Stres Hadapi Hutang yang Menumpuk? 4 Cara Atasi Hutang Ini Bisa Kamu Coba!

Indira A/ Keuangan & Bisnis/ 0 comments

JULOvers, apakah saat ini kamu sedang memiliki hutang? Jika ya, tentu sangat tidak menyenangkan ya jika kita masih memiliki hutang yang belum dilunasi. Memiliki hutang yang tidak terkontrol dan gaji yang selalu habis, tentu bisa memberikan dampak negatif kepada kita yang dapat berujung pada stres karena tidak mampu menyelesaikan hutang-hutang tersebut. Nah, jika kamu sedang memikirkan cara untuk mengatasi hutang-hutang yang kamu miliki, simak artikel JULO kali ini sampai habis ya. 

Baca juga: Kehilangan Pekerjaan Saat Masih Memiliki Hutang? Lakukan Hal-Hal Berikut Ini!

Berikut Tips Atasi Hutang versi JULO:

  1. Cara Atasi Hutang: Perketat Budget Belanja, Kurangi Belanja Tidak Penting

Cara atasi hutang pertama yang  bisa kamu lakukan adalah dengan memperketat budget belanja bulananmu dan keluarga, jika sudah berkeluarga. Semakin kamu memangkas pengeluaran-pengeluaran tiap bulannya dengan baik, dana tersebut tentu bisa kamu alokasikan untuk mulai melunasi hutang yang kamu miliki. Cara atasi hutang ini memang terdengar mudah, namun jika tidak diiringi dengan niat yang besar, tentu akan sulit untuk diteruskan. Mulai dari mengurangi pengeluaran yang tidak perlu seperti nongkrong dan ngopi bersama teman, biaya berlangganan aplikasi dan sebagainya. Jika kamu melakukan cara atasi hutang ini dengan konsisten, kamu tentu bisa mengumpulkan dana yang cukup banyak. 

2. Cara Atasi Hutang: Tambah Penghasilan Bulanan

Cara atasi hutang kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambah penghasilan bulanan. Di masa pandemi ini, banyak orang yang pada akhirnya memulai bisnis online. Cara tersebut tentu bisa juga kamu lakukan untuk mendapatkan uang tambahan demi melunasi hutang-hutangmu. Ada beragam jenis bisnis online yang bisa kamu jalani. Selain bisnis online, kamu juga bisa mencari lowongan pekerja lepas/freelance untuk menambah penghasilanmu. Cara atasi hutang ini tentu bisa mengurangi bebanmu dalam mengumpulkan uang untuk melunasi hutang. Asalkan niat dan konsisten, kamu pasti bisa kok JULOvers!

3. Cara Atasi Hutang: Lakukan Konsultasi

Cara atasi hutang berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan konsultasi. Konsultasi yang dimaksud adalah konsultasi dengan pihak yang kamu hutangi. Dengan siapa kamu berhutang? Bank kah? Pinjaman online kah? Kerabat terdekat kah? Kepada siapa pun kamu berhutang, cara atasi hutang yang bisa kamu lakukan adalah berkonsultasi pada mereka. Jelaskan kondisi keuanganmu saat ini dan minta solusi terbaik dari mereka. Ingat, konsultasi ini bukan untuk melepaskan tanggung jawab atas hutangmu ya! Hal ini dilakukan agar kamu yang sudah merasa stres dengan hutang yang menumpuk bisa mendapatkan jalan tengah. 

Baca juga: Indonesia Resmi Resesi, Apa yang Harus Dilakukan?

4. Cara Atasi Hutang: Stop, Jangan Buat Hutang Baru

JULOvers, cara atasi hutang yang menumpuk adalah dengan menahan diri untuk membuat hutang baru. Jika cara atasi hutang poin pertama dan kedua telah kamu lakukan dan kamu telah berhasil melunasi sebagian hutangmu, tahan dirimu untuk membuat hutang baru. Lebih baik kamu melunasi hutang-hutang yang kamu miliki terlebih dahulu ya. 

Itu dia JULOvers, cara atasi hutang versi JULO yang bisa kamu lakukan. Jika kamu memiliki cicilan di JULO, kamu bisa lho membayar cicilan JULO lebih awal. Dengan membayar cicilan JULO lebih awal, kamu bisa mendapatkan cashback dan kesempatan memenangkan undian berhadiah total jutaan rupiah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian ya, JULOvers!

Download aplikasi JULO dengan klik link berikut ini. 

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*