Gagal di Tahap Interview? Tenang, Cari Tahu Tips Menjawab Pertanyaannya di Sini!

Indira A/ Karir & Pendidikan/ 1 comments

Proses seleksi karyawan tiap perusahaan tentu memiliki berbagai macam alur dan tahapan. Salah satu tahapan yang selalu dilakukan tiap perusahaan saat mencari karyawan adalah tahapan interview dengan calon karyawan. Bagi seseorang yang baru saja menyelesaikan jenjang pendidikan dan ingin melamar pekerjaan, undangan interview pasti menjadi undangan yang paling ditunggu-tunggu sekaligus mendebarkan. Ketika mendapatkan undangan interview, sebagian orang mungkin akan merasa pesimis dan khawatir bahwa dirinya tidak akan sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan perusahaan.

Tahapan interview memang merupakan salah satu proses seleksi yang sangat penting dan menjadi pertimbangan diterima atau tidaknya seorang karyawan. Tidak semua orang mampu melewati interview dengan mudah, karena akan banyak pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh HRD yang seringkali menjebak. Namun, jika kamu rajin mencari tahu dan yakin dengan dirimu sendiri, kamu pasti bisa dengan maksimal menjawab pertanyaan interview yang akan disuguhkan oleh HRD dan diterima oleh perusahaan yang kamu tuju! Semoga, ya!

Baca juga: Buat CV Jadi Lebih Menarik dengan Beragam Situs Gratis Berikut Ini!

Nah di artikel kali ini, JULO akan memberikan tips berupa cara menjawab pertanyaan interview yang paling sering muncul dengan baik dan benar nih, JULOvers! Penasaran seperti apa? Siapkan catatan dan perhatikan baik-baik ya!

1.   Pertanyaan Interview: “Sebutkan Kekurangan Anda”

Pertanyaan interview yang satu ini rasanya pasti selalu dilontarkan oleh seorang HRD saat menginterview kandidat karyawan perusahaannya. Supaya lebih hati-hati, JULO kasih tips agar kamu maksimal menjawab pertanyaan ini ya!

Saat seseorang melontarkan pertanyaan “Apa kekurangan kamu?” Kamu mungkin langsung terpikir beberapa sifat buruk yang ada di dalam diri kamu. Akan tetapi, jangan menyebutkan kekurangan-kekurangan tersebut saat proses interview, ya! Misalnya kekurangan diri kamu: ngambekkan, egois, suka marah-marah dan kamu menjelaskan hal tersebut ke HRD. Waduh, HRD tentu akan pikir-pikir kembali untuk hire kamu.

Untuk itu, kamu bisa menjawab pertanyaan interview ini dengan jawaban kekurangan seperti:

–  Mudah percaya dengan seseorang

–  Sulit dan merasa takut untuk berkomunikasi dengan orang yang tidak dikenal

–  Mengambil keputusan sangat cepat

–  Tidak bisa berkata tidak

Contoh cara menjawab pertanyaan interview tersebut adalah: “Saya sulit berkata tidak jika seseorang meminta bantuan kepada saya, padahal saya masih memiliki pekerjaan lain yang harus diselesaikan. Selain itu, saya sangat mudah percaya dengan seseorang,”

2.   Pertanyaan Interview: “Kenapa Kami Harus Meng-hire Anda?”

Pertanyaan interview kedua yang seringkali ditanyakan oleh HRD adalah “Kenapa Kami harus meng-hire Anda?”. Pernah mendengar pertanyaan serupa dan kewalahan untuk menjawab? Tenang, JULO akan memberikan contoh cara menjawab pertanyaan interview yang satu ini. Ketika dihadapi dengan pertanyaan ini, silahkan coba menjawab dengan terstruktur ya, JULOvers. Pertama-tama, kamu bisa mulai menjelaskan tentang pengalaman kerjamu sebelumnya, jika kamu merupakan seorang fresh graduate, kamu bisa menjelaskan tenang pengalaman yang kamu miliki selama menjalani masa perkuliahan. Misalnya, pengalaman berorganisasi, maupun pengalaman di luar kampus. Selain itu, kamu jelaskan juga skill yang kamu miliki yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Contoh cara menjawab pertanyaan interview berikut:

