Ingin Cepat Diterima Kerja? Ini Cara Membuat CV Menarik!

Hera Oktavia/ Karir & Pendidikan/ 0 comments

Hi JULOvers! Selama pandemi ini sudah banyak sekali pekerja yang terpaksa harus kehilangan pekerjaannya akibat di PHK oleh perusahaan tempatnya bekerja. Hal tersebut pasti sangat membebani orang-orang yang mengalaminya. Terbebani oleh biaya hidup sehari-hari, biaya pendidikan anak, cicilan, dan lain-lain.

Oleh karena itu, saat ini para Jobseeker sedang gencar-gencarnya mencari pekerjaan baru untuk menyambung hidup di masa pandemi ini. Salah satu upaya agar cepat diterima kerja adalah dengan memperbaiki CV.

Baca juga: Cari Tahu Tips Menjawab Pertanyaan Interview di Sini!

Ketika akan melamar sebuah pekerjaan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Salah satu yang paling penting adalah CV (Curriculum Vitae) yang dalam bahasa Indonesia sering disebut riwayat hidup. CV dibuat dengan tujuan memberikan informasi tentang pencari kerja kepada perusahaan atau institusi yang akan menerimanya. 

Tidak ada batasan panjang CV yang bisa dibuat, yang terpenting adalah bagaimana dokumen ini bisa memuat semua informasi untuk menggambarkan pengalaman akademis dan profesional kamu.

Nah, berikut ini 3 hal dasar dalam membuat CV yang harus kamu perhatikan :

  1. Mudah dibaca

CV harus mudah dibaca oleh recruiter atau siapapun yang melihat. Jadi informasi yang terdapat pada CV kamu itu harus dijelaskan dengan layout yang simpel atau mungkin font yang terlihat di depan mata. Jangan sampai terlalu kecil juga ya, JULOvers. Karena itu akan membuat HRD tidak berminat dengan CV kamu.

  1. Highlight atau bold kalimat yang ingin kamu jual

Berikan highlight atau bold di bagian-bagian penting yang ingin kamu jual di CV kamu. Karena recruiter atau HRD ingin melihat nih posisi-posisi penting seperti misalnya pengalaman kerja, organisasi dan pastikan itu semuanya di bold ya, JULOvers!

  1. Jual apa yang ingin kamu jual dan harus ada tolok ukurnya

Nah yang terakhir ini adalah tunjukan faktanya sesuai dengan hardskill yang kamu punya. Jangan asumsi atau seperti softskill yang kamu akui sendiri, seperti misalnya “Saya pekerja keras, saya jujur”, karena itu tidak ada tolok ukurnya. Berbeda dengan halnya kamu menuliskan “Microsoft office, Photoshop, dan lain-lain”. Itu bisa diukur dari seberapa jago kamu dalam melakukan hal tersebut.

Begitu JULOvers! Jadi jangan self proclaim yaa dan tunjukan faktanya. 🙂

Baca juga: Begini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar!

Nah, JULOvers! Itu 3 hal dasar yang harus kamu perhatikan dalam membuat CV. Selain 3 hal dasar dalam membuat CV, kali ini JULO juga akan berbagi cara membuat CV menarik.

Jika CV menarik, tentu saja ini menjadi nilai tambah untuk memikat para recruiter dari perusahaan yang dilamar. Namun, di zaman sekarang yang serba canggih ini, belum tentu semua orang bisa membuat CV menarik.

Ini dia cara membuat CV menarik dan berkualitas. Yuk, simak bersama!

  1. Lakukan Job Research

Sebelum membuat CV menarik, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari lowongan kerja yang sesuai dengan keahlianmu.

  1. Buatlah CV Sesuai yang Dilamar

Kalau kamu sudah menentukan lowongan kerja yang akan dilamar, langkah berikutnya adalah membuat CV sesuai dengan lowongan kerja tersebut.

