Atur Keuanganmu dengan 5 Cara Berikut Ini!

Indira A/ Keuangan & Bisnis/ 0 comments

Mengatur keuangan bukanlah hal yang mudah. Padahal, mengatur keuangan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan agar kita tidak kesusahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Faktanya, saat ini masih banyak orang yang sering kehabisan gaji ditengah-tengah bulan. Seringkali kita merasa bahwa “gaji” hanya numpang lewat saja. Baru gajian, beberapa hari kemudian sudah menipis karena perlu mengeluarkan uang untuk bayar ini-itu. Hal tersebut tentunya menyulitkan, karena uang merupakan hal yang dibutuhkan setiap harinya.

4 Tipe Kepribadian dalam Mengatur Keuangan

Umumnya, ada 4 tipe kepribadian seseorang dalam mengatur keuangannya, yaitu:

1. Tipe Planner = Disiplin & rajin mengatur keuangan

2. Tipe Player = Boros & konsumtif dalam mengeluarkan uang

3. Tipe Protector = Hati-hati tiap menggunakan uang, memikirkan masa depan

4. Tipe Pleaser = Royal dalam menggunakan uang, sering berbagi

Dari ke-empat tipe tersebut, yang manakah yang paling cocok dengan kepribadianmu? Jika kamu merasa sering kehabisan uang sebelum waktu gajian tiba, mungkin kamu perlu memikirkan kembali cara terbaik untuk mengatur keuanganmu. Ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk meminimalisir pengeluaran berlebih dan pengeluaran yang tidak seharusnya ada.

Sebelum menerapkan cara mengatur keuangan, kamu harus bisa membedakan mana kewajiban, kebutuhan, dan keinginan ketika harus mengeluarkan uang. Yuk, perhatikan ketiga perbedaan berikut ini:

1.   Kewajiban

Biaya wajib yang kamu perlu keluarkan tiap bulannya. Contoh : membayar biaya pendidikan anak, memberi orang tua, bayar hutang, dan sebagainya.

2.      Kebutuhan

Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk memenuhi kebutuhamu. Contoh : biaya transportasi, makan sehari-hari, dan lain lain.

3.    Keinginan

Biaya liburan, rekreasi, nonton film di bioskop, maupun belanja baju.

Cara Mengatur Keuangan

Nah, sudah tahu kan beda ketiganya? Sekarang, kita masuk ke cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatur keuanganmu ya!

1.       Catat Keuangan

Yang perlu kamu lakukan pertama kali untuk mengatur keuanganmu adalah mencatat pendapatan yang kamu dapatkan, dan pengeluaran yang kamu lakukan tiap harinya. Semua pengeluaran, sekecil hingga sebesar apapun harus kamu catat. Cara atur keuangan ini terkesan mudah, namun membutuhkan konsistensi dalam melakukannya. Dengan mencatat pemasukan dan pengeluaranmu, kamu dapat melakukan evaluasi pengeluaran tiap bulannya. Kamu akan mengetahui pengeluaran apa yang seharusnya tidak perlu kamu keluarkan di bulan tersebut.

Dengan catatan tersebut, kamu juga bisa menilai seberapa borosnya dirimu dalam menggunakan uang. Bagi kamu yang senang menulis, kamu bisa menggunakan notes kecil yang bisa kamu bawa di tas setiap harinya. Sedangkan untuk kamu yang lebih suka cara praktis, gunakan notes di handphonemu untuk mencatat pengeluaranmu. Saat ini juga banyak aplikasi pencatat pengeluaran yang dapat kamu unduh secara gratis sehingga memudahkanmu dalam mengatur keuangan.

2.       Metode 50-30-20

Cara kedua yang dapat kamu lakukan untuk mengatur keuangan adalah metode 50-30-20. Metode ini sebenarnya masih berhubungan dengan penyesuaian kewajiban, kebutuhan, dan keinginan dalam mengeluarkan uang seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Yang membedakannya adalah ada presentase untuk menabung, pendanaan, dan sebagainya. Ketika kamu mendapatkan gaji bulanan, kamu dapat langsung membuat metode 50-30-20 untuk pengeluaranmu. Berikut gambarannya:

50% Untuk kebutuhan sehari-hari, kewajiban pembayaran, tagihan, cicilan, pendidikan anak, dan lain lain.  

30% Untuk hiburan, rekreasi, hobi, belanja.

20% Untuk pendanaan, menabung, dana darurat, biaya tak terduga.

3.       Bayar Sesuai Prioritas

Ketika gaji bulanan sudah kamu dapatkan, mulailah keluarkan uang sesuai dengan prioritas. Dimulai dengan membayar hutang, tagihan, dan cicilan yang wajib kamu keluarkan tiap bulannya. Jangan lupa juga untuk memberi zakat 2,5% dari penghasilan bagi para muslim, dan memberi orang tuamu jika mampu. Setelah itu, baru gunakan uangmu sesuai dengan kebutuhan kebutuhan yang diperlukan.

Dengan cara tersebut, mengatur keuangan bisa lebih mudah karena kamu tidak akan pusing dan dikejar-kejar untuk menyelesaikan pembayaran ini-itu. Jika gajimu tidak banyak sisa setelah membayar kewajibanmu, hal tersebut secara tidak langsung membuatmu lebih bijak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sesuai dengan sisa keuangan yang kamu miliki.

4.       Buat Dua Rekening Berbeda

Agar maksimal dalam mengatur keuanganmu, buatlah dua rekening yang berbeda. Gunakan salah satu rekening untuk kebutuhan sehari-harimu, bayar tagihan, cicilan, dan lain lain. Sedangkan, rekening satunya kamu gunakan untuk fokus menabung. Cara ini dapat membuatmu berpikir ketika ingin menggunakan uang dan menyesuaikan keuangan dengan sisa uang yang kamu miliki di rekening tersebut.

5.       Menahan Diri dari Pengeluarkan Tidak Perlu

Yang paling sulit dalam mengatur keuangan adalah mengendalikan keinginan kita untuk pengeluaran-pengeluaran tidak perlu. Setiap orang punya kendali penuh untuk menahan diri untuk menjadi boros dan konsumtif. Namun, tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut. Belum lagi ketika banyak promo dan diskon yang menggiurkan, kita pasti dengan mudahnya tergoda dan secara tidak langsung menjadi boros. Kalau sudah begitu, kita akan merasakan efeknya dipertengahan maupun akhir bulan karena akan merasa kesulitan dalam mengatur keuangan.

Itu dia 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatur keuanganmu. Ada beberapa hal yang dapat kamu kontrol juga untuk mengurangi pengeluaran tiap bulannya yaitu biaya transportasi, biaya makan, dan biaya hangout.  Pengeluaran ketiga hal tersebut bisa kamu kurangi, misalnya menggunakan promo-promo yang ada untuk transportasi, membawa bekal atau memasak sendiri agar tidak perlu makan di luar rumah, ubahlah kebiasaan hangout di luar rumah menjadi hangout di rumah bersama teman atau kerabat, dan lain lain.

Mengatur keuangan merupakan hal yang harus dilakukan secara konsisten dan niat yang tinggi. Jika tidak, kamu akan dengan mudah kembali lagi menjadi boros dan konsumtif. Nggak mau kan, terus-terusan merasakan “gaji yang numpang lewat” tiap bulannya? Yuk, mulai atur keuanganmu dengan cerdas dan bijaksana!

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Yang Efektif, Hindari Rekening Kosong di Akhir Bulan

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*