Tangani Mobil yang Terendam Banjir dengan Cara Ini!

Indira A/ Gaya Hidup/ 0 comments

JULOvers, hujan deras yang kerap mengguyur beberapa wilayah di Indonesia sejak awal tahun 2020 mengakibatkan banjir yang cukup parah di beberapa titik. Dampak dari musibah banjir pun menyebabkan kerugian dalam bentuk materi dan juga non materi. Kerugian dalam bentuk non-materi yang bisa dirasakan korban banjir adalah sakit, hingga perasaan trauma. Terlebih lagi jika korban banjir tersebut baru pertama kali mengalami banjir. Coba bayangkan, kamu tentu akan shock berat kan kalau biasanya daerah rumahmu tidak tersentuh genangan air hujan, namun harus merasakan banjir yang tingginya seatap rumah?

Sedangkan, kerugian dalam bentuk materi tentu sudah sangat jelas.. Dari mulai furnitur rumah, kendaraan hingga dokumen-dokumen berharga yang belum sempat kamu selamatkan pasti akan mengalami masalah atau bahkan hilang terbawa arus air yang cukup kencang. Kerugian ini tentunya akan merogoh kocek yang cukup dalam lantaran barang-barang yang terendam banjir pasti akan mengalami kerusakan. Jika kamu memiliki kendaraan roda dua maupun roda empat, tentu biaya yang harus kamu keluarkan akan cukup besar karena mesin dari kendaraanmu pasti terganggu.

Baca juga: Antisipasi Banjir dengan Langkah-Langkah Berikut Ini!

Untuk mengantisipasi hal tersebut, JULO memiliki tips yang bisa kamu lakukan untuk menangani mobil yang terendam banjir. Yuk siapkan notes atau bookmark artikel ini dan mulai perhatikan tips-tips berikut!

1.   Lepaskan Kabel Aki Saat Mobil Terendam

Hal pertama yang dapat kamu lakukan ketika mobil terendam banjir adalah dengan melepaskan kabel akinya, JULOvers. Dengan melepaskan kabel aki, mobil akan terhindar dari risiko korslet. Nggak mau kan, komponen elektronik yang ada di dalam mobil kamu rusak?

2.   Segera Evakuasi Setelah Air Surut

Setelah air banjir surut, segera lakukan evakuasi ya JULOvers. Akan tetapi, untuk menghindari kerusakan mesin, kamu harus mendorong mobil untuk memindahkannya ke tempat yang lebih aman. Jangan coba-coba untuk menyalakan mesinnya langsung ya!

3.   Periksa Keadaan Oli & Bahan Bakar Sesegera Mungkin

Langkah berikutnya yang dapat kamu lakukan untuk menangani mobil yang terendam banjir adalah dengan memeriksa kedaaan oli & bahan bakar mobilmu. Silahkan kuras bahan bakar yang tercampur dengan air dan ganti oli dengan yang baru ya, JULOvers!

4.   Keringkan Komponen Penting

Selanjutnya, kamu perlu segera mengeringkan komponen penting yang ada di mobilmu. Contohnya, busi, saringan udara, karburator dan beberapa komponen lainnya yang rawan rusak jika terendam banjir. Setelah benar-benar dikeringkan, segera cek kondisi komponen tersebut, berfungsi dengan normal atau terdapat gangguan tertentu. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih besar.

5.   Cek Interior Mobil

Langkah penting berikutnya, jangan lupa untuk mengecek bagian interior mobil seperti kursi, karpet dan bagian interior lainnya. Sebisa mungkin segera bersihkan agar tidak menumpuk kotoran atau menyebabkan jamur dan karat. Cuci dan keringkan dengan baik ya, JULOvers. Kalau perlu, segera panggil jasa cuci mobil yang bisa datang ke lokasimu agar dapat dibersihkan dengan lebih detail.  

6. Bawa ke Bengkel Terpercaya

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan membawa mobilmu ke bengkel yang terpercaya. Kamu mungkin bisa melakukan langkah-langkah di atas untuk mengantisipasi kerusakan yang mungkin saja terjadi. Namun, untuk lebih memastikan dan menghindari kerusakan fatal, kamu harus membawa mobilmu ke bengkel yang terpercaya agar dapat diperiksa lebih lanjut. Setidaknya, kamu sudah melakukan langkah-langkah utama yang bisa mengurangi presentasi kerusakan mobil.

Jadi, itu dia JULOvers beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menangani mobil yang terendam banjir! Saran lain dari JULO, untuk mengurangi kerugian yang lebih besar, lebih baik kamu mendaftarkan mobilmu di asuransi mobil. Pilih asuransi yang bisa meng-cover mobilmu dari musibah banjir ya, JULOvers. Biasanya, jaminan risiko banjir ini juga sudah tergabung dengan proteksi lainnya seperti kecelakaan. Dengan asuransi, tentu kamu bisa menekan budget dan kerugian dari risiko kerusakan mobil.

JULOvers, jika kamu tidak mendaftarkan mobilmu pada asuransi dan membutuhkan dana darurat untuk memperbaiki kerusakan mobil, JULO bisa menjadi solusi terbaik untukmu. Dengan mendownload aplikasi JULO, kamu bisa mengajukan pinjaman hingga 8 juta rupiah dengan bunga yang dimulai dari 0,1% saja per harinya. Nggak perlu khawatir, kamu juga bisa mencicil pinjamanmu hingga 6 bulan lamanya. Prosesnya mudah dan pastinya cepat! Yuk, download aplikasi JULO dengan klik link berikut ini dan ajukan pinjamanmu sekarang 😊

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*