Buatlah CV menarik dengan perpaduan dua warna dan font yang terbaca jelas. Dengan begitu, CV kamu akan terlihat elegan dan profesional. Oh ya, gunakan bahasa yang formal dan tidak bertele-tele ya, JULOvers!

  1. Tuliskan Data Diri Lengkap, Padat, dan Jelas

Biasanya dalam CV, kamu harus mencantumkan data diri lengkap seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, kontak (nomor ponsel dan email), dan alamat.

Selain data diri, beberapa konten lain yang umumnya terdapat di dalam CV lamaran kerja, antara lain:

  • Riwayat pendidikan.
  • Pengalaman organisasi atau kegiatan sosial.
  • Pengalaman training/pelatihan (2-3 tahun terakhir).
  • Pengalaman kerja atau magang berkaitan dengan loker yang dilamar.
  • Informasi seputar prestasi yang pernah dicapai.
  1. Cantumkan Informasi Sosial Media

Tak ada salahnya mencantumkan informasi sosial media di CV kamu, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Namun, pastikan lagi bahwa semua akun media sosial tersebut tidak pernah mengunggah hal melanggar hukum atau unsur SARA.

  1. Tunjukan Kemampuan Bahasa Asing

Kalau kamu menguasai bahasa asing, misalnya bahasa Inggris, kamu bisa mencoba untuk menggunakan bahasa Inggris untuk menghasilkan CV menarik. Dengan menggunakan bahasa Inggris, tidak menutup kemungkinan CV kamu akan dilirik oleh perusahaan multinasional lho, JULOvers!

  1. Tambahkan Keahlian Khusus

Agar CV menarik perhatian recruiter atau HRD, kamu bisa tambahkan keahlian khusus yang “menjual”, misalnya kamu mencantumkan soft skill kamu adalah kemampuan  negosiasi, komunikatif, dll.

Jangan lupa untuk mencantumkan hard skill kamu yang menjual misalnya kemampuan dalam mengoperasikan Photoshop, Microsoft office, dan lain-lain, seperti yang JULO sampaikan sebelumnya.

Di zaman yang serba canggih ini, kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengatur format CV, atau memilih font terbaik untuk CV kamu. Kamu bisa membuat CV menarik dengan pembuat CV melalui website dan pastinya gratis lho, JULOvers!

Untung bagi kamu, sekarang banyak situs yang menyediakan template CV gratis dengan tampilan yang menarik. Kamu bisa membuat CV menarik, meski tak punya keahlian di bidang desain grafis. 

JULO punya beberapa rekomendasi pembuat CV melalui website, nih. Simak yuk!

  1. Canva

Canva adalah sebuah website pembuat CV online gratis yang menyediakan ratusan template curriculum vitae gratis buatan desainer. Kamu bisa akses Canva di sini yaa. 🙂

  1. BikinCV

BikinCV adalah sebuah platform untuk membuat CV (Curriculum Vitae) secara online dengan Cepat dan Praktis. Hanya perlu isi data dengan lengkap dan CV sudah bisa di download dalam bentuk PDF.

  1. Easel.Ly

Jika kamu menginginkan CV dengan desain sederhana namun bisa menarik, Kamu bisa mencoba Easel.Ly. Situs ini bisa membantu kamu membuat kreasi CV yang dilengkapi dengan infografik untuk keperluan penyajian data. Bukan itu saja, masih ada fitur-fitur desain lain yang tersedia di Easel.Ly yang bisa kamu pilih untuk mempercantik CV.

Berikut ini contoh CV menarik yang kamu jadikan referensi :

  • CV Menarik Berbahasa Inggris

Nah, setelah mengupas tuntas mengenai cara membuat CV menarik, semoga dengan ini bisa jadi referensi untuk memperbaiki CV kamu agar terlihat lebih menarik dan dapat dilirik oleh recruiter atau HRD ya, JULOvers! Good Luck! 🙂

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*