Ketahui Hal-Hal Berikut Ini Sebelum Membuat Kartu Kredit

Indira A/ Keuangan & Bisnis/ 0 comments

Kartu kredit merupakan alat bantu pembayaran yang dapat dikatakan lazim karena banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya sekedar lazim, kartu kredit saat ini juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar masyarakat. Keuntungan dan kemudahan yang menggiurkan, membuat orang tertarik untuk membuat dan menggunakan kartu kredit sebagai alat bantu pembayaran guna memenuhi kebutuhan serta keinginan hidupnya.

Proses yang ditawarkan saat ingin membuat kartu kredit juga tergolong mudah.  Kamu cukup mendatangi bank yang kamu tuju, bawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan dan lakukan pengisian data yang diminta. Cara mudah lainnya adalah ketika kamu mendatangi suatu pusat perbelanjaan dan menemukan pihak bank yang menawarkan pembuatan kartu kredit, jangan ragu untuk mengajukan pembuatan kartu kredit. Tidak mengejutkan bahwa fakta tiap waktunya pengguna kartu kredit di Indonesia terus meningkat dan bertambah. Akan tetapi, sebelum mengajukan pembuatan kartu kredit, ada baiknya kamu memahami lebih jauh kelebihan dan kekurangan kartu kredit sebagai pertimbangan, ya.

kartu-kredit

Yuk, simak kekurangan dan kelebihan kartu kredit berikut ini!

Kelebihan Kartu Kredit

1.       Proses Pembuatan Mudah

Seperti halnya pembahasan diatas, pembuatan kartu kredit memang sangat mudah. Bermodalkan KTP, NPWP, serta data pribadi lainnya, kamu sudah bisa mendapatkan kartu kredit dalam beberapa hari. Banyak orang juga yang tergiur dengan penawaran dari pihak bank yang sering menawarkan pembuatan kartu kredit di pusat-pusat perbelanjaan. Kalau sudah begitu, susah dong menolaknya?

2.       Banyak Promo Menarik

Pihak bank yang menawarkan kartu kredit biasanya menarik nasabah dengan cara memberikan banyak promo-promo menarik. Tidak hanya promo, banyak diskon belanja, reward, poin, hingga cashback yang diberikan bagi para nasabah. Faktanya, masyarakat Indonesia sangat menyukai hal-hal tersebut, sehingga banyak pula yang tertarik untuk membuat kartu kredit karena tergiur dengan promo dan diskon yang terus digencarkan.

kartu-kredit

3.       Memudahkan Transaksi di Luar Negeri

Jika kamu merupakan seseorang yang suka travelling, terutama ke luar negeri, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk membuat kartu kredit. Dengan adanya kartu kredit saat kamu berada di luar negeri, segala transaksi yang ingin kamu lakukan di luar negeri akan terasa lebih mudah, aman dan efisien dibandingkan harus membayar menggunakan uang cash untuk meminimalisir kemungkinan buruk terjadi. Uang cash lebih berbahaya dan riskan ketika harus dibawa-bawa travelling, terutama dalam jumlah banyak. Karena tentu kita tidak tahu pasti bagaimana situasi keamanan di negeri yang kamu tuju untuk travelling.

4.       Belanja sekarang, Bayar Belakangan

Salah satu poin yang paling membuat banyak orang tertarik untuk membuat kartu kredit adalah poin ini. Para pemilik kartu kredit dapat berbelanja dengan mudah dengan batas maksimal limit yang telah ditentukan, dan membayar tagihannya di bulan berikutnya. Terdengar menarik bukan? Apalagi, limit maksimal kartu kredit umumnya cukup tinggi, sehingga kamu dapat menggunakan kartu kredit untuk berbelanja berbagai hal karena banyaknya pilihan merchant yang telah menyediakan metode pembayaran kartu kredit.

5.       Membantu Kebutuhan Darurat

Ketika kamu kehabisan uang dan membutuhkan dana untuk membayar tagihan dalam keadaan tertentu maupun keadaan darurat, kartu kredit bisa menjadi solusi yang paling mudah dan instan. Tidak perlu khawatir dan panik ketika kamu perlu menservice kendaraan esok hari, atau harus membeli keperluan rumah dadakan ketika tidak punya uang, gunakan kartu kredit dan bayar di bulan berikutnya.  

Namun, walaupun terdengar menarik dan menguntungkan, sebelum meyakini diri untuk mengajukan pembuatan kartu kredit, kamu juga perlu memperhatikan beberapa poin kekurangannya. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari.  

kartu-kredit

Baca juga: Pinjaman Sering Ditolak? Begini Cara Tingkatkan Skor Kredit!

Kekurangan Kartu Kredit

1.       Menggunakan Bunga

Tiap transaksi yang menggunakan kartu kredit selalu disertai dengan bunga yang cukup besar. Jadi, tiap barang yang anda beli, harganya akan jadi lebih mahal dibandingkan dengan harga aslinya karena sudah dikenakan bunga saat pembayaran tagihan. Besaran bunga yang ditawarkan pun berbeda-beda, tergantung bank mana yang kamu pilih.

2.       Minimal Transaksi

Pernah merasakan pembayaran barang menggunakan kartu kredit di tolak karena minimal transaksinya kurang? Faktanya, beberapa merchant yang bekerjasama dengan kartu kredit, memang menerapkan minimal transaksi yang wajib dipenuhi. Umumnya, minimal penggunaan kartu kredit yang banyak digunakan adalah 50 ribu hingga 100 ribu rupiah. Kalau sudah begitu, mau nggak mau kamu harus tambah pesanan atau barang hingga nominal minimal transaksi terpenuhi, atau beralih ke kartu debit kan?

3.       Menjadi Konsumtif

Ketika menggunakan kartu kredit sebagai salah satu alat bantu pembayaran, secara tidak langsung kamu akan menjadi orang yang boros dan konsumtif. Bagaimana tidak, hanya dengan menggesek kartu, memasukkan pin atau tanda tangan, kamu sudah bisa membeli barang yang kamu inginkan. Yang lebih menarik sekaligus menjebak, limit kartu kredit yang ditawarkan bank sangat tinggi, bahkan ada yang mencapai angka ratusan juta rupiah. Tidak heran ketika pada akhirnya banyak orang yang menggunakan kartu kredit kesulitan untuk membayar tagihan bulan berikutnya karena terlalu banyak melakukan transaksi.

4.       Rawan Dibobol

Saking mudahnya, kartu kredit dapat digunakan kapanpun dan dimanapun, bahkan dapat digunakan siapapun jika tidak berhati-hati. Saat melakukan transaksi dengan kartu kredit, kamu dapat memilih dua pilihan, yaitu dengan cara memasukkan pin, atau menggunakan tanda tangan. Hal ini menjadi sangat rawan ketika kemungkinan buruk terjadi, misalnya saat kamu kehilangan kartu kreditmu. Karena siapapun bisa memalsukan tanda tangan dan menggunakan kartu kreditmu sesuka hati.

Itu dia hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang kartu kredit. Perkembangan zaman dan teknologi membuat kita jadi lebih mudah melakukan transaksi dan pembayaran. Walaupun iming-iming kemudahan, promo, serta efisiensi dalam melakukan transaksi saat menggiurkan, kamu juga perlu dengan matang mempertimbangkan kekurangan dan bahaya penggunaan kartu kredit, ya. Jadi, kamu tertarik untuk membuat kartu kredit atau tidak, JULOvers?

Baca juga: Pilih Mana, Bayar Tunai atau Kredit?

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*