5 Tips Mendampingi Anak Belajar dari Rumah

JULO/ Gaya Hidup, Lifestyle/ 0 comments

Pandemi yang tak kunjung berakhir sekali lagi memaksa anak-anak untuk melakukan sekolah daring atau dari rumah. Padahal, di bulan lalu pemerintah sudah menyuarakan rencana untuk sekolah tatap muka kembali. Namun, hal tersebut dibatalkan lantaran kasus covid-19 kembali meningkat.

Di situasi dan kondisi yang tak menentu ini memang sudah selayaknya untuk menomorsatukan kesehatan di atas yang lainnya. Tak dapat dipungkiri bahwa sekolah daring membuat para orang tua memiliki tugas tambahan lain yaitu mendampingi anak untuk belajar. Pasalnya mendampingi kegiatan belajar daring anak bukanlah hal yang mudah.

Berikut beberapa tips terkait bagaimana orang tua mendampingi anaknya sekolah dari rumah.

  1. Perhatikan gaya belajar anak

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika orang tua mendampingi anak belajar adalah gaya belajar mereka. Harus dipahami bahwa gaya belajar anak beda-beda. Ada yang terbiasa sambil mendengarkan lagu, mengemil, ditemani di samping sepanjang hari, cukup diawasi dari jauh, dan lain-lain. 

  1. Bangun komunikasi yang baik dengan anak

Orang tua harus tau jadwal mata pelajaran sang anak. Selain itu, orang tua harus tau seberapa berat beban anak dalam menghadapi masing-masing pembelajaran. Hal ini memudahkan orang tua untuk membangun komunikasi saat anak belajar.

  1. Perhatikan secara detail saat anak belajar

Sebaiknya orang tua tidak hanya melihat saat anak sedang belajar, namun diperhatikan secara detail. Apakah mereka sudah mengerjakan tugas daring dengan benar, sudah melakukan absensi, aktif di kelas, dan sebagainya.

  1. Apresiasi karya anak

Mengapresiasi dan memuji karya anak sangatlah penting. Dengan diapresiasi, sang anak merasa lebih dihargai, sehingga diharapkan semakin rajin dan giat belajar. Sesekali bisa memberikan apresiasi dengan memberi hadiah kecil.

  1. Mencari solusi saat ada masalah

Saat masalah datang, cari solusi terbaik. Ketahui kesulitan yang anak rasakan agar bisa mencari jalan tengahnya. Hanya memarahi dengan emosi hanya membuat mental anak semakin tertekan.

Selain kelima tips di atas, ada baiknya orang tua menyiapkan ruang dan fasilitas sekolah daring yang baik bagi anak, seperti laptop, koneksi internet, meja dan kursi belajar agar mood anak terbangun seperti sedang belajar dari sekolah. Para orang tua tak perlu bingung jika belum mempunyai biaya untuk memenuhi hal tersebut karena ada kredit digital JULO yang siap memberi kredit limit hingga 15 juta, tenor hingga 9 bulan, dan bunga mulai 0,1% per hari. Download aplikasi JULO di sini.

Semoga para orang tua dan anak di rumah senantiasa sehat dan dalam keadaan baik, ya!

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*