Bagaimana Cara Lapor Pajak Pribadi/SPT secara Online, DJP Online?

Oktaviani S/ Karir & Pendidikan/ 0 comments

Apakah setiap orang wajib melakukan lapor pajak/ SPT Tahunan? Mengapa harus melakukan lapor pajak?

Pasti tidak sedikit dari kita memiliki pertanyaan tersebut di atas. Nah, setiap tahunnya wajib pajak memang diwajibkan untuk melakukan lapor pajak atau biasa disebut juga dengan SPT (Surat Pemberitahuan) Tahunan. UU No 28 Tahun 2007 tentang ketentuan Umum Perpajakan (KUP) bahkan memberikan sanksi denda bagi wajib pajak yang tidak melaporkan SPT. Oleh karena itu, bagi Anda wajib pajak jangan lupa untuk melakukan lapor pajak/SPT Tahunan.

Lalu, bagaimana cara mengisi SPT Tahunan dengan DJP Online?

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu Anda ingat bahwa wajib pajak terdiri atas 2 yaitu, wajib pajak perorangan dan wajib pajak badan usaha. Pada artikel kali ini akan dibahas tentang cara pelaporan pajak online pribadi/ SPT Tahunan Wajib Pajak Perorangan.
Selain itu, hal mendasar yang harus Anda pahami adalah wajib pajak perorangan juga dibagi lagi menjadi 2 jenis yaitu, karyawan dan pengusaha/ pekerja bebas.

Bagi karyawan, harus melakukan lapor SPT 1770 S atau SPT 1770 SS, sementara bagi pengusaha/pekerja bebas harus melaporkan SPT 1770.

Berikut ini adalah tahapan lapor pajak/ SPT Tahunan yang harus Anda lakukan.

1. Dapatkan kode EFIN (Electronic Filing Identification Number) Pajak dari KPP terdekat

Sebelum melakukan pengisian e-filling, Anda harus memiliki kode EFIN terlebih dahulu. Kode ini merupakan identitas digital yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak agar dapat melakukan transaksi perpajakan secara elektronik, termasuk dalam melakukan e-filing. Jika Anda tidak menyimpan atau tidak mengingat EFIN, Anda dapat memperoleh EFIN dari KPP terdekat dengan melakukan:

  • Datang ke KPP terdekat
  • Isi dan tandatangani form aktivasi EFIN. Jangan lupa membawa serta dokumen berikut ini:
    • KTP Asli dan Fotokopi untuk WNI
    • KITAS/ KITAP untuk WNA
    • NPWP Asli dan Fotokopi

2. Akses situs web DJP Online

Setelah mendapatkan EFIN, selanjutnya akses website DJP Online. Masukkan NPWP dan EFIN yang sudah diperoleh sebelumnya.

Isi kode keamanan yang disediakan, kemudian klik button submit.

Baca juga: Tunjangan Hari Raya (THR), Bagaimana Ketentuan Perhitungannya?

3. Apabila tidak terjadi kesalahan kode keamanan, DJP Online akan mengirim tautan aktivasi melalui email

Jangan pernah lupa kode EFIN Anda.

4. Persiapkan dokumen yang diperlukan

Sebelum melakukan pengisian e-filing, sebaiknya persiapkan dokumen berikut ini agar proses pengisian e-filing lebih mudah dan cepat;

  • Bukti potong 1721-A1 atau 1721-A2 (bukti ini bisa didapatkan dari lembaga atau perusahaan tempat kita bekerja).
  • Rincian penghasilan lain di luar penghasilan sebagai karyawan, termasuk yang bukan objek pajak seperti warisan atau hibah.
  • Daftar harta dan kewajiban akhir tahun (misalnya nomor rekening, nomor BPKB kendaraan).
  • Tentukan PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak).

5. Login ulang ke situs DJP Online

Setelah seluruh berkas lengkap, masuk kembali ke situs DJP Online menggunakan NPWP dan password yang sudah Anda tentukan ketika melakukan aktivasi.

6. Klik E-Filing

Pergi ke menu utama dan klik logo E-Filing. Pilih menu “buat SPT” dan jawab pertanyaan yang tersedia secara benar untuk mendapatkan formulir SPT Tahunan 1700SS

7. Isi data  formulir sesuai dengan kebenarannya

Selanjutnya isi kolom yang ada sesuai dengan bukti potong 1721-A1 atau 1721-A2 yang Anda miliki. Biasanya Anda akan diminta untuk mengisi penghasilan netto, PTKP, dan PPH. Apabila semua kolom sudah terisi, jangan lupa untuk meng-klik tanda centang pada bagian “D” kemudian “OK”. Setelah seluruh proses selesai, Anda akan dikirim email sebagai bukti Anda telah melakukan lapor pajak/ SPT Tahunan.

Menariknya, saat ini DJP memiliki mitra resmi (Application Service Provider) yakni Online Pajak, yang akan memudahkan Anda dalam mengurus pelaporan perpajakan lebih mudah lagi. Lapor pajak/ SPT Tahunan sangat mudah dan cepat, lho.

Deadline lapor pajak tahun ini adalah 31 Maret 2019, lho. Sudahkah siap melakukan lapor pajak/SPT Tahunan 2019?

Baca juga: Gaya Hidup Sosialita, Lakukan Ini Untuk Menambah Penghasilan

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*