Manfaatkan Media Sosial Instagram Untuk Memasarkan Usahamu dengan Cara Berikut Ini!

Indira A/ Keuangan & Bisnis/ 2 comments

Hai, JULOvers! Apakah kamu sedang menjalankan bisnis atau baru saja ingin memulai bisnis online kecil-kecilan? Nah, artikel ini tepat sekali untuk kamu yang membutuhkan tips untuk memasarkan produk maupun jasa yang kamu tawarkan melalui media sosial, terutama Instagram. Saat ini, Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling populer dan aktif digunakan oleh orang di Indonesia. Kita bisa melihatnya dari data dari website wearesocial per Januari 2019 lalu.

Seperti yang dapat kita lihat, Instagram menempati urutan ke 4 salah satu media sosial paling aktif digunakan di Indonesia setelah Youtube, WhatsApp dan juga Facebook. Saat ini pula, rasanya sangat umum dan wajar jika sebuah online shop atau sebuah brand menggunakan media sosial untuk berbagi informasi terbaru serta mempromosikan produk atau jasa mereka. Tapi, bagaimanakah strategi Instagram marketing yang tepat untuk memasarkan produk yang kalian miliki? Yuk, simak tips dari JULO berikut ini!

1.   Strategi Instagram Marketing: Memaksimalkan Fitur yang Ada

Strategi Instagram marketing pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan cara memaksimalkan fitur yang ada pada media sosial Instagram. Agar lebih mudah, JULO akan memberikan contoh yang bisa langsung kamu praktekan ya, JULOvers.

  • Posting foto/video produk di feeds Instagram
  • Posting foto/video produk/promosi di Instagram Story
  • Gunakan sticker, GIF, dan fitur-fitur menarik lainnya
  • Manfaatkan bio Instagram sebaik-baiknya. Buat bio secara singkat, padat, jelas dan informatif. Taruh link yang mengarah kepada website atau e-commerce dimana calon pelanggan bisa langsung membeli produkmu melalui link tersebut
  • Manfaatkan fitur IGTV (Instagram TV) untuk memposting video yang lebih panjang
  • Lakukan Instagram LIVE di jam-jam prime time (jam 6 sore, jam 12 siang). Kamu bisa melakukan hal-hal yang berhubungan dengan produkmu, misalnya mereview salah satu produk/jasamu
  • Manfaatkan fitur Question & Answer yang terdapat pada Instagram Story
  • Gunakan highlight Instagram Story agar calon konsumen yang tidak sempat melihat Instagram Storymu, tetap bisa melihatnya melalui highlight

Itu dia beberapa strategi Instagram marketing yang dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan dan memaksimalkan fitur Instagram. Selebihnya, kamu bisa mengexplore dan berkreasi lagi ya!

2.   Strategi Instagram Marketing: Buat Konten Menarik!

Pengguna media sosial tentu sangat tertarik dengan konten visual. Oleh  karena itu, usahakan untuk selalu membuat konten yang bisa menarik pelanggan untuk membeli produk atau menggunakan jasa milikmu. Sebagai contoh, jika kamu menjual produk baju, ambilah foto yang bagus, rapi dan diedit dengan konten yang apik untuk mempromosikan baju tersebut.

Yang perlu diingat, tujuan utama kamu memang untuk menarik calon konsumen dengan mempromosikan produk/jasamu. Namun, jangan sampai kamu over-promote, atau terlalu banyak mempromosikan produk dengan kontenmu sehingga membuat followers Instagram kamu bosan dengan kontenmu. Jadi, strategi Instagram marketing yang tepat untuk poin ini adalah dengan juga membuat konten yang interaktif selain dari konten promosi ya!

3.   Strategi Instagram Marketing: Ikuti Perkembangan Tren

Poin ketiga strategi Instagram marketing yang dapat kamu lakukan adalah mengikuti perkembangan tren di media sosial JULOvers. Sebagai contoh, sedang ada berita atau informasi yang viral, kamu bisa membahas atau membuat konten serupa yang bisa dikaitkan dengan produk/jasamu. Tujuannya, tentu untuk mendapatkan awareness (kesadaran) atau engagement (likes, comments, share) yang lebih terhadap produk maupun jasamu.

4.   Strategi Instagram Marketing: Menggunakan Instagram Ads

Selanjutnya, jika kamu memiliki budget lebih, kamu bisa memanfaatkan strategi Instagram marketing yang satu ini JULOvers. Yaitu dengan cara menggunakan fitur Instagram Ads, atau iklan Instagram. Kamu bisa mulai mengiklankan produkmu dengan budget yang kecil dahulu. Jika hasilnya bagus, kamu bisa mulai menambah budgetnya secara perlahan.

5.   Strategi Instagram Marketing: Gunakan Jasa Influencer

Seperti yang kita ketahui, saat ini Social Media Influencer sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Social Media Influencer merupakan seseorang yang memiliki banyak followers di media sosial miliknya dan memiliki pengaruh terhadap para pengikutnya. Social Media Influencer ini juga bisa merupakan seorang artis, blogger, youtuber dan sebagainya.

Nah, sebagai seseorang yang memiliki pengaruh di media sosial, para influencer ini memanfaatkan jasa mereka untuk bekerja sama dengan banyak brand atau online shop untuk mempromosikan barang yang dijual. Hal ini lumrah dan banyak sekali dilakukan oleh brand atau online shop beberapa tahun belakangan ini. Jika kamu punya budget yang cukup besar, kamu bisa menggunakan strategi Instagram marketing yang satu ini ya, JULOvers!

6.   Strategi Instagram Marketing: Giveaway!

Strategi Instagram Marketing lainnya yang dapat kamu lakukan untuk mempromosikan barang atau jasamu adalah dengan cara Giveaway! Bagaimana mekanisme Giveaway ini? Biasanya, para brand atau online shop akan membagikan produk mereka secara cuma-cuma untuk beberapa orang yang beruntung. Atau, jika brand tersebut menawarkan jasa, brand tersebut bisa memberikan Giveaway berupa voucher kepada para pemenang. Lalu, apa manfaat bagi brand atau online shop yang melakukan Giveaway ini? Brand atau online shop ini biasanya menentukan beberapa aturan yang harus dilakukan oleh peserta yang ingin berpartisipasi. Misalnya, harus memfollow media sosial brand, like dan comment postingan brand, atau bantu mempromosikannya dengan posting foto di feeds atau Instagram story mereka. Brand maupun online shop tentu mendapatkan manfaat berupa followers, engagement dan juga promosi dari para peserta.

Memulai bisnis, kecil atau pun besar tentu tidaklah mudah. Terlebih lagi jika kamu memulai bisnis dari 0. Kamu perlu membangun awareness (kesadaran) terlebih dahulu kepada para calon konsumen produk atau jasamu. Kamu harus rajin mempromosikan, memberi informasi, dan juga melakukan strategi marketing melalui media sosial lainnya. Jika tidak, siapa yang bisa tahu produk maupun jasa yang kamu tawarkan? Semoga artikel strategi Instagram marketing ini dapat membantu kamu yang sedang menjalankan sebuah bisnis atau baru memiliki rencana untuk membuka usaha ya, JULOvers!

Share this Post

2 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*