Cara Hasilkan Uang dari Internet yang Dapat Kamu Coba

Indira A/ Keuangan & Bisnis/ 5 comments

Generasi saat ini mungkin dapat dikatakan sebagai generasi yang beruntung karena dapat merasakan kemajuan teknologi yang sangat canggih. Perkembangan teknologi saat ini memudahkan kita mendapatkan peluang menghasilkan uang dari internet. Saat ini, banyak orang yang memanfaatkan keberadaan internet untuk meraih penghasilan tambahan. Tidak sedikit juga orang yang menjadikan internet sebagai sumber pendapatan utamanya karena dianggap menjanjikan dan menghasilkan cukup uang yang setara dengan gaji karyawan pada umumnya.

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menghasilkan uang dari internet. Terlebih lagi jika ditekuni dan diseriusi. Menarik bukan? Menghasilkan uang dari internet juga tidak memerlukan skill khusus. Semua orang dapat mencobanya. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum fokus untuk menghasilkan uang dari internet.

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Menghasilkan Uang Dari Internet

1.       Siapkan Alat/Perangkat Pendukung

Ketika kamu ingin menghasilkan uang dari internet, tentu kamu perlu menyiapkan beberapa alat pendukung seperti smartphone, laptop, PC, atau kamera. Misalnya, kamu ingin fokus pada Instagram, kamu dapat menggunakan smartphone untuk mengedit foto-fotomu, lalu gunakan kamera yang dapat menghasilkan foto yang bagus dan menarik endorsement. Akan tetapi, saat ini banyak juga smartphone yang memiliki kamera dengan resolusi tinggi, sehingga lebih praktis dibandingkan harus menggunakan kamera. Jika kamu ingin menjadi Youtuber, barulah gunakan kamera yang memadai untuk membuat video yang bagus. Sesuaikan alat/perangkat pendukung dengan kebutuhanmu, ya.

2.       Koneksi Internet

Karena kamu akan menghasilkan uang dari internet, kamu membutuhkan koneksi internet yang cepat dan memadai. Jika kamu bekerja dari smartphonemu, gunakanlah provider dengan sinyal yang baik walaupun digunakan di berbagai lokasi. Atau jika kamu menggunakan laptop/PC, gunakanlah wifi yang mampu memberikan koneksi internet yang cepat sehingga memudahkanmu untuk menghasilkan uang dari internet.

3.       Rekening Bank & Paypal

Untuk menghasilkan uang dari internet, otomatis uang yang kamu dapatkan akan diberikan dengan cara transfer. Maka dari itu, rekening bank adalah hal yang wajib kamu miliki. Selain itu, menghasilkan uang dari internet memungkinkan kamu untuk mendapatkan uang dari mana saja, termasuk dari luar Indonesia. Jika hal itu terjadi, kamu harus menyiapkan Paypal agar memudahkan kamu mendapatkan uang, sekalipun dari luar negeri.

4.       Niat, Usaha & Konsistensi

Menghasilkan uang tentunya tidak mudah dan instan, termasuk untuk menghasilkan uang dari internet. Kamu tetap memerlukan niat, usaha, ketekunan, serta konsistensi jika ingin menghasilkan uang dari internet dengan jumlah yang cukup fantastis.

Cara Menghasilkan Uang Dari Internet

Berikut ini adalah cara-cara untuk menghasilkan uang dari internet:

1.   Blog

Menjadi seorang blogger adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang dari internet yang cukup menjanjikan. Banyak orang yang kini menjadikan blogger sebagai profesi utama untuk menghasilkan uang. Untuk menjadi seorang blogger, kamu tidak perlu memiliki keahlian khusus. Asalkan kamu memiliki minat untuk menulis, dan mampu mendalami belajar menulis, kamu bisa memulai untuk menjadi seorang blogger. Selain itu, kamu harus mengupdate postingan blog secara konsisten, dan mengikuti perkembangan (up to date). Kamu bisa mengambil tema yang menarik dan banyak dicari seperti travel, keuangan atau kecantikan.

