Nggak Usah Pusing, Ini 4 Cara Mudah Tingkatkan Skor Kreditmu!

Indira A/ Keuangan & Bisnis/ 0 comments

JULOvers, pernah mengalami pengajuan pinjaman ditolak padahal sedang butuh-butuhnya? Penolakan pengajuan pinjaman tersebut biasanya terjadi karena history kredit serta skor kredit yang kamu miliki rendah atau buruk. Kamu mungkin tidak asing lagi dengan istilah skor kredit. Secara simple, skor kredit merupakan nilai yang diberikan oleh lembaga pemberi pinjaman kepada calon peminjam. Skor kredit juga digunakan untuk menentukan kemampuan calon peminjam, serta menentukan jumlah nominal atau limit kredit yang akan diajukan.

skor-kredit

Namun, seringkali timbul pertanyaan seperti: kenapa sih skor kredit saya buruk? Kenapa saya tidak bisa mendapatkan skor kredit yang tinggi? Kenapa pinjaman saya ditolak karena skor kredit yang buruk? Dan masih banyak lagi. Dalam artikel kali ini, yuk sama-sama kita bahas cara meningkatkan skor kredit!

skor-kredit

Cara Meningkatkan Skor Kredit

Banyak juga orang yang tidak sadar bahwa dirinya memiliki skor kredit. Padahal, tiap orang yang memiliki rekening bank, kartu kredit, atau pernah mengajukan pinjaman  Kredit Tanpa Agunan (KTA), sudah secara otomatis memiliki skor kredit yang aktif dan berjalan. Skor kredit memang penting dan kadang menjadi kendala seseorang untuk melakukan pinjaman. Dengan skor kredit yang bagus, kamu akan lebih mudah disetujui untuk melakukan pinjaman. Sebaliknya, jika saat ini kalian memiliki skor kredit yang buruk, segera lakukan beberapa cara untuk memperbaikinya. Pihak bank tentu tidak akan sembarangan dalam memberi dan menentukan nominal pinjaman. Oleh karena itu, yuk, simak beberapa cara meningkatkan skor kredit yang kamu miliki!

1.     Cara Meningkatkan Skor Kredit: Cek & Perbaiki Kesalahan Data/Informasi

Cara meningkatkan skor kredit yang pertama bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek dan memperhatikan informasi laporan kredit milikmu. Cek semua data yang ada, mulai dari penulisan data pribadi, alamat, nomor rekening, dan data-data penting lainnya. Jika kamu menemukan kesalahan, jangan menunda dan segera laporkan agar diperbaiki oleh pihak kreditur ya, JULOvers. Pengecekkan ini bisa kamu lakukan berkala agar terhindar dari masalah yang berkepanjangan dan meminimalisir penolakan pinjaman. Nggak mau kan, karena data/informasi yang salah tulis dan kamu tunda-tunda untuk merubahnya malah menyebabkan pinjamanmu ditolak?

2.       Cara Meningkatkan Skor Kredit: Jangan Terlambat Membayar Tagihan/Cicilan yang Anda Miliki

Cara meningkatkan skor kredit yang kedua adalah dengan membayar cicilan/tagihan tepat waktu. Jangan sampai kamu terlambat membayar ya, JULOvers. Jika hal tersebut terjadi, sudah pasti skor kreditmu akan turun atau bahkan masuk ke daftar hitam Bank Indonesia. Hiii, nggak mau kan namamu diblacklist oleh seluruh lembaga keuangan akibat sering terlambat membayar tagihan/cicilan yang sedang berjalan?

Kalau kamu merupakan seseorang yang mudah lupa, kamu bisa mengakali poin ini dengan beberapa cara, lho.

Baca juga: Hadiah Perjuangan dari JULO, Total Hadiah 10 Juta Rupiah Siap Jadi Milikmu!

Misalnya, kamu bisa menggunakan fitur pembayaran tagihan secara otomatis yang disediakan oleh banyak bank. Kamu bisa membuat settingan pembayaran berulang dengan nominal sama pada tanggal yang ditentukan tiap bulannya. Atau, cara lebih simpelnya, kamu bisa membuat alarm dan catatan pengingat (reminder) di handphonemu pada tanggal yang sama saat gajimu turun, atau pendapatanmu terkumpul. Dengan cara ini, diharapkan kamu bisa langsung ingat dan merasa punya kewajiban untuk membayar tagihanmu di bulan tersebut. Sampai sini, sudah paham kan cara meningkatkan skor kredit? Lanjut cara ketiga yah!

3.       Cara Meningkatkan Skor Kredit: Jangan memiliki hutang lebih dari 30%

Cara meningkatkan skor kredit yang ketiga adalah dengan membenahi keuangan personalmu. Bisa dimulai dari dengan tidak memiliki hutang lebih dari 30% dari penghasilanmu tiap bulannya. Selain itu, jika kamu masih memiliki hutang yang sedang berjalan, sebisa mungkin usahakan untuk tidak menambah hutang baru, apalagi sampai melebihi 30% dari penghasilanmu. Ingat, ajukan pinjaman sesuai kebutuhanmu ya!

skor-kredit


4. Cara Meningkatkan Skor Kredit: Hindari Pembuatan Kartu Kredit Baru!

Cara meningkatkan skor kredit terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghindari pembuatan kartu kredit baru. Duh, rasanya memang pasti sulit ya, menolak pembuatan kartu kredit untuk kemudahan berbelanja. Namun yang perlu di garisbawahi, jumlah kartu kredit yang masih dikategorikan “sehat” adalah maksimal 4 kartu kredit. Jangan termakan promo, manfaat dan penawaran-penawaran menarik yang dibuat oleh pihak bank untuk menarik perhatianmu. Penggunaan kartu kredit juga lebih baik jika memiliki batasan penggunaan.

Jangan sampai kamu terbiasa menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga keinginan-keinginanmu yang sebenarnya masih bisa dikontrol. Sebisa mungkin, hindari penggunaan kartu kredit dengan presentase lebih dari 30% dari limit kreditmu. Jangan sulitkan dirimu dengan menjadi orang yang impulsif dan boros, yang nantinya akan hanya membuatmu menyesal di kemudian hari. Gunakan kartu kredit dengan bijak, dan gunakan untuk hal-hal mendesak maupun darurat saja.

Bagaimana, JULOvers? Sudah paham kan 4 cara meningkatkan skor kredit yang bisa kamu lakukan? Walaupun tidak dalam waktu yang instan, kamu masih berkesempatan dan berpeluang untuk meningkatkan skor kreditmu, kok. Bagi kamu yang masih memiliki pinjaman di JULO, untuk meminimalisir turunnya skor kreditmu, pastikan kamu selalu membayar cicilan lebih awal atau tepat waktu ya. Selain untuk meningkatkan skor kredit, kamu juga akan terbebas dari denda keterlambatan dan biaya-biaya lain yang mungkin saja akan dikenakan karena kamu terlambat membayar. Yuk, mulai kebiasaan baik dari sekarang!

Baca juga: Ingin Ajukan Aplikasi Pinjaman Uang Online? Perhatikan 4 Hal Berikut Ini!

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*