. Kebutuhan lebaran setiap orang berbeda-beda tentunya tergantung kebutuhannya masing-masing. Ada yang untuk dibelikan baju lebaran, berbagi angpao untuk keponakan, anak, dan orangtua, atau bahkan untuk pergi mudik dengan membawa perbekalan untuk orang di kampung halaman.

Tapi Anda harus memberi limit dan coba mengalokasi dana tersebut untuk kebutuhan lebaran itu sendiri. Jangan sampai Anda terbuai oleh segala yang Anda inginkan dengan uang THR lalu mulai membeli segala keperluan. Coba alokasikan minimal 10% atau maksimal 40% dari THR yang Anda dapatkan.

  1. Mengontrol Diri
THR

Dan poin terakhir ini adalah poin yang paling penting namun sering sekali dilewatkan oleh Anda semua atau bahkan dianggap sebagai hal yang sepele. Umumnya naluri manusia ketika mendapat uang lebih dari biasanya mereka akan mencoba untuk membelanjakan semaksimal mungkin. Namun coba untuk mengontrol diri Anda agar dapat menahan hasrat untuk menghabiskan semua dana THR yang dimiliki. Dan jika ada keperluan yang mendesak Anda mungkin bisa mengajukan pinjaman atau kredit digital tanpa agunan. Hal ini menjadi perlu untuk dilakukan agar beban keuangan Anda tidak terlalu berat dan bisa dicicil di setiap bulannya.

Kredit Digital JULO adalah kredit digital tanpa agunan dimana Anda bisa memenuhi segala keperluan Anda yang Anda inginkan untuk keperluan hari raya. Anda dapat mengunduh aplikasi JULO melalui link ini dan dapatkan penawaran bunga yang relatif rendah dibanding yang lain hanya sebesar 0.1% per hari serta dapatkan kemudahan beragam layanan transaksi lainnya seperti untuk pembayaran listrik, BPJS, pembelian pulsa, transfer dana, dan isi ulang dompet digital Anda. Jadi pastikan Anda mengelola uang THR Anda dengan benar ya!

Cara Mengelola THR Anda!

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*