Usaha Modal Kecil, 5 Ide Ini Bisa Kamu Coba!

Seiring perkembangan zaman, memulai usaha di zaman sekarang sudah menjadi lebih mudah. Terutama dengan munculnya era digital, banyak peluang usaha modal kecil yang bisa dijalankan. Tidak jarang juga bisnis tersebut dapat menghasilkan omzet yang lebih besar dari gaji bulanan. Hal ini yang menjadikan tren wirausaha kian menanjak di kalangan kaum milenial.

Persentase rasio wirausaha meningkat dari tahun ke tahun. 0,65% pada tahun 2009. 1,5% pada tahun 2014 dan bertumbuh menjadi 3,47% pada tahun 2020.

Asep Mulyana – Pakar UMKM Universitas Padjajaran

Dengan kemunculan e-commerce dan digital platform, banyak ide usaha yang bisa dijalankan tanpa perlu memikirkan biaya sewa tempat. Seperti apa saja ide usaha modal kecil yang menjanjikan? Yuk, kita simak bersama di bawah!

1. Jasa Pembuatan Website dan Content Writing
Usaha Modal Kecil Website

Tentunya tidak ada yang lebih murah daripada menjual jasa karena tidak ada barang yang harus disediakan, selain laptop dan koneksi internet untuk mulai bekerja. Jika JULOvers memiliki keahlian HTML, CMS, pemograman dan sejenisnya, tentunya keahlian ini dapat kamu jadikan nilai jual di beberapa platform freelance – seperti projects.co.id dan Sribulancer.

Ditambah lagi jika JULOvers menguasai keahlian menulis dan mengerti soal SEO (Search Engine Optimization). Dua hal ini akan menjadi pelengkap dan pastinya kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

2. Jasa Desain Grafis
Usaha Modal Kecil Design

Hampir sama dengan poin nomor 1, bedanya kali ini JULOvers menjadikan kemampuan design sebagai nilai jual. Banyak perusahaan pada zaman sekarang yang memerlukan designer untuk kebutuhan branding dan promosi marketing. Jika JULOvers memiliki keahlian tersebut, kamu dapat memasang jasa kalian di beberapa platform freelance grafis – seperti Sribudesign dan 99design.

Tidak hanya design kreatif, JULOvers juga bisa mengembangkan kemampuan ini ke dalam bentuk digital seperti UI / UX designer. Dengan demikian, skillset JULOvers akan semakin lengkap dan banyak orang yang mau membayar lebih untuk kemampuan kamu.

Baca Juga: JULO Menyalurkan Lebih dari 70% Dana untuk Pinjaman Produktif Nasabah

3. Bisnis Dropshipper

Usaha Modal Kecil Dropshipper

Seiring berkembangnya sistem penjualan melalui internet, bisnis dropshipper semakin diminati banyak orang dan populer di zaman sekarang. Dengan bisnis dropshipper, JULOvers tidak perlu menyimpan stok barang dan menanggung konsekuensi rugi. Kamu cukup memesan barang dari supplier jika ada pemesanan dari konsumen.

Dalam bisnis ini, JULOvers hanya perlu mencari supplier atau informasi produk untuk dapat diberikan kepada calon pelanggan. Jika kamu tertarik dengan bisnis ini, banyak platform yang menyediakan jasa ini – seperti sahabatdropshipper.com dan Riseloka.

4. Bisnis Makanan Ringan / Camilan

Usaha Modal Kecil Camilan

Dari anak kecil sampai orang dewasa, semua orang suka makanan ringan dan sering dikonsumsi kala mengisi waktu. Melihat hal ini, banyak orang yang mulai mencoba dan meraup keuntungan dari bisnis ini. Bahan murah juga dapat diolah untuk menghasilkan makanan ringan yang enak, seperti aci dan singkong.

JULOvers juga dapat memanfaatkan lebih dari satu platform e-commerce yang tersedia untuk pendapatan yang lebih maksimal. Dengan demikian, JULOvers tidak perlu merogoh kocek untuk menyewa tempat serta mendapatkan sumber pemasukan yang lebih banyak.

5. Bisnis Waralaba / Franchise

Usaha Modal Kecil Franchise

Bisnis franchise adalah usaha yang dijalankan berdasarkan model kemitraan dengan perusahaan yang produknya sudah dikenal luas. Karena itu, banyak yang menilai bahwa bisnis ini cukup menjanjikan. Dibanding harus memulai dari awal, JULOvers dapat menjual produk yang sudah dikenal masyarakat dan sudah memiliki basis pembeli.

Pada zaman dahulu, franchise kerap dikaitkan dengan bisnis besar dan memerlukan uang dalam jumlah banyak. Persepsi ini lambat laun berubah dan merambat ke banyak hal yang tidak memerlukan biaya tinggi – seperti jasa makanan ringan, minuman, laundry dan gas.

Harga yang dipasang juga cenderung terjangkau untuk ukuran bisnis, terkadang di bawah kisaran 10 juta rupiah. Hanya saja, JULOvers perlu melakukan banyak riset agar tidak salah memilih franchise dan melihat peluang yang tepat.

Baca Juga: Yuk, Kenali Kelebihan & Kekurangan Bisnis Waralaba!


Nah, berikut 5 ide usaha modal kecil yang bisa kamu coba.

JULOvers ingin memulai usaha content writing tapi perlu modal untuk membeli laptop serta kuota data? Tidak perlu khawatir selama ada JULO Kredit Digital! Dengan fitur lengkap kredit untuk bayar e-commerce dan data, kamu bisa langsung mulai usaha dan secepatnya raih kesempatan yang dimiliki.

Yuk langsung rasakan kemudahan punya kredit digital dengan download JULO Kredit Digital ! Saatnya #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital untuk jalankan usaha modal kecil yang kamu inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *