Tidak Sulit, Begini Cara Membuat Mandiri Internet Banking!

Indira A/ Keuangan & Bisnis/ 1 comments

Perkembangan zaman dan teknologi yang ada saat ini dapat dikatakan telah banyak merubah kegiatan yang tadinya hanya bisa dilakukan secara offline menjadi online. Berkat semakin majunya teknologi, aktivitas perbankan pun kini menjadi lebih mudah. Apalagi, dengan hadirnya internet banking yang sudah tidak asing lagi digunakan oleh banyak orang untuk mempermudah aktivitas perbankan yang ingin mereka lakukan. Internet banking mempermudah orang-orang untuk bertransaksi kapanpun dan dimanapun. 

Sebagai gambaran, misalnya saat kamu sedang mudik ke kampung halaman yang jarang memiliki ATM atau Bank. Sedangkan, pada saat tersebut, kamu harus membayar tagihan atau mentransfer uang untuk kebutuhan mendadak. Kamu tentu kesulitan untuk melakukan transaksi tersebut. Namun, hadirnya internet banking tentu akan memudahkan transaksimu tanpa harus susah-susah mencari ATM atau Bank terdekat. Dengan internet banking, kamu dapat melakukan transaksi seperti transfer, membayar tagihan dan e-commerce, mencek saldo dan sebagainya. 

Saat ini, di Indonesia sudah banyak sekali internet banking yang muncul dari berbagai bank yang ada, mulai dari Internet Banking BCA, IB BRI, Mandiri internet banking, dan sebagainya. Pengguna internet banking juga sudah sangat banyak, mengingat penggunaannya yang mudah, efisien, dan mempercepat proses transaksi yang berhubungan dengan perbankan. Nah, kali ini JULO akan membahas tentang cara membuat Mandiri internet banking! Siapa yang sudah memiliki atau baru ingin membuat rekening Mandiri?

Sebelum membuat Mandiri Internet Banking, kamu harus tahu syarat & ketentuannya terlebih dahulu!

Syarat & Ketentuan Umum Pembuatan Mandiri internet banking

  1. Memiliki rekening ATM Mandiri
  2. Memiliki bukti asli identitas diri seperti KTP, SIM, KK atau Paspor
  3. Memiliki alamat email
  4. Memahami & menyetujui syarat & ketentuan yang berlaku dalam pembuatan Mandiri internet banking

Jika kamu juga ingin membuat Mandiri internet banking, kamu bisa mengetahui caranya dengan membaca langkah-langkah berikut ini JULOvers!

Cara Daftar Mandiri Internet Banking Melalui ATM

  1. Kunjung ATM Mandiri terdekat dari lokasimu
  2. Masukkan kartu ATM Mandiri milikmu, lalu masukan PIN
  3. Pilih transaksi lainnya
  4. Pilih menu E-Banking, lalu Internet Banking
  5. Pilih SETUJU
  6. Dalam step ini, kamu akan diminta untuk membuat PIN untuk Mandiri internet banking milikmu. Pilih yang mudah diingat namun tetap aman, JULOvers. Lalu, pilih BENAR.
  7. Masukkan PIN sekali lagi
  8. Pilih BENAR
  9. Setelah semua proses selesai, akan keluar struk berisi access code & nomor kartu dan Mandiri internet bankingmu siap untuk diaktivasi!

Cara Aktivasi Mandiri Internet Banking

  1. Buka web https://ib.bankmandiri.co.id/ melalui browsermu 
  2. Kemudian pilih klik di sini dibawah kata Pengguna Baru atau Registrasi Ulang
  3. Setelah masuk ke halaman, baca syarat & ketentuan dan pilih Setuju
  4. Masukan access code yang tertera dalam struk dan juga access code berupa PIN ATM kamu
  5. Lalu masukan UserID, PIN Mandiri internet banking dan juga email milikmu
  6. Selamat! Mandiri internet banking kamu telah berhasil diaktifkan

Akan tetapi, tidak semua fitur yang ada dalam Mandiri internet banking dapat kamu gunakan setelah aktivasi Mandiri internet banking melalui ATM & browser. Jika ingin menggunakan keseluruhan fitur dari Mandiri internet banking, kamu perlu mengunjungi bank Mandiri dan mengisi beberapa formulir untuk aktivasi keseluruhan fiturnya, JULOvers.

Cara Mengaktifkan Internet Banking Mandiri

Nah, berikut adalah langkah mudah untuk mengaktifkan Mandiri internet banking di kantor cabang bank Mandiri:

  1. Isi formulir pembuatan Mandiri internet banking di kantor cabang terdekat
  2. Ambil dan aktifkan token Mandiri internet banking. Biayanya adalah sebesar Rp 10.000 untuk pembelian token pertama kamu. Dengan token Mandiri internet banking ini, transaksi jadi lebih aman karena tiap transaksi mewajibkan kamu untuk memasukkan pin yang hanya dapat diakses oleh token Mandiri internet banking milik kamu.

Transaksi yang Dapat Dilakukan Melalui Internet Banking Mandiri

Setelah Mandiri internet banking kamu sudah aktif, kamu dapat menggunakannya untuk berbagai transaksi. Contohnya adalah transaksi-transaksi berikut ini:

  1. Transfer uang ke sesama rekening/antar bank dengan maksimal 100 juta rupiah per transaksi
  2. Purchase, maksimal 10 juta rupiah
  3. Top up E-Money, maksimal 1 juta per transaksi
  4. Top up E-Cash, maksimal 5 juta rupiah per transaksi
  5. Auto Bill Payment, sejumlah pembayaran yang harus dilakukan
  6. Bill Payment maksimal 100 juta rupiah perhari dan per transaksi

Tips Menjaga Keamanan Internet Banking

Setelah memiliki Mandiri Internet Banking, ada baiknya kamu melakukan beberapa tips berikut ini agar penggunaannya tetap aman:

  1. Jangan menggunakan WIFI saat melakukan transaksi internet banking, karena jaringan wifi belum tentu aman. Apalagi jika di tempat umum, penggunaan wifi rentan diretas oleh hacker. 
  2. Jaga kerahasiaan PIN internet banking, jangan lupa juga untuk membuat passcode HPmu agar lebih aman lagi.
  3. Ganti PIN internet banking dan passcode HP secara berkala. Pilih password yang sulit ditebak orang lain, namun tetap mudah untuk diingat olehmu. 

Sudah paham kan cara untuk membuat serta mengaktifkan Mandiri Internet Banking? Tidak sulit kok, JULOvers, tinggal lakukan saja langkah-langkahnya sesuai prosedur dan aturannya. Kehadiran internet banking termasuk Mandiri Internet Banking kini memang telah memudahkan banyak orang dalam bertransaksi, ya. Jangan sampai kamu tidak memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini dengan baik dan benar JULOvers! Memiliki internet banking saat ini rasanya sangat wajar dan dianjurkan untuk kamu yang sering melakukan aktivitas perbankan. Jadi, silahkan kunjungi kantor cabang Mandiri terdekat di kotamu dan ajukan pembuatan internet banking, ya!

Baca juga: Yuk, Pahami Lebih Dalam Tentang Laporan Keuangan!

Share this Post

1 Comment

  1. Menu internet banking di atm mandiri sekarang kok gak ada ya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*