2.   Youtuber

Siapa sih yang tidak tahu Youtube? Sebagian besar dari kita pasti seringkali menghabiskan waktu sambil menonton youtube. Saat ini pun, profesi Youtuber bisa dikatakan sangat menjanjikan karena nominal uang yang didapatkannya memang memuaskan. Coba tengok Youtuber Indonesia yang kini menjadi milyarder seperti Raditya Dika, Arief Muhammad, Jess No Limit, Atta Halilintar, dan masih banyak lagi. Pendapatan tersebut mereka dapatkan dari Google Adsense yang muncul sebelum, di tengah, atau sesudah video youtube.

Semakin banyak viewers dan klik pada iklan tersebut, semakin besar pula pendapatan yang akan kamu dapatkan. Namun, untuk menghasilkan uang dari internet via Youtube ini, membutuhkan effort yang lebih besar. Kamu harus mampu memikirkan konten video yang menarik, mengedit video, dan menguploadnya. Google Adsense juga memilih Youtuber dengan subscribers banyak sebelum menaruh iklan. Konten yang banyak diminati di Indonesia saat ini antara lain adalah konten review makanan atau restoran, tutorial make up, masak, game, serta review gadget.

3.   Instagram

Menghasilkan uang dari internet melalui Instagram tentunya lebih mudah jika dibandingkan dengan Youtube dan Blog. Walaupun sama-sama harus mendapatkan followers yang lebih banyak terlebih dahulu, kamu bisa lebih mudah untuk menghasilkan konten. Jika ingin menghasilkan uang dari internet via Instagram, kamu perlu mendapatkan tawaran endorsement barang, partnership, atau paid promote. Semakin banyak followers dan likes yang kamu dapatkan, semakin besar harga yang bisa kamu tawarkan untuk para sponsor atau brand yang ingin bekerjasama denganmu. Kamu perlu mendapatkan foto terbaik, memberikan review, serta caption yang baik dan menarik sehingga para followersmu tertarik terhadap sesuatu yang kamu promosikan.

4.   Menjual Foto

Sering liburan atau jalan-jalan dan punya banyak stock foto pemandangan? Atau punya hobi fotografi? Poin ini mungkin bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin menghasilkan uang dari internet. Ada berbagai situs yang dapat menjadi pilihan tempat untuk kamu menjual hasil fotomu tersebut. Contohnya adalah Shutterstock atau Istockphoto. Jual lah foto yang universal serta dapat digunakan untuk kebutuhan orang lain, misalnya foto pemandangan, atau  barang. Jangan lupa untuk membuka rekening Paypal untuk mendapatkan hasil uangnya dengan mudah.

5.   Freelance

Jika kamu tidak ingin bekerja kantoran dan ingin bekerja dari rumah serta menghasilkan uang dari internet, kamu bisa menjadi seorang freelance. Saat ini telah booming berbagai situs untuk lowongan kerja freelance, dimana kalian bisa dengan mudah mempromosikan diri anda, portfolio anda, serta mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill dan kemampuan yang anda miliki. Ada beragam pekerjaan mulai dari pekerjaan yang mudah seperti data entry, sampai butuh kemampuan khusus seperti graphic designer atau videographer. Situs yang dapat kamu coba untuk mendapatkan pekerjaan freelance ini adalah projects.co.id, sribulancer.com, dan Upwork.

Itu dia beberapa cara menghasilkan uang dari internet, JULOvers. Jika kamu sedang mencari uang tambahan, atau bahkan ingin menjadikan internet sebagai sumber utama penghasilanmu, rekomendasi-rekomendasi di atas tentu bisa jadi pilihan yang layak dicoba. Jangan hanya menjadikan internet sebagai sumber hiburan, tapi manfaatkan juga internet untuk menghasilkan uang ya!

Baca juga: Gaya Hidup Sosialita, Lakukan Tips Ini Untuk Menambah Penghasilan

Share this Post

5 Comments

  1. artikel luarbiasa, memang terkadang kebanyakan teori membuat bingung bagaimana cara yang tepat untuk bisnisnya, tetapi ketika membaca kita akan tau dasar-dasarnya.

  2. Terimakasih artikelnya cukup membantu..

  3. These loans should be applied online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*