Liburan Asyik dan Hemat Tanpa Takut Bokek, Gimana Caranya?

Oktaviani S/ Gaya Hidup/ 0 comments

Liburan akhir tahun tinggal sebentar lagi. Liburan akhir tahun biasanya dimanfaatkan orang-orang untuk pulang kampung, berkumpul dengan keluarga besar, dan mengunjungi tempat wisata bersama keluarga, rekan, teman dekat, ataupun seorang diri. Tidak jarang pengeluaran di liburan akhir tahun lebih dari pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, ada cara yang bisa Anda lakukan agar liburan akhir tahun Anda asyik namun tetap hemat. Bagaimana caranya? Simak uraian berikut ini.

Tips Liburan Asyik Tanpa Takut Bokek

1. Sisihkan 5% dari gaji bulanan untuk liburan

Hal yang paling penting adalah Anda harus rajin mengalokasikan 5% dari gaji bulanan untuk liburan. Tujuannya adalah agar Anda sudah memiliki budget untuk berlibur, sehingga tidak menguras tabungan utama Anda.

2. Rencanakan waktu liburan dan beli tiket jauh-jauh hari

Selain menyiapkan budget, Anda juga harus mengatur jadwal liburan dari jauh-jauh hari, sehingga persiapannya lebih matang. Mengatur jadwal liburan membantu Anda menyesuaikan jumlah gaji yang akan dialokasikan untuk liburan, lebih bersemangat menyelesaikan pekerjaan di tempat kerja, mempersiapkan barang-barang yang kira-kira akan dibutuhkan, dan membeli tiket dan memesan akomodasi dengan harga terbaik.

3. Update promo

Salah satu manfaat lain dari mengatur jadwal liburan adalah Anda dapat mencari promo yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan penyedia tiket dan akomodasi wisata. Ini tidak wajib dilakukan, namun akan sangat menguntungkan jika Anda update tentang promo atau penawaran lainnya yang ditawarkan. Kalau bisa liburan gratis kenapa tidak?

4. Liburan bersama teman-teman

Cobalah untuk mengajak orang terdekat, seperti teman-teman atau keluarga untuk berlibur bersama. Berlibur bersama orang terdekat selain menyenangkan juga dapat menghemat biaya liburan Anda. Misalnya, penginapan yang seharusnya Anda bayar sendiri dapat ditanggung oleh 2-3 orang. Lebih hemat kan?

5. Kunjungi tempat wisata yang berdekatan

Ketika Anda memutuskan untuk berlibur ke suatu wilayah, sebaiknya Anda mencari daerah wisata yang berdekatan dengan daerah yang Anda kunjungi. Misalnya, Anda memutuskan akhir tahun ini akan berlibur ke Yogyakarta, Anda bisa mulai mencari tahu daerah wisata yang ada disana dan yang berdekatan dengan daerah wisata tersebut. Hal ini akan memungkinkan Anda mengunjungi banyak tempat dan menghemat waktu Anda.

Baca juga: Biaya Tak Terduga Saat Liburan, Sudahkah Anda Tahu?

6. Manfaatkan transportasi umum/sewa alat transportasi

Apabila Anda berkunjung ke suatu daerah dengan fasilitas transportasi umum yang nyaman, ada baiknya Anda memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mengunjungi daerah yang ingin Anda kunjungi. Namun, apabila Anda berlibur bersama seorang teman ada baiknya menyewa sepeda motor atau apabila Anda berlibur bersama  3-4 orang ada baiknya untuk menyewa mobil. Anda juga dapat memanfaatkan transportasi online apabila tersedia di daerah tersebut, dengan demikian Anda dapat mengunjungi lebih banyak tempat, lebih nyaman, dan lebih hemat.

7. Cari tempat makan yang banyak direkomendasikan

Kuliner atau menyicipi makanan khas adalah salah satu hal yang wajib dilakukan. Ada baiknya sebelum berlibur, Anda mengecek tempat makan yang banyak direkomendasikan. Liburan ke suatu wilayah belum sah jika tidak berwisata kuliner. Misalnya, Anda berlibur ke Palembang namun tidak mencicipi pempek Palembang, sayang sekali bukan?

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar liburan Anda asyik namun tetap hemat. Ke-7 hal diatas akan membantu untuk menghindari momen kehabisan uang setelah liburan akhir tahun. Namun, jika saat ini tabungan liburan Anda masih kurang, Anda dapat mengajukan dana tambahannya dengan pinjaman online, salah satunya seperti pinjaman JULO yang menawarkan pinjaman dengan limit hingga 8 juta rupiah.

Baca juga: 5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Bandung Saat Liburan Akhir Tahun

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*