“Saya merupakan fresh graduate, namun saya pernah memimpin sebuah organisasi kampus selama 2 tahun. Saya juga memiliki pengalaman di luar kampus yang kiranya bisa bermanfaat untuk dunia pekerjaan. Selain itu, saya mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan selalu memberikan yang terbaik ketika melakukan sebuah pekerjaan. Saya akan mencoba untuk memenuhi segala pekerjaan yang diminta oleh perusahaan dengan tepat dan dengan skill yang saya miliki saat ini.”

 3.   Pertanyaan Interview: “Kenapa Anda melamar di Perusahaan ini?”

Selanjutnya adalah pertanyaan interview yang berkaitan dengan perusahaan, JULOvers. Sebelum kamu melamar atau pun menghadiri undangan interview, ada baiknya kamu mencari tahu tentang seluk beluk perusahaan yang kamu lamar ya. Jangan sampai kamu tidak tahu menahu tentang perusahaan sehingga kamu dianggap hanya “iseng” saja saat melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Jika ada pertanyaan “Kenapa Anda melamar di Perusahaan ini?”, kamu bisa menjawab dengan alasan kenapa kamu menyukai perusahaan tersebut dan hubungkan dengan pencapaian karir jangka panjang yang ingin kamu capai di perusahaan tersebut.

Contoh cara menjawab pertanyaan interview berikut:

“Merupakan sebuah kehormatan dan kesempatan yang sangat baik bagi seseorang jika diterima di perusahaan ini. Saya menyukai lingkungan kantor yang santai dan dipenuhi anak-anak muda kreatif. Visi misi perusahaan juga saya rasa cocok dengan prinsip saya. Sleain itu, saya merasa skills yang saya miliki bisa memberikan kontribusi pada berkembangnya perusahaan kedepannya.”  

Baca juga:
Tips Membuat CV Lebih Menarik Untuk Mahasiswa Maupun Fresh Graduate!

4.   Pertanyaan Interview: “Apakah Anda punya pertanyaan?”

Terakhir adalah pertanyaan interview yang pasti kamu dengar dipenghujung interview. Yaitu, “apakah Anda punya pertanyaan?” Sebagian orang mungkin mengira, jika kamu menjawab “tidak”, berarti kamu telah memahami segala sesuatu yang telah kamu diskusikan selama proses interview dan sudah mantap menyelesaikan proses interviewnya. Akan tetapi, sebenarnya HRD mengharapkan kamu memiliki pertanyaan terkait perusahaan dan pekerjaan yang kamu lamar, lho! HRD akan menilai ketertarikan kamu terhadpa perusahaan dan pekerjaan yang kamu lamar melalui pertanyaan yang kamu berikan. Simak contohnya ya!

Contoh cara menjawab pertanyaan interview berikut:

“Sebelumnya terima kasih telah diberikan kesempatan untuk bertanya. Saya ingin mengetahui tentang gambaran budaya kerja perusahaan ini dan bagaimana ekspektasi Bapak/Ibu terhadap orang yang akan mengisi posisi ini?”

Jadi, sudah paham kan JULOvers, cara menjawab pertanyaan interview dengan baik dan benar? Sebenarnya masih banyak jenis pertanyaan interview yang seringkali dilontarkan kepada calon karyawan perusahaan. Akan tetapi, agar artikel kali ini tidak terlalu panjang, JULO akan membahasnya lagi di artikel berikutnya ya! Yang perlu diingat, kesuksesan kamu ketika menghadiri sebuah interview tidak hanya dari bagaimana cara kamu menjawab pertanyaan inttraerview saja. Namun juga harus diiringi dengan doa dan usaha lainnya. Untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan, semangat ya! Semoga segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu.

Share this Post

1 Comment

  1. artikel yang bermanfaat 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*