Cara Memilih Pinjaman Online Agar Data Kamu Tetap Aman!

Aisyah Moulyni/ Keuangan & Bisnis/ 0 comments

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, segala hal yang dibutuhkan dapat dengan mudah didapatkan secara digital, salah satunya keuangan. Tidak sedikit banyak perusahaan yang akhirnya memanfaatkan hal tersebut dengan memberikan melalui pinjaman secara online.

Pinjaman online saat ini menjadi salah satu hal yang sangat ramai dibicarakan, terlebih lagi karena adanya kebijakan-kebijakan pemerintah yang melarang beberapa usaha untuk beroperasi. Layanan pinjaman ini sebagai solusi serta penyelamat bagi beberapa masyarakat terlebih lagi masyarakat yang kesulitan untuk melakukan pinjaman via bank konvensional. Mereka merasa kesulitan untuk meminjam di bank karena syaratnya yang cukup sulit untuk dipenuhi beberapa lapisan masyarakat. Salah satunya adalah agunannya.

Namun saat ini ada banyak pinjaman yang ditawarkan secara online bahkan tanpa agunan. Hanya dengan melampirkan data pribadi seperti KTP, NPWP, slip gaji, dan beberapa informasi pribadi lainnya Anda sudah dapat mengajukan pinjaman Anda dengan mudah dan cepat.

Akan tetapi, karena praktiknya secara online pun akan banyak hal yang perlu diwaspadai. Saat Anda asal dan salah memilih pinjaman online, bukan hal yang tidak mungkin data yang sudah Anda berikan bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu,  ada beberapa hal yang harus Anda waspadai dan ditinjau lebih jauh sebelum Anda memilih pinjaman online untuk Anda.

  1. Pastikan bahwa pinjaman online yang Anda tuju terdaftar dan  diawasi OJK.

Saat ini, terdapat ribuan pinjaman ilegal online yang aktif dan mencari nasabah di luar sana. Nyatanya hanya ada  124 pinjaman online yang secara resmi terdaftar dan berada dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK, Juni 2021).

Hal ini menjadi sangat penting karena hanya pinjaman online yang terdaftar di OJK yang mengikuti aturan-aturan OJK yang berlaku, baik dari operasional perusahaan, ketentuan bunga, dan tata cara penagihan. . Selain itu, dengan terdaftarnya sebuah pinjaman online tersebut di OJK membuat dapat meminimalisir kemungkinan data Anda disalahgunakan karena sudah diawasi langsung oleh pihak yang berwenang. Kalau diketahui melakukan pelanggaran, bukan tidak mungkin pinjaman tersebut akan mendapatkan sanksi tegas, bahkan pencabutan status terdaftar dari OJK.

JULO adalah salah satu platform pinjaman online di Indonesia yang berizin dan berada dalam pengawasan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor registrasi S-589/NB.213/2018 sesuai dengan Hukum Republik Indonesia dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 77/POJK.01/2016. Hal tersebut menjadikan JULO sebagai platform kredit digital yang aman, terpercaya, dan cepat dalam pelayanan. Baca lengkap di sini.

  1. Baca seluruh persyaratan dengan saksama, pastikan tidak ada yang terlewat.

Selain mengetahui sudah terdaftar di OJK atau belum, Anda juga perlu mengetahui syarat apa saja yang perlu dipenuhi untuk menjadi nasabah di pinjaman tersebut. Anda harus memastikan bahwa Anda mampu dan menyanggupi persyaratan tersebut agar tidak ada hal-hal yang mempersulit pinjaman Anda kedepannya.

Selain persyaratan, Anda juga harus mengetahui bunga yang diajukan oleh pinjaman tersebut. Walaupun banyaknya pemain di ranah teknologi finansial ini, namun kenyataannya sampai saat ini, JULO masih menjadi salah satu kredit  dengan bunga rendah dibanding yang lain. Hanya dengan bunga mulai dari 0.1%/hari Anda sudah dapat menjangkau dan menggunakan kredit dari JULO.  Di sisi lain, OJK menetapkan maksimal bunga pinjaman sampai dengan 0.8% per hari.

  1.  Teliti permintaan akses pada smartphone Anda.

Dalam beberapa kasus, fintech bodong atau pinjaman yang tidak terpercaya akan sering kali meminta akses terhadap data yang ada di smartphone  Anda, seperti kontak telepon dan galeri, yang sebenarnya hal tersebut tidak diperlukan oleh sebuah pinjaman online. Oleh karena itu Anda harus lebih hati-hati dalam memberi akses “izin” pada setiap notifikasi.

Itu lah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan aplikasi pinjaman tersebut. Seluruh kemudahan dan keuntungan dari layanan pinjaman online berizin seperti JULO yang tentunya aman justru dapat mempermudah segala urusan Anda. Hanya dengan mengunduh aplikasi JULO pada smartphone Anda dapat dengan mudah mengajukan pinjaman di JULO. Selalu gunakan layanan pinjaman dengan JULO kapanpun dan untuk urusan apapun karena JULO hadir untuk menjawab kebutuhan kredit digital Indonesia.

Tunggu apa lagi, download JULO di sini.

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*