Indonesia Resmi Resesi, Apa yang Harus Dilakukan?

Indira A/ Keuangan & Bisnis/ 0 comments

JULOvers, sering dengar pembahasan tentang “resesi” selama masa pandemi COVID-19? Atau malah masih terkesan asing dengan kata “resesi”? Dalam artikel kali ini, JULO akan mengupas tuntas mengenai resesi serta langkah yang perlu diambil masyarakat untuk menghadapi resesi. 

Sebagai gambaran agar dapat dipahami lebih mudah, Resesi adalah penurunan signifikan kegiatan ekonomi yang dapat berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Dikutip dari berbagai sumber, Indonesia resmi resesi menyusul sejumlah negara lain yang mengalami hal serupa. Hal ini dilaporkan langsung oleh Badan Pusat Statistik (BPS), JULOvers. BPS menyebut jika angka pertumbuhan Ekonomi Indonesia di triwulan II minus 5,32 persen.

Baca juga: Begini Tips Mengelola Gaji Saat Pandemi COVID-19!

Nah, jika sudah mengalami resesi, apa sih yang harus kita perhatikan dan lakukan? Untuk menghadapi resesi, kamu bisa mulai melakukan beberapa tips berikut ini ya, JULOvers. 

  1. Resesi: Lunasi Hutang!

Salah satu hal yang perlu kamu lakukan saat resesi jika memungkinkan adalah melunasi hutang-hutangmu. Jika keuangan dan keadaanmu tidak memungkinkan untuk melunasi semua hutang, kamu bisa melunasi sebagian hutangmu. Kamu bisa memprioritaskan hutang seperti hutang KPR, pinjaman dan kartu kredit. 

Selain itu, kita tidak tahu kapan resesi akan berakhir, jadi pastikan kamu tidak membuka hutang baru ya, JULOvers. Jauhi kartu kredit, tekan pengeluaran, dll. Jika kamu memiliki hutang di JULO, pastikan kamu membayar hutangmu lebih awal atau tepat waktu ya. Karena dengan begitu, kamu bisa mendapatkan cashback dan memiliki kesempatan untuk memenangkan undian dengan total hadiah jutaan rupiah! 

  1.  Resesi: Tekan Pengeluaran

Hal kedua yang bisa kamu lakukan saat resesi adalah dengan menekan pengeluaran. Stop pengeluaran tidak penting, tekan pengeluaranmu berbelanja online, kurangi frekuensi membeli jajanan dan makanan di luar juga JULOvers. Selama #DiRumahAja, kamu bisa produktif dengan belajar memasak. Selain menambah skill, kamu juga bisa menekan pengeluaranmu lho. 

  1. Resesi: Mulai Berinvestasi

Untuk mempertahankan keadaan finansialmu di tengah resesi, ada baiknya kamu mulai berinvestasi. Jika kamu sebelumnya sudah mulai berinvestasi, lanjutkan terus ya JULOvers. Namun, perhatikan juga bahwa ada beberapa instrumen investasi yang kurang cocok untuk tetap dipertahankan di masa pandemi seperti ini, misalnya investasi saham yang bisa terpengaruh oleh merosotnya keadaan ekonomi. 

Jika kamu baru memulai investasi di masa resesi ini, kamu mungkin bisa memilih investasi emas, properti, atau peer to peer lending. Namun sebelum berinvestasi, pastikan kamu melakukan riset dan mempelajari instrumen investasi sebanyak-banyaknya ya!

Baca juga: Butuh Dana Darurat untuk Biaya Kesehatan Saat Pandemi, Bagaimana Solusinya?

  1. Siapkan Dana Darurat

Hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk menghadapi resesi adalah mempersiapkan dana darurat. Dana darurat sangat penting untuk kamu persiapkan di masa resesi ini karena bisa menjadi penolong dan membuatmu dan keluarga merasa “aman”. Selain itu, dana darurat di masa resesi bisa membantu kamu menghadapi situasi sulit dan serba tak pasti seperti saat ini. Misalnya, pemotongan gaji hingga pemutusan hubungan kerja (PHK). 

Namun ingat, dana darurat ini hanya boleh kamu gunakan untuk kepentingan darurat saja ya. Jika belum ada keperluan yang mengharuskanmu menggunakan dana darurat, tetap simpan dana tersebut. 

  1. Cari Pekerjaan/Buat Usaha Sampingan

Tips terakhir yang dapat kamu lakukan saat resesi adalah dengan mencari pekerjaan sampingan atau membuat usaha sampingan. Kita tidak akan tahu kapan resesi akan berakhir. Di saat seperti ini, tidak ada sektor usaha yang dinyatakan 100% aman JULOvers. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, yuk mulai rajin mencari pekerjaan sampingan atau memulai usaha kecil-kecilan, misalnya bisnis makanan atau menjadi seorang pekerja lepas/freelancer. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan tambahan uang dapat kamu gunakan untuk berinvestasi atau menambah dana daruratmu.

Baca juga: Ingin Buka Usaha di Tengah Pandemi? JULO Bisa Jadi Solusi!

Itu dia JULOvers, hal-hal yang bisa kamu lakukan saat ini untuk menghadapi resesi. Tetap tenang dan terus update informasi terbaru terkakit keadaan ekonomi di Indonesia ya, JULOvers. Jika kamu membutuhkan dana untuk keadaan darurat, JULO selalu hadir untuk menjadi solusi untukmu. Pinjaman hingga 8 juta rupiah dengan bunga rendah, bisa menjadi pilihan terbaik disaat kamu membutuhkan dana tambahan untuk berbagai kebutuhan. Ingin ajukan pinjaman? Yuk, klik di link berikut ini!

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*