Ingin Daftar Kartu Prakerja? Berikut Cara dan Syarat Pendaftarannya!

Hera Oktavia/ Karir & Pendidikan/ 0 comments

Dalam rangka meningkatkan keterampilan masyarakat Indonesia, sejak awal tahun 2020, pemerintah mengadakan program Kartu Prakerja. Kartu Prakerja adalah sebuah kartu yang digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum memiliki keterampilan. Kartu tersebut dipromosikan oleh Presiden RI pada masa kampanye pemilihan umum Presiden Indonesia 2019. Kartu Prakerja ini dibuat khusus bagi para pencari kerja, pekerja yang yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

JULOvers pasti sudah tahu, kalau program Kartu Prakerja ini sudah dibuka beberapa gelombang. Yang terakhir dibuka adalah gelombang 11, yang hasil seleksinya juga sudah diumumkan pada tanggal 10 November 2020. Namun sampai saat ini, belum ada kepastian kapan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 akan dibuka kembali. Kabarnya, program Kartu Prakerja ini akan dilanjutkan sampai 2021 mendatang. Hal tersebut dilakukan agar peserta yang belum berkesempatan lolos seleksi di tahun 2020, dapat mengikuti seleksi kembali di tahun 2021.

Baca juga: Ini Penyebab BLT Pemerintah Belum Cair!

Nah, bagi kamu yang terpaksa harus di PHK oleh perusahaan, kamu yang sedang mencari kerja, atau kamu yang saat ini sudah memiliki pekerjaan namun membutuhkan peningkatan kompetensi, kamu bisa mendaftarkan diri mu untuk mengikuti program Kartu Prakerja ini.

Masih bingung, bagaimana sih cara melakukan pendaftaran Kartu Prakerja ini? Tenang, kali ini JULO akan mengupas tuntas cara melakukan pendaftaran Kartu Prakerja ini. Yuk, simak bersama-sama!

Bagi kamu yang belum tau, cara mendaftar Kartu Prakerja ini dibagi menjadi 2, lho! Yang pertama, kamu bisa mencoba daftar secara online, yang kedua secara offline.

Berikut ini cara pendaftaran Kartu Prakerja secara online:

  1. Masuk ke situs prakerja.go.id dan klik “Daftar Sekarang”.
  2. Registrasi e-mail dan buat password untuk akun Prakerja.
  3. Isi data diri, jangan lupa untuk menyiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga.
  4. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
  5. Klik “Gabung” pada gelombang 11 yang sedang dibuka pendaftarannya.

Setelah melakukan pendaftaran, peserta hanya tinggal menunggu notifikasi mengenai apakah diterima sebagai Kartu Prakerja atau tidak. Notifikasi akan diterima melalui SMS atau dicek pada dashboard akun Prakerja.

Baca juga: Apa saja Bantuan Pemerintah yang Akan Cair? Yuk, Simak Selengkapnya di Sini!

Untuk cara pendaftaran Kartu Prakerja secara offline adalah sebagai berikut:

  1. Mendatangi langsung Kementerian Ketenagakerjaan atau pemerintah daerah, khususnya dinas ketenagakerjaan.
  2. Isi data diri, jangan lupa untuk menyiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga.

Tidak jauh berbeda dengan pendaftaran secara online, kan JULOvers! bedanya, kamu hanya perlu datang langsung ke kantor dinas ketenagakerjaan.

Itu dia, cara pendaftaran Kartu Prakerja. Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk daftar Kartu Prakerja ini adalah sebagai berikut:

Pemberian Kartu Prakerja ini diprioritaskan kepada calon penerima yang terdampak Covid-19 dan belum menerima bantuan sosial selama masa pandemi ini. Mengutip pasal 2 Permenko Nomor 11 tahun 2020, Kartu Prakerja diberikan kepada pencari kerja dengan rincian sebagai berikut:

  1. Pekerja/buruh yang terkena PHK
  2. Pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, termasuk pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima buruh, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil

Adapun, para pencari kerja dan pekerja/buruh yang dimaksud harus memenuhi persyaratan berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI), dibuktikan dengan KTP
  2. Berusia paling rendah 18 tahun
  3. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

Nantinya, peserta yang telah lolos Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif, dengan catatan telah menyelesaikan pelatihannya. Peserta yang dinyatakan lulus akan mendapatkan saldo untuk pelatihan sebesar Rp 1 juta. Saldo ini tidak dapat dicairkan. Setelah menyelesaikan pelatihan pertama, peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif sebagai berikut:

  1. Insentif sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan.
  2. Insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000, nantinya akan ada 3 kali survei.
Source: Google

Baca juga: Begini Cara Mudah Pengajuan Pinjaman JULO!

Nah JULOvers, itu dia yang dapat JULO bagikan mengenai syarat dan cara pendaftaran Kartu Prakerja. Semoga dengan adanya program Kartu Prakerja ini, sedikit banyaknya dapat membantu dalam hal peningkatan kompetensi diri. 

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*