Menemukan atau Terlanjur Berurusan dengan Pinjaman Online Ilegal? Begini Cara Melaporkannya!

Indira A/ Keuangan & Bisnis/ 0 comments

Saat ini, pinjaman online telah menjadi salah satu pilihan masyarakat saat membutuhkan biaya yang mendesak. Kemudahan yang ditawarkan oleh pinjaman online tentu menjadi nilai plus di mata masyarakat. Namun, kita harus tetap berhati-hati dan waspada terhadap pinjaman online ilegal yang juga banyak beredar di tengah-tengah masyarakat. Pinjaman online ilegal ini tidak terdaftar, diawasi dan memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mereka umumnya menawarkan kemudahan meminjam saat pengajuan, pencairan yang cepat, nominal pinjaman yang cukup besar, namun setelah pinjaman berhasil diterima, saat itulah peminjam akan merasa kesulitan berhadapan dengan pinjaman online ilegal.

Oleh karena itu, kita harus tetap waspada agar tidak tertipu serta berurusan dengan pinjaman online ilegal tersebut. Ada baiknya kita pahami cara melaporkan pinjaman online ilegal agar pelakunya jera dan tidak memakan korban. Nah, sebelum masuk ke cara melaporkan pinjaman online ilegal, yuk kita kenali dulu beberapa ciri-ciri yang paling sering ditemukan dari pinjaman online ilegal:

  1. Tidak terdaftar, diawasi dan berizin OJK
  2. Informasi perusahaan tidak valid/jelas
  3. Bunga & denda tidak masuk akal
  4. Syarat pinjaman sangat mudah
  5. Informasi tidak transparan
  6. Cara penagihan tidak sesuai dengan kode etik

Baca juga: Bagaimana Cara Mengenali Pinjaman Online Ilegal?

Nah, JULOvers, sampai sini sudah paham kan dengan ciri-ciri yang umumnya ditemukan pada pinjaman online ilegal? Sekarang, kita beralih ke cara melaporkan pinjaman online ilegal ya. Di sini JULO rangkum beberapa cara melaporkan pinjaman online ilegal yang bisa kamu lakukan. 

1.   Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal: Hubungi call center OJK di nomor 157

2. Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal: Sampaikan pengaduan melalui email konsumen@ojk.go.id

3. Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal:  Mengirimkan form pengaduan online di situs resmi OJK

4.  Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal: Menghubungi OJK melalui media sosial Twitter @aduankonten

Empat cara di atas bisa kamu lakukan saat kamu terlanjut berurusan atau pun merasa tidak nyaman dan terganggu dengan pinjaman online ilegal. Agar tidak lagi merasakan hal yang sama dan agar semakin banyak korban yang merasakan hal serupa, ada baiknya kamu melakukan beberapa cara melaporkan pinjaman online ilegal di atas. Jangan sampai kamu terjebak dan berurusan dengan mereka ya, JULOvers!

Selain beberapa cara di atas, sebaiknya kamu lebih waspada lagi nih, sebelum memilih pinjaman online yang tepat. Walaupun pinjaman online umumnya menjadi solusi keuangan untuk mereka yang membutuhkan dana pinjaman dalam waktu singkat, kamu harus tetap hati-hati sebelum memilih lho. Selain mengecek besaran bunga, dana pinjaman yang bisa diberikan dan hal-hal lainnya, pastikan juga untuk selalu mengecek apakah pinjaman online yang kamu tuju terdaftar, diawasi dan memiliki izin resmi dari OJK. Jangan sampai salah pilih ya, JULOvers!

Baca juga: Wajib Cek! List Terbaru Pinjaman Online yang Terpercaya, Terdaftar dan Berizin OJK (Per Juni 2020)

Lantas, bagaimana cara mengecek apakah pinjaman online yang kamu tuju tersebut legal dan aman? Kamu bisa mengecek list pinjaman online yang terdaftar dan berizin OJK di blog JULO berikut ini ya, JULOvers. JULO akan mengupdate daftar tersebut secara berkala. JULO juga dapat menjadi pilihan tepatmu saat membutuhkan pinjaman dalam waktu singkat. JULO telah terdaftar, diawasi dan tentunya berizin resmi OJK. Jadi, nggak perlu khawatir atau takut karena JULO merupakan pinjaman online yang legal ya!

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*