Kerja di Jakarta, Mending Beli Apartemen di Pusat Kota atau Rumah di Pinggiran Jakarta?

Oktaviani S/ Karir & Pendidikan/ 1 comments

Jakarta masih menjadi kota Kamulan bagi banyak orang untuk meraih karir dan kehidupan yang lebih baik. Penghasilan menjadi salah satu indikator untuk mengukur kehidupan yang lebih baik. UMP (Upah Minimum Provinsi) Jakarta merupakan yang paling tinggi dibanding daerah lain di Indonesia, yaitu di angka 3,9 juta rupiah. Hal ini mengakibatkan sangat wajar banyak sekali orang menjadikan Jakarta sebagai pilihan tempat bekerja.

Namun, yang menjadi permasalahan adalah seiring meningkatnya jumlah orang yang bekerja di Jakarta dan semakin banyaknya pembangunan perkantoran, maka semakin sedikit ditemukan lahan kosong yang dapat dijadikan hunian di pusat kota dan kalaupun ada harganya pasti akan mahal. Hal ini menjadi dilema, bagi orang-orang yang bekerja di Jakarta ketika akan membeli tempat tinggal. Saat ini ada dua opsi yang menjadi pilihan, membeli apartemen di pusat kota atau rumah di pinggiran Jakarta mengingat harga rumah di pusat kota cenderung sangat tinggi. Kalau berbicara soal mending beli apartemen di pusat kota Jakarta atau beli rumah namun berada di pinggiran Jakarta, seringkali menimbulkan perbedaan pendapat. Nah, sebenarnya mending beli apartemen di pusat kota atau rumah di pinggiran kota Jakarta? Yuk simak uraian berikut ini.

Kelebihan membeli apartemen di pusat kota Jakarta

  • Lokasi lebih dekat ke tempat kerja, sehingga Kamu menghemat banyak waktu. Hal ini sangat penting bagi Kamu yang sudah menikah dan memiliki anak, nggak mau dong momen bareng keluarga sangat sedikit. Kamu pergi bekerja ketika anak belum bangun atau sudah berangkat sekolah dan pulang ketika anak sudah tidur.
  • Lokasi strategis ke fasilitas umum, seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, pusat hiburan, sekolah, dll.
  • Tingkat keamanan lebih tinggi karena biasanya disediakan CCTV dan petugas keamanan di setiap gedung apartemen.
  • Bersifat privat.  Apartemen biasanya dilengkapi dengan fasilitas seperti kolam renang, tempat fitnes, dan fasilitas lainnya yang hanya dapat digunakan oleh sesama penghuni apartemen  sehingga lebih privat.

Kelebihan membeli rumah di pinggiran kota Jakarta

  • Kamu membeli bukan hanya bangunan, namun juga kepemilikan tanah
  • Interaksi dengan tetangga lebih terasa (sosialisasi)
  • Rumah cenderung lebih mudah untuk dijual kembali
  • Dapat digunakan dalam waktu lama karena menjadi kepemilikan pribadi

Baca juga: Menikah di Usia Muda, Apa Kelebihannya?

Kekurangan membeli apartemen di pusat kota Jakarta

  • Kamu hanya memiliki hak kepemilikan terhadap ruangan di dalam apartemen
  • Terdapat HAB (Hak Atas Guna Bangunan) biasanya 20 tahun
  • Tidak ada kehidupan bertetangga/sosialisasi dengan tetangga sangat terbatas

Kekurangan membeli rumah di pinggiran kota Jakarta

  • Jauh dari tempat kerja
  • Kurangnya waktu kebersamaan dengan keluarga
  • Renovasi rumah dibebankan pada diri sendiri
  • Tidak terdapat fasilitas umum yang dapat dinikmati bersama (kolam renang, gym), jika ingin memiliki fasilitas tersebut harus menyediakan budget tambahan untuk renovasi rumah

Untuk lebih jelasnya silahkan cek, tabel berikut ini.

perbandingan apartemen versus rumah pinggiran jakarta

Itulah kelebihan dan kekurangan apartemen di pusat kota Jakarta dan rumah di pinggiran kota Jakarta yang dapat Kamu jadikan pertimbangan saat akan memutuskan untuk membeli tempat tinggal. Apabila Kamu termasuk tipe orang yang menghargai waktu bersama keluarga sebaiknya pilihlah apartemen yang berada di pusat kota karena akan menghemat waktu Kamu di jalanan. Namun, apabila Kamu adalah tipe orang yang ingin Kamu dan keluarga memiliki hubungan interaksi atau sosial yang baik dengan tetangga, maka rumah di pinggiran kota Jakarta pilihan yang tepat bagi Kamu.

Nah, berbeda ceritanya bila Kamu memiliki budget untuk membeli rumah di pusat kota Jakarta, maka sebaiknya belilah rumah karena Kamu dapat menggunakannya selamanya, serta bangunan dan tanah merupakan kepemilikan Kamu pribadi. Kalau Kamu kira-kira lebih prefer yang mana? Bagikan yuk di kolom komentar!

Baca juga: Tips dan Pilihan Produk Investasi Bagi Pemula

Share this Post

1 Comment

  1. Kalau di jakarta emang lebih praktis apartemen daripada rumah,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*