Kredit Cepat, Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Mengajukan!

Kredit cepat – Di tengah zaman yang semakin cepat, kecepatan mulai dinilai sebagai suatu kualitas yang perlu dimiliki suatu barang atau layanan. Semakin banyak jenis barang dan layanan yang berlomba-lomba untuk menjual kecepatan – dari layanan pesan antar, ojek sampai kredit digital serba cepat.

Perlahan, eksistensi kartu kredit konvensional pun mulai berjalan berdampingan dengan kredit cepat digital – seperti JULO Kredit Digital. Dengan limit maksimal 15 juta, JULOvers dapat menggunakan aplikasi JULO untuk berbagai ragam fungsi pembayaran – dari bayar e-commerce, bayar tagihan listrik sampai isi ulang dompet digital. Ditambah lagi dengan tenor yang fleksibel sampai 9 bulan membuat layanan kredit digital seperti JULO semakin dilirik oleh banyak orang.

Baca Juga: Kartu Kredit Konvensional vs. Digital. Pilih yang Mana?

Kredit Cepat

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan sebelum Pakai Kredit Cepat

Melihat layanan kredit digital dengan ragam kelebihan yang dimiliki, tetap ada beberapa hal yang harus JULOvers ketahui – terutama untuk kamu yang baru pertama kali hendak menggunakan kredit digital. Ini dia 5 hal yang wajib kamu ketahui sebelumnya:

1. Gunakan Aplikasi Kredit Cepat Digital yang Terpercaya

Kredit Cepat (source: Pexels)

Mungkin seperti yang JULOvers ketahui, ada ratusan penyedia layanan kredit digital yang tersedia di App Store dan bisa kamu download. Namun, sangat penting bagi JULOvers untuk mencari penyedia layanan kredit yang terpercaya. Apa yang dimaksud dengan layanan kredit terpercaya?

Layanan kredit terpercaya bukan berarti semata-mata dilihat dari banyaknya pengguna. Selain jumlah download, akan lebih penting lagi untuk JULOvers untuk mengecek legalitas penyedia layanan yang terdaftar serta berizin OJK. Per 25 Oktober kemarin, tercatat hanya ada 104 penyedia layanan – termasuk JULO Kredit Digital – yang terdaftar serta berizin OJK dari ratusan layanan pinjaman online serta kredit di Indonesia.

Baca Juga: Resmi Naik Kelas, Fintech Lokal JULO Kini Kantongi Izin OJK

Sangat penting untuk memilih layanan yang terdaftar serta berizin OJK karena adanya naungan badan hukum yang jelas. Dengan demikian, badan tersebut tidak akan menjalankan praktik menyimpang seperti bunga mencekik dan teror penagihan yang tidak manusiawi. Jangan sampai usaha kamu untuk meningkatkan kualitas hidup malah jadi berakhir buntung di tangan para penyedia layanan ilegal.

2. Ketahui Batasan Data smartphone yang Diakses

Kredit Cepat
Kredit Cepat (source: Pexels)

Akhirnya kamu sudah menentukan pakai JULO Kredit Digital tapi ternyata diminta akses camera, microphone serta location? Jangan keburu takut dan uninstall ya JULOvers karena OJK sudah menentukan bahwa penyedia layanan legal hanya dapat mengakses CAMILAN (Camera, Microphone & Location) dari smartphone nasabah. Data CAMILAN tersebut juga perlu dirahasiakan dan hanya digunakan untuk verifikasi nasabah, credit scoring, mitigasi risiko dan komunikasi.

Hal yang patut diwaspadai adalah ketika aplikasi pinjaman online atau kredit cepat meminta akses di luar CAMILAN – seperti kontak, galeri foto atau video. Jika JULOvers mendapat permintaan akses seperti itu, kamu bisa langsung uninstall aplikasi tersebut dan cek legalitas yang dimiliki layanan tersebut. Kamu juga bisa melaporkan layanan tersebut ke OJK untuk ditindak lanjuti.

3. Hitung Rasio Cicilan dengan Pendapatan

Kredit Cepat (source: Pexels)

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhitungkan adalah rasio cicilan dengan pendapatan yang kamu miliki. Hal yang penting untuk diingat adalah kredit digital bukanlah uang tambahan secara cuma-cuma namun semata-mata hanyalah alat bantu untuk mengatur keuangan dengan lebih baik. Sehingga, jangan sampai cicilan yang kamu miliki memberatkan atau bahkan melebihi pendapatan bulanan kamu.

Untuk rumus sederhana yang digunakan banyak orang, pastikan agar cicilan kamu tidak melebihi 30% dari pendapatan bulanan kamu. Sebagai contoh, jika gajimu Rp 1.000.000 per bulannya maka cicilan bulanan kamu jangan sampai melebihi Rp 300.000 . Dengan demikian, kamu bisa mengalokasikan sisa pendapatan ke kebutuhan sehari-hari dan juga tabungan untuk masa depan.

Baca Juga: JULO Kredit Digital, Simak 4 Kelebihan Mengajukan di Sini!

4. Isi Data Pengajuan dengan Lengkap dan Akurat

kredit cepat
Kredit Cepat (source: Pexels)

Pemberitaan masif mengenai pinjaman online dan kredit digital belakangan ini membuat banyak orang menjadi skeptis belakangan ini dengan keamanan data. Sehingga pada akhirnya, banyak nasabah yang malah mengisi data secara asal dan membuat pengajuan kredit menjadi terkendala. Hal ini justru yang sebenarnya menjadi kekeliruan banyak orang.

Sebenarnya, sangat penting bagi JULOvers untuk mengisi data pribadi dengan lengkap agar pengajuan disetujui. Itulah sebabnya akan lebih bijak jika JULOvers menggunakan aplikasi kredit digital cepat yang terdaftar serta berizin OJK – seperti JULO Kredit Digital dengan sertifikasi keamanan Information Security Management System berbasis ISO 27001:2013. Dengan demikian, keamanan data kamu tetap terjamin dan tidak akan disalahgunakan.

5. Ketahui Ada Beberapa Biaya Tambahan

kredit cepat
Kredit Cepat (source: Pexels)

Sebelum JULOvers mengajukan limit kredit digital, perlu diingat bahwa akan ada pengenaan biaya tambahan di luar bunga untuk beberapa kasus. Selain biaya bunga, beberapa layanan dapat mengenakan biaya tambahan seperti admin atau provisi dan biasanya dijelaskan di dalam keterangan FAQ atau terms & condition sebelum pengajuan.

Sangat penting juga bagi JULOvers untuk selalu bayar tepat waktu dan tidak terlambat untuk menghindari biaya keterlambatan. Hal ini perlu diketahui sebelum mengajukan kredit digital cepat karena seluruh penyedia layanan akan mengenakan biaya denda untuk setiap keterlambatan pembayaran – layaknya kartu kredit konvensional.

Baca Juga: Kredit Online, Yuk Kenal JULO Kredit Digital Lebih Jauh!


Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mulai mengajukan kredit cepat – seperti JULO Kredit Digital. Dengan bunga rendah dari 0,1% per harinya, JULOvers tetap dapat menggunakan sisa limit kredit tanpa harus melakukan pelunasan terlebih dahulu. Sehingga JULO Kredit Digital sangat cocok digunakan untuk keperluan produktif seperti modal usaha dan biaya pendidikan.

Yuk saatnya #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital dan deretan layanan kredit cepat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *