6 Cara Ampuh Mengamankan Akun Fintech-mu

JULO/ Lifestyle, Technology/ 0 comments

Seiring berkembangnya teknologi saat ini, segala komunikasi menjadi semakin canggih, cepat, dan mudah. Dengan internet, kita disuguhi berbagai macam kenyamanan lifestyle; hanya dengan sentuhan jari, kita bisa mengakses berbagai aplikasi untuk belanja, transportasi, membeli tiket online, kuliner, dan alat pembayaran.

Tak ketinggalan dengan aplikasi keuangan atau sering disebut dengan Financial Technology hadir dengan menawarkan berbagai kemudahan untuk bertransaksi tanpa sulit dan ribet. Salah satunya JULO, yang memberi kemudahan kredit digital hingga 8 juta dengan bunga 0,1% per bulan, juga berizin OJK.

Tentu JULO selalu mengedepankan keamanan akun para JULOvers, karena tak dapat dipungkiri banyak penjahat di internet yang selalu berusaha mencari celah lengah para penggunanya. JULO mempunyai beberapa tips untuk mencegah para penjahat mengganggu akun kita.

Tips Agar Akun Fintech-mu Aman
  1. Buat PIN yang Tidak Umum atau Sulit Ditebak

Pada aplikasi fintech, biasanya kita diminta untuk mengaktifkan suatu pin sebagai pengganti password. Hindari PIN yang terlalu mudah atau mudah ditebak seperti tanggal lahir, namun gunakan PIN yang tidak umum agar para penjahat tak mudah masuk ke akun kalian.

  1. Jangan Menggunakan WiFi Publik untuk Transaksi

Ketika berada di tempat umum, kita kerap kali dihadapkan dengan tawaran wifi publik atau wifi gratis. Sebaiknya, jangan mengakses aplikasi keuangan saat menggunakan wifi tersebut karena beresiko untuk keamanan data.

  1. Jaga Kerahasiaan Data Pribadi

Jangan pernah memberitahu siapapun data-data pribadi kamu ke pihak yang tidak jelas asal-usulnya, seperti memberi nama lengkap, alamat rumah, nomor HP, alamat email, nomor KTP, nomor NPWP, nama orang tua, dan lain-lain.

  1. Waspada Penipuan Phising

Phising adalah media online tiruan, bisa dalam bentuk website atau aplikasi yang menyerupai aslinya. Apabila kamu mendapat kiriman link website atau aplikasi yang mencurigakan, cek dulu keasliannya; yaitu mulai dari alamat URL-nya atau cek keaslian sumber aplikasinya (Google Play atau App Store). Jika mencurigakan, jangan sekali-kali mengklik link tersebut.

  1. Lakukan Transaksi Hanya dari Aplikasi

Banyak penipuan terjadi melalui SMS, email, atau telp yang mengaku resmi dari pihak fintech. Entah memberi Virtual Account atau nomor rekening palsu. Pastikan kalian hanya melakukan transaksi yang ada atau tertulis pada aplikasi.

  1. Hubungi Call Center Aplikasi

Jika melihat atau menemukan keanehan dari aplikasi fintech-mu, kalian bisa segera menghubungi call center aplikasi tersebut. Perlu diingat, jangan sampai kalian termakan pesan dari call center palsu. Ingat, e-mail resmi julo berakhiran @julo.co.id dan @juloperdana.co.id

  Berikut akun resmi JULO:

  Website: www.julo.co.id

  Facebook: JULOIndonesia

  Instagram: @juloindonesia

  Linkedin: JULOIndonesia

  Email Customer Service: cs@julo.co.id

  Email Collections: collections@julo.co.id

Sebagai pengguna gawai yang pintar dan bijak, kita juga harus belajar untuk melindungi diri sendiri dari para penjahat yang selalu punya cara untuk meretas segala akses keamanan online kita. Jadi, JULOvers harus selalu waspada dengan cyber crime yang ada di sekitar agar akun kita tetap aman!

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*