JULO x GrabModal: Bantu Mitra Pengemudi Lewat Akses Kredit Digital

Gejolak pandemi selama hampir dua tahun belakangan ini membatasi pergerakan ekonomi semua orang, termasuk para pekerja garda terdepan seperti mitra pengemudi dan pengantaran. Melihat hal ini, JULO – penyedia kredit digital berizin OJK – turut bekerja sama dengan Grab menyediakan GrabModal, di mana para mitra pengemudi dan pengantaran Grabdapat menerima alokasi kredit digital dengan cepat. Alokasi kredit digital ini ditujukan sebagai bantuan finansial dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari secara fleksibel, seperti biaya pendidikan, renovasi rumah, perbaikan kendaraan sampai keadaan darurat lainnya.

Dengan mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan para mitra pengemudi dan pengantaran, JULO menawarkan kemudahan proses secara daringuntuk akses kredit digital. Melalui GrabModal, para mitracukup mengisi formulir daringsingkat dengan lampiran KTP dan swafoto sebagai prosedur. Setelah itu, para mitrapengemudi hanya cukup melunasi pembayaran kredit digital yang digunakan melalui pemotongan pendapatan yang disepakati. Target pemenuhan kredit digital akan diluncurkan secara bertahap ke lebih dari 100.000 mitra pengemudi dan pengantaran Grab di Indonesia pada akhir tahun ini.

CEO dan Co-founder JULO, Adrianus Hitijahubessy menuturkan, “Kerja sama dalam bentuk GrabModal ini merupakan komitmen JULO untuk menciptakan inklusi keuangan di Indonesia. Dengan demikian, para mitra pengemudidapat dengan mudah mengakses kredit digital untuk menghidupi kebutuhan mendesak atau sehari-hari mereka.”. “Tentunya ini sangat membantu semua orang, terutama di tengah keterbatasan pandemi seperti ini.” tambah Adrianus Hitijahubessy.

Anandhita Kasetra, Director of Financial Technology, Grab Indonesia menyampaikan, “Kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen jangka panjang Grab meningkatkan kesejahteraan para mitra pengemudi dan pengantaran sebagai bagian dari misi GrabForGood. Fokus program ini adalah memberikan solusi bantuan keuangan dengan aman dan nyaman, sekaligus mendorong inklusi keuangan di tanah air bagi para mitra pengemudi dan pengantaran kami. Kami harap melalui layanan GrabModal ini, para mitra Grab dapat terbantu untuk mengatur keuangan dan memenuhi kebutuhan yang mendesak.”

Adanya kemunculan JULO melalui layanan GrabModal juga diakui sangat membantu para mitra pengemudi dan pengantardi tengah situasi pandemi seperti ini. Ryan sebagai salah satu mitra pengemudi juga menuturkan, ”Layanan ini membantu banget buat modal saya (untuk) buka usaha warung bakso. Bisa jadi tambahan untuk keluarga juga,”. “Jujur saja GrabModal ini benar-benar menjadi harapan saya untuk memperbaiki nasib keluarga saya di masa (pandemi) seperti ini,” ujar Ryan.

Hal yang senada juga dilontarkan oleh mitra pengemudi lainnya. Akrab dengan panggilan Firmansyah, beliau juga mengakui bahwa munculnya layanan JULO melalui GrabModal sangat memudahkan dirinya sebagai mitra di lapangan. “(Kredit digital) Bisa saya gunakan untuk biaya berobat ibu saya dan pendidikan anak-anak,”. “Belum lagi, respon JULO dan Grab juga sangat cepat. Saya juga tidak usah repot-repot setor sana-sini untuk bayar (karena) saldo saya langsung otomatis terpotong,” tambah Firmansyah.

Selain layanan GrabModal, kredit digital JULO sendiri dapat diakses secara daring oleh masyarakat usia produktif di seluruh Indonesia. Kredit digital JULO menawarkan limit sampai 15 juta rupiah dan dapat digunakan untuk transaksi pinjaman tunai, bayar tagihan, isi pulsa sampai pembayaran e-commerce. Selama 4 tahun berdiri, JULO telah menyalurkan fasilitas kredit sebesar lebih dari 2 triliun rupiah yang peruntukannya didominasi oleh kebutuhan produktif seperti tambahan modal usaha, biaya pendidikan, biaya kesehatan, dan renovasi rumah.

Penyediaan kredit digital tersebut merupakan bentuk visi JULO untuk menyediakan fasilitas kredit yang mudah diakses oleh semua orang. CEO dan Co-founder JULO, Adrianus Hitijahubessy menambahkan, “Masih banyak kalangan masyarakat kita yang belum terjangkau akses kredit dari bank konvensional. Oleh karena itu, JULO hadir di Indonesia untuk membantu masyarakat Indonesia. Bisa dikatakan dari Indonesia untuk Indonesia. Dengan adanya JULO, diharapkan proses penyerapan kredit dapat lebih cepat terlaksana dan kualitas hidup masyarakat akan menjadi lebih baik,” ungkap Adrianus Hitijahubessy.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *