Gaji Selalu Habis Setiap Akhir Bulan? Gunakan Metode Ini Dalam Mengelola Keuangan

JULOvers, menurut kamu, seberapa penting sih kebiasaan menyisihkan uang atau menabung? Banyak yang mengatakan bahwa gaya hidup kaum milenial itu identik dengan hedonisme dan konsumtif. Setiap akhir pekan nongkrong di coffee shop, setelah gajian pergi berbelanja baju. Bahkan kalau menemukan pernak-pernik yang bisa dikatakan lucu, tapi kegunaannya hanya untuk dipajang saja tetap dibeli. Akibatnya, gaji terasa cepat habis meskipun belum satu bulan berjalan.

Boros? Belum tentu. Selama mampu, tidak ada yang melarang kok. Barangkali, biaya yang dikeluarkan untuk hedonisme dan membeli barang yang diinginkan hanya sekian persen dari total pendapatan. Yang paling penting adalah, kita tahu pasti kemana larinya setiap rupiah uang kita. Jangan sampai setiap akhir bulan meratapi dompet yang gersang dan nominal di buku tabungan yang jalan di tempat.

Bagi kamu yang merasa gaji selalu habis tak bersisa di akhir bulan, JULO akan membagikan tips kelola keuangan dengan metode 50-30-20. Tips kelola keuangan dengan Metode 50-30-20 ini bisa dikatakan efektif dalam mengelola keuangan, karena tips kelola keuangan dengan metode 50-30-20 dicetuskan oleh Elizabeth Warren yaitu pakar yang meneliti masalah kebangkrutan finansial di Universitas Harvard. Sekelas Universitas Harvard saja menggunakan tips kelola keuangan dengan metode 50-30-20. Cukup meyakinkan bukan, tips kelola keuangan dengan metode 50-30-20 ini?

Baca juga: Kehilangan Pekerjaan Saat Masih Memiliki Hutang? Lakukan Hal-Hal Berikut Ini!

Nah, berikut ini tips kelola keuangan dengan metode 50-30-20 yang efektif untuk dicoba. Yuk, simak bersama-sama!

  1. Hitung Pendapatan Bersih Setelah Pajak

Sebagai warga negara yang baik, kamu wajib membayar pajak penghasilan setiap bulannya sesuai dengan peraturan pemerintah. Sebelum menghabiskan gaji, sebaiknya kamu sisihkan terlebih dahulu untuk membayar pajak penghasilan. Setelah gajimu dipotong pajak penghasilan, kamu bisa terapkan tips kelola keuangan dengan metode 50-30-20.

  1. Gunakan 50% Gaji untuk Kebutuhan Pokok

Dari tips kelola keuangan dengan metode 50-30-20, gunakan 50% gaji bersih setelah dipotong pajak penghasilan untuk kebutuhan pokok, seperti membayar cicilan, asuransi, belanja bulanan. Gunakan 50% dari gaji bersih kamu secara maksimal. Apabila ada cicilan, sebaiknya kamu bayarkan di awal bulan untuk menghindari uang tersebut terpakai untuk hal-hal yang dirasa tidak cukup penting.

Baca juga: Bagaimana Cara Prioritaskan Gaji yang Tepat? Cari Tahu di Sini!

  1. Gunakan 30% untuk Hedonisme atau Kebutuhan Konsumtif

Setelah kamu sisihkan 50% dari gaji bersih mu, terapkan 30% gaji bersih kamu dari tips kelola keuangan dengan metode 50-30-20 untuk memanjakan diri kamu. misalnya seperti berbelanja, untuk keperluan hobi kamu, dan lain-lain. Namun, tetaplah berhati-hati agar tidak melebihi anggaran.

  1. Sisihkan 20% untuk Pengeluaran Tak Terduga

Setelah kebutuhan pokok dan hedonisme telah terpenuhi, coba kamu terapkan tips kelola keuangan dengan metode 50-30-20 dengan menyisihkan 20% dari gaji bersih mu untuk pengeluaran tak terduga. Sisihkan uang tersebut untuk menghadapi situasi tak terduga, seperti sakit atau kebutuhan mendesak lainnya. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

JULOvers, itu dia tips kelola keuangan dengan metode 50-30-20 yang dapat kamu terapkan. Semoga dengan adanya tips kelola keuangan dengan metode 50-30-20 ini, dapat membantu kamu untuk lebih konsisten dalam hal menyisihkan uang. Penghasilan kamu tidak hilang tanpa jejak, karena kamu memiliki metode pengaturan keuangan yang lebih bijak dan terencana.

Namun, jika uang dari gajimu tidak mencukupi untuk kebutuhan pokok dan tidak bisa menyisihkan 20% gaji untuk pengeluaran tak terduga dan masih membutuhkan biaya mendesak, kamu bisa gunakan pinjaman 8 juta dari JULO untuk memenuhi kebutuhan yang mendadak tersebut. Kamu bisa gunakan Kredit Tanpa Agunan dari JULO dengan bunga mulai dari 0,1% perhari. Limit pinjaman mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 8.000.000 dan kamu juga bisa mencicil selama 6 bulan lho, JULOvers.Cara daftar di JULO juga mudah banget. Kamu cukup download aplikasi JULO di Google Playstore setelah itu isi formulir yang tersedia dan upload deh dokumen yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *