Cari Tahu Tips Menjawab Pertanyaan Interview di Sini!

Indira A/ Karir & Pendidikan/ 0 comments

Hai, JULOvers! Sudah membaca artikel tentang tips menjawab pertanyaan interview dari JULO kemarin di sini? Nah, kali ini JULO kembali dengan tips serupa, namun dengan contoh pertanyaan interview yang berbeda. Pertanyaan-pertanyaan interview yang akan JULO bahas kali ini juga merupakan pertanyaan interview yang seringkali ditemui calon karyawan perusahaan. Jadi, jangan lupa untuk baca sampai akhir ya, JULOvers!

Ingat, tahapan interview merupakan salah satu proses seleksi yang sangat penting dan menjadi salah satu penentu diterima atau tidaknya calon karyawan. Jadi, selain CV, pengalaman bekerja dan organisasi, kamu juga perlu belajar dan rajin mencari tahu tentang proses interview ini agar peluang diterima kerja semakin besar, JULOvers!

Baca juga: Gagal di Tahap Interview? Tenang, Cari Tahu Tips Menjawab Pertanyaannya di Sini!

Nah di artikel kali ini, JULO akan memberikan tips berupa cara menjawab pertanyaan interview yang paling sering muncul dengan baik dan benar nih, JULOvers! Penasaran seperti apa? Siapkan catatan dan perhatikan baik-baik ya!

1.   Pertanyaan Interview: “Bagaimana jenjang karir yang Anda inginkan?” Atau “Bagaimana Anda melihat diri Anda beberapa tahun kedepan?”

Pertanyaan interview ini mungkin akan atau seringkali kamu dapatkan ketika berhadapan dengan HRD. Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa menjawab dengan membaginya kedua bagian, yaitu jangka pendek dan jangka panjang.

Contoh jawaban pertanyaan interview: 

“Untuk jangka pendek, saya berhadap dapat diterima di perusahaan dimana saya bisa mengimprove kemampuan dan jenjang karir saya. Sedangkan untuk jangka panjangnya, saya berharap bisa berada di jabatan yang lebih baik dari saat saya pertama kali masuk di perusahaan tersebut. Misalnya, saya masuk sebagai junior, beberapa tahun ke depan saya sudah bisa menjadi senior atau manager.”

2.       Pertanyaan Interview: “Berapa gaji yang Anda harapkan?”

Pertanyaan interview yang satu ini tentu membingungkan, terutama untuk kamu yang masih merupakan seorang fresh graduate. Tenang, JULO akan membantu kamu dengan tips menjawab pertanyaan ini. Jika kamu ditanya oleh HRD tentang masalah gaji dan kamu bukan lagi seorang fresh graduate, kamu pasti sudah bisa mematok dan memperhitungkan gaji yang pas untukmu. Kamu bisa melakukan riset dari berbagai perusahaan soal gaji dengan pengalaman yang sesuai dengan apa yang kamu miliki saat ini. Akan tetapi, jika kamu adalah seorang fresh graduate, sesuaikan gaji dengan skill yang kamu ungguli, ya.

Contoh jawaban pertanyaan interview jika kamu seorang fresh graduate:

“Saya merupakan seorang fresh graduate dan saya ingin sekali untuk memulai karir, mengimprove kemampuan dan pengetahuan saya serta mencari pengalaman sebanyak mungkin. Untuk gaji, saya berharap gaji yang diberikan sesuai dan pantas untuk kemampuan yang saya miliki dan setara dengan rata-rata gaji fresh graduate dengan posisi yang sama di perusahaan lainnya.”

3.       Pertanyaan Interview: “Sebutkan kelebihan Anda”

Hayooo, jangan terjebak dengan pertanyaan interview yang satu ini ya, JULOvers. Jangan sampai kamu menjawab pertanyaan ini dan berujung terkesan “angkuh.” Pastikan kelebihan yang kamu sebutkan dapat diimplementasikan langsung di dunia kerja.

Contoh jawaban pertanyaan interview:

“Kelebihan saya adalah percaya diri. Saya juga memiliki kemampuan komunikasi yang baik sehingga bisa langsung diimplementasikan di pekerjaan Public Relations Specialist yang saya lamar ini. Selain itu, saya dapat bekerja dalam tim dan cepat beradaptasi di lingkungan baru.”

Itu dia beberapa contoh pertanyaan interview yang sering juga ditemukan saat berhadapan langsung dengan HRD perusahaan, JULOvers. Jangan lupa dipelajari dan siapkan jawaban yang tepat, ya! Selain pertanyaan interview di atas, berikut ini JULO berikan tips untuk menghadapi interview kerja yang bisa kamu lakukan:

1.   Cari Tahu Tentang Perusahaan

Sebelum menghadapi interview, jangan lupa untuk mencari tahu tentang perusahaan, ya! Jangan sampai kamu datang ke lokasi interview dengan pengetahuan 0 besar. Minimal, kamu sudah mengetahui perusahaan tersebut bergerak di bidang apa, dan juga paham dengan posisi yang kamu lamar. Sebagai contoh, kamu melamar di sebuah perusahaan sebagai seorang Digital Marketing, kamu harus paham channel media sosial apa saja yang dimiliki perusahaan tersebut. 

2.   Siapkan Pakaian Rapi & Profesional

Penampilan tentu menjadi first impression sebagian besar orang saat pertama kali bertemu. Begitupun saat proses interview berlangsung. Sekalipun perusahaan yang kamu tuju merupakan perusahaan Startup yang identik dengan “kantor yang santai”, kamu harus tetap menyiapkan pakaian yang rapi dan profesional, ya. Jangan datang dengan pakaian seperti mau berkumpul bersama teman di mall! Big NO!

Baca juga:
Tips Membuat CV Lebih Menarik Untuk Mahasiswa Maupun Fresh Graduate!

3.   Bawa Dokumen Lengkap & Alat Tulis

Pada umumnya, perusahaan meminta kamu untuk membawa beberapa dokumen saat datang ke proses interview. Dokumen yang mereka minta biasanya berupa KTP, formulir yang telah dikirimkan sebelumnya, CV, portofolio, dan sebagainya. Jangan sampai kamu skip bagian ini ya! Siapkan semua dokumen dari jauh-jauh hari.

4.   Lakukan Latihan Interview!

Terakhir, lakukan latihan interview sebelum benar-benar menghadapi interview di hari H. Silahkan ulas pertanyaan-pertanyaan interview yang ada di artikel ini dan artikel sebelumnya dan berlatihlah dengan jawaban yang telah kamu siapkan.

Jadi, sudah semakin pede kan untuk datang ke proses interview? Jangan lupa untuk berdoa dan terus berusaha ya, JULOvers!